dalam Ideas

Belanja mungkin adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Semua orang kayaknya doyan belanja, apalagi kalo belanjanya dibayarin dan diongkosin, ngambil ini itu nggak pake mikir. Sayangnya, nggak semua orang hidupnya seenak ani-ani, yang mau apa aja tinggal minta sama sugardaddy.

Makin dewasa, kebutuhan kan makin banyak ya. Kebutuhan anak SMA beda sama anak kuliah, dan kebutuhan anak kuliah juga beda sama kebutuhan pekerja kantoran. Nah, persamaannya adalah, semua harus tau gimana Cara Menghemat Uang Belanja Sehari Hari biar nggak kejebak menjadi seorang shopaholic. Buat yang satu ini, Seocrypt punya tipsnya:

1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Ini nih yang susah dibedain; butuh atau pengen? Contohnya gini, kamu butuh sepatu, atau kamu pengen sepatu yang merknya Nike? Kalo kebutuhan itu biasanya sesuatu yang memang harus kamu penuhi untuk bertahan hidup. Sementara keinginan sifatnya hanya hasrat ingin memiliki, kalo nggak punya juga gapapa, kayak pacaran sama pacar orang gitu.

2. Kualitas > Kuantitas

Biasakan untuk ngeliat fungsi dan kualitas suatu barang sebelum membelinya, jangan malah beli dalam jumlah banyak tapi fungsinya nggak maksimal, jadinya malah lebih boros. Biasanya barang berkualitas harganya lebih mahal, namun lebih awet juga, dibanding yang murahan tapi cepet rusak.

3. Bikin daftar belanja

Hal pertama yang harus dilakukan saat mau pergi belanja adalah, tau apa yang mau dibeli. Bikin daftar apa aja yang kamu butuhin, ini bikin kamu langsung menuju ke tokonya alih-alih muterin mall dan beli yang nggak penting. Sama lah kayak lagi pedekate, deketin gebetan yang disuka aja, daripada deketin semuanya tapi ujung-ujungnya zonk.

4. Catat pengeluaran

Efektif buat ngerem pengeluaran! Simpen struk belanja kamu, pisahin setiap bulannya biar kamu tau berapa rata-rata pengeluaran kamu. Sebaiknya kamu juga punya budget bulanan, jadi kamu nggak boleh belanja lagi kalo budgetnya udah abis.

5. Sisihkan uang untuk ditabung

Penting nih! Punya tabungan itu selain untuk simpanan di saat-saat tak terduga, juga membantu kamu untuk lebih hemat. Uang gaji nggak akan langsung abis, minimal ada 20-30% yang disisihkan untuk ditabung.

6. Bijak gunakan kartu kredit

Punya kartu kredit bukan berarti punya banyak utang, lho. Berbagai bank nawarin banyak promo di kartu kreditnya, nah, ini bisa kamu manfaatkan. Contoh; kalo akhir bulan gak ada uang, ajak temen-temen untuk makan di restoran yang ada promonya. Beberapa bank juga ngasih poin untuk penggunaan kartu kredit dan nantinya kamu juga dapet reward, lho. Yang harus diinget, kamu harus catat juga pengeluaran kamu yang pake kartu kredit, jangan sampe telat bayar atau melebihi limit.

7. Lakukan saat bahagia

Katanya, belanja itu terapi kebahagiaan. Ini prinsip yang salah. Belanja saat kamu sedih bikin kamu impulsive membeli barang-barang yang nggak kamu butuhin hanya demi kepuasan dan hiburan. Belanja lah saat bahagia, bukan belanja biar bahagia.

8. Kurangi ke mall

Main ke mall sih boleh aja, tapi jangan sering-sering. Banyak yang niatnya Cuma window shopping, eh pulang-pulang bawa tentengan. Coba sering kumpul sama temen-temen atau keluarga, mancing, bercocok tanam, atau belajar budidaya ikan mujair.

9. Ikut asuransi

Awalnya sih ikut asuransi bakal ngerasa beban, tapi, asuransi itu ada manfaatnya lho. Kamu nggak perlu khawatir kalo sakit, nggak perlu bingung nyari uang buat bayar rawat inap, atau nggak perlu panik saat mobil kamu tabrakan. Asuransi juga “menyelamatkan” sebagian uang kamu, jadi uang nggak habis tanpa jejak.

10. Inget amal

Ingatlah bahwa 2,5% dari rezeki kamu adalah milik orang lain yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim piatu, dan janda-janda tua. Sumbangin ke masjid, jangan ke kantong pacar.

Semoga tips di atas bisa ngebantu kamu biar bisa menghindari keborosan dan dijauhi dari godaan syaiton belanja yang terkutuk. Selain itu, jangan gampang kemakan sale atau diskon, karena biasanya saat kamu ngeliat sale atau diskon, saat itulah keinginan belanja jadi bertambah, padahal barang yang didiskon juga nggak dibutuhin. Pinter-pinter mengelola uang, inget kalo dapetin uang itu kamu harus nabung atau kerja selama 30 hari dulu.

Tulis Komentar

Komentar