dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Cheetah

Tentang Cheetah

Cheetah adalah jenis kucing liar yang dikenal sebagai hewan tercepat di bumi. Cheetah hidup di padang rumput, sabana dan daerah semi-kering yang memiliki ruang terbuka yang cukup dan banyak mangsa.

Populasi terbesar cheetah hidup di Afrika. Cheetah juga dapat ditemukan di Asia. Kedua kelompok cheetah terancam punah, terutama tipe Asia (sangat terancam punah) dengan hanya 250 hewan yang tersisa di alam liar.

Jumlah mereka menurun secara signifikan dalam dua puluh tahun terakhir karena hilangnya habitat dan perburuan.

Fakta Tentang Cheetah

  1. Cheetah dewasa memiliki berat antara 75 hingga 145 pon, panjangnya 4 kaki dan tingginya mencapai 2 hingga 3 kaki hingga bahu. Ekor mereka biasanya sepanjang 30 inci.
  2. Cheetah mudah dikenali oleh bulu oranye yang ditutupi dengan bintik-bintik hitam dan dua garis hitam yang disebut “air mata hitam”, yang mengalir dari bagian dalam mata mereka. Para ilmuwan percaya bahwa “air mata hitam” mencegah mata cheetah dari matahari Afrika yang menyengat dan membantu mereka melihat jarak jauh.
  3. Cheetah adalah hewan diurnal (aktif di siang hari). Mereka memilih berburu di siang hari karena sebagian besar hewan di Afrika berburu pada malam hari, ketika suhu turun. Cheetah jauh lebih lemah daripada kucing dan predator Afrika lainnya, yang siap mencuri hasil buruan mereka. Perburuan setiap hari meminimalkan kemungkinan kehilangan mangsa.
  4. Cheetah memburu hewan yang berbeda: babi hutan, kelinci, burung francolin, rusa, kijang, impala, landak, Pedetes capensis, dan bahkan burung unta.
  5. Cheetah meminum air setiap 3 hingga 4 hari karena ia menyerap sebagian air dari makanan.
  6. Cheetah adalah pelari tercepat di bumi. Ia mampu berlari 70 mil per jam, dan mencapai kecepatan dari nol hingga 60 mil per jam dalam 3 detik.
  7. Meskipun cheetah berlari sangat cepat, ia tidak bisa berjalan untuk waktu yang sangat lama. Setelah 400 hingga 600 yard, cheetah menjadi lelah dan perlu istirahat. Berlari cepat membutuhkan banyak energi dan sangat sulit ketika suhu udara tinggi. Jika cheetah menangkap seekor binatang selama pengejaran cepat, ia akan beristirahat (mendapatkan kembali suhu tubuh normal dan memperlambat napas) sambil memegang mangsa sebelum menyantabnya.

Fakta ke 2 Cheetah

  1. Ekor Cheetah sangat penting selama berlari cepat, karena menyeimbangkan hewan dan memungkinkan belokan cepat dan tiba-tiba yang sering terjadi ketika mangsa mencoba melarikan diri.
  2. Tidak seperti kebanyakan kucing lainnya, cheetah bukanlah pemanjat pohon yang baik. Juga, cheetah adalah satu-satunya kucing yang tidak bisa mengaum.
  3. Cheetah adalah hewan yang sangat vokal yang dapat menggeram, mendesis, mengerang, mengembik dan mendengkur. Mereka menggunakan ekspresi wajah untuk menunjukkan suasana hati mereka.
  4. Cheetah betina adalah hewan soliter, sementara jantan hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari saudara (disebut “koalisi“). Biasanya hanya satu saudara jantan dari kelompok yang berpasangan dengan betina selama musim kawin.
  5. Cheetah biasanya kawin selama musim kemarau, kehamilan berlangsung 3 bulan dan berakhir pada awal musim hujan (saat banyak sumber makanan).
  6. Betina melahirkan 3 hingga 5 anak dengan berat hanya lima hingga sepuluh ons. Mereka menghabiskan minggu-minggu pertama kehidupan mereka di sarang. Waktu ini adalah yang paling penting untuk kelangsungan hidup mereka karena ibu perlu meninggalkan anaknya selama perburuan. Tingkat kematian bayi sangat tinggi – 90%.
  7. Cheetah berusia 5 hingga 6 minggu menemani ibunya dalam perburuan dan tinggal bersamanya sampai mereka mencapai 18 bulan.
  8. Rata-rata umur cheetah di alam liar adalah 12 tahun dan dapat hidup hingga 17 tahun di penangkaran.

Tulis Komentar

Komentar