dalam Ideas

“Setiap gue ngaca, gue bingung, kenapa gue chubby tapi sebadan-badan…” – Sebut saja Mawar, maisih kuncup belom meletek.

Di era inovasi makanan yang makin beragam, kedai-kedai yang makin menjamur, serta sosial media yang semakin diminati, anak muda masa kini semakin sering jajan di luar. Selain biar kenyang, nyicipin makanan baru yang lagi hits-hitsnya juga bisa menambah tingkat keeksisan seseorang. Tiap makan, foto dulu, edit dulu, upload dulu di media sosial. Kadang-kadang, saking keasikan foto dan ngedit, gak sadar makanannya keburu dicolong kucing atau jadi tempat reuni laler-laler.

Nah, kebayang dong kalo setiap hari misalnya jajan steak, ramen, quesadillas, atau tepanyaki? Kantong tipis, perut tebel. Apalagi kalo males olahraga, lemak-lemaknya ketimbun di perut hingga bisa membentuk negara baru. Udahannya, (biasanya cewek-cewek) ngeluh gendut, pipinya chubby, nggak pede, bingung pake baju apa, akhirnya ada yang berujung salah kaprah.

Contohnya: pengen kakinya keliatan kurus, malah pake jeans model pensil. Yang ada, malah keliatan tambah besar dan pendek, karena potongannya yang besar di atas tapi mengerucut ke bawah. Tubuh yang keliatan gemuk itu biar kurus ya memang harus olahraga dan membenahi pola makan, (patah hati juga bisa sih, cuma nggak masuk hitungan), tapi kalo mau cara instan ya tinggal pilih baju yang cocok dan voila! badan bisa kelihatan lebih kurus!

Terus, gimana sih trik memilih baju yang tepat untuk mereka yang merasa bertubuh gemuk? Nah, di sini akan kita bahas beberapa tips dan triknya.

1. Pilih ukuran yang sesuai

Ketika membeli baju atau celana, pastikan kamu memilih ukuran yang tepat, tidak kekecilan atau kebesaran. Ukuran yang pas, membuat kamu lebih nyaman. Kalo kekecilan, keliatan maksa dan jelek di tubuh. Kalo kebesaran, akan bikin badan kamu keliahatan lebih besar dari ukuran aslinya.

2. Hindari pakaian ketat

Baju yang ketat membuat setiap lekukan lebih menonjol, kalo mau keliatan lebih langsing ya sebisa mungkin tutupi lekukan lemak. Baju berbahan spandex contohnya, ketat dan membuat tubuh kamu bagai bacang yang ngiketnya kekencengan.

3. Gunakan pakaian longgar dan jatuh

Chiffon dan viscose adalah contoh jenis kain yang apabila dijadikan baju, akan nampak jatuh saat dipakai. Baju dengan bahan ini mampu mengikuti bentuk tubuh, bukan menutupinya.

4. Pakaian berwarna gelap atau bold

Warna hitam memang memberikan efek langsing di tubuh, tapi bukan berarti harus selalu memakai warna hitam. Mix dengan warna lain, atau dengan motif-motif yang cocok. Selain hitam, warna cokelat tua, navy, olive, atau dark plum juga bisa jadi pilihan.

5. Motif yang tepat

Kalo pengen pakai baju bermotif garis, pilih garis yang vertikal, karena garis horizontal membuat tubuh terkesan lebih lebar. Jika ingin motif bunga-bunga atau polkadot, pilih yang bunga dan polkadotnya kecil, agar tidak membuat tubuh semakin terlihat penuh. Satu lagi garis yang harus dihindari: garis kehidupan.

6. Kerah v-neck

Baju dengan kerah v-neck membuat leher lebih jenjang, juga menyamarkan dada dan pundak yang besar. Sebaliknya, baju dengan kerah bulat, oval, atau lurus, membuat tubuh semakin terlihat padat, bagaikan Pancoran di jam pulang kantor.

7. Pilih model celana dan rok yang tepat

Celana model pensil, apalagi pensil Inul, bikin paha lebih besar tapi betis kecil. Ini membuat kaki kamu terlihat lebih pendek, jadi sebaiknya pilih celana berpotongan lurus (seperti kata pepatah; kembalilah ke jalan yang lurus). Untuk rok, pilih yang model A-line, ini berfungsi untuk menyamarkan paha yang besar.

8. Jangan gunakan model pakaian yang bertumpuk

Semakin banyak lapisan baju, maka akan semakin membuat tubuhmu lebih tebal dan penuh.

9. Hindari crop top

Crop top membuat perut kamu lebih menonjol, selain itu akan sulit ditutupi bahkan dengan jaket atau cardigan. Jika memakai jeans, pilih atasan yang panjangnya menutupi perut, namun juga jangan terlalu panjang sebab akan menambah kesan pendek. Contoh: jangan pake hordeng kos-kosan.

10. Detail di tempat yang tepat

Jika lengan kamu besar, hindari baju dengan detail di lengan. Sebaliknya, berikan detail atau perhiasan di leher, untuk mengalihkan pandangan dari lengan ke leher. Jadi, orang ngga akan fokus ke lengan besar kamu, tapi ke kalung kamu yang belinya goceng tiga di Asemka.

Jadi, kalo pengen kelihatan kurus, jangan melulu pake baju hitam. Kurus engga, disangka nyelawat iya. Asal tau celah-celahnya, bisa kok terlihat kurus dengan pakaian yang tepat. Yang penting, pede dulu dari dalam diri, terus jangan lupa senyum! Senyum bikin kamu lebih cantik, nggak peduli sebesar apapun tubuh kamu. Cintai tubuh kamu sendiri, ya!

Tulis Komentar

Komentar