dalam Ideas

Tips Packing Koper – Jalan-jalan dan packing itu bagaikan makan dan cuci piring; kalo makan sih gampang untuk dilakukan dan dinikmati, sementara cuci piring itu malesin banget dan dilakukan hanya karena kewajiban. Kalau bisa piringnya yang bisa dimakan juga deh, biar nggak usah cuci piring. Packing juga gitu. Kalau bisa sih lemarinya aja ditaliin terus diiket di punggung daripada harus pilih baju, lipat sana-sini, dan jejelin bajunya dalam koper.

Jadi, sementara kita nunggu kantong ajaib diciptakan supaya kita bisa bawa lemari pakaian untuk pergi jalan-jalan, Mimin akan kasih panduan cara packing cepat buat kamu yang suka jalan-jalan tapi nggak ngajak Mimin.

1. Perhatiin Cuaca dan Kegiatannya

Pertama, kamu harus tahu cuaca di sana dan kegiatan kamu selama di tempat tujuan, dan juga berapa lama kamu akan pergi. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah nentuin berapa banyak dan baju macam apa yang harus kamu bawa.

Kalau cuacanya bakal hujan tapi kamu malas bawa jas hujan, kamu cukup bawa payung dan kaos cadangan, siapa tahu kehujanan. Kalau perginya ke pantai, nggak usah bawa pakaian yang bahannya tebel. Bawa stok pakaian dalam yang mencukupi. Jangan sampai jadwal perginya seminggu, tapi bawa pakaian dalamnya cuma buat tiga hari. Pakaian dalam itu bukan kaset yang cara pakainya dibolak-balik, gaes.

2. Color Coordination

Sebelum mulai packing, jajarin dulu pakaian yang mau kamu bawa di tempat tidur atau di lantai, pastiin kalau warnanya sesuai. Dengan begitu kamu bisa bawa lebih banyak atasan daripada bawahan. Misalnya pergi selama lima hari. Kamu cukup bawa dua celana dan satu rok misalnya, dengan warna yang bisa dipaduin dengan lima atasan yang kamu bawa. Misalnya kamu bawa satu jeans hitam, kamu bisa paduin dengan atasan warna putih, garis-garis, atau biru muda.

Kira-kira gini. Kalau nggak cocok, mendingan nggak usah dibawa atau ganti dengan yang lain.

3. Cara Melipatnya

Kalau bisa sih kamu bawa pakaian dengan bahan yang nggak gampang lecek. Nah, jenis pakaian yang kayak gini bisa kamu gulung dan taruh di dasar koper. Kalau kamu bawa pakaian kayak kemeja dan sejenisnya yang lebih mudah lecek, lipat hati-hati dan taruh di atas pakaian yang kamu gulung. Dan karena bagian tas yang licin, pakaian yang udah dilipat bisa tetap lecek. Untuk antisipasi, setelah semua pakaian kamu gulung dan lipat, tutup dengan kertas atau dry cleaning bag.

4. Kosmetik dan Alat Mandi

Untuk kosmetik dan peralatan mandi, bisa kamu pisahkan ke tas plastik tersendiri. Kalau kamu bepergian dengan pesawat terbang, ada baiknya perlengkapan ini dimasukin ke tas Ziploc. Kalau kamu nggak yakin perlengkapan kamu itu termasuk cair atau nggak (misalnya maskara), kamu masukin juga aga buat jaga-jaga. Terus taruh di bagian depan tas kamu, untuk memudahkan proses cek di bandara. Petugas akan mastiin benda cair yang kamu bawa udah bener-bener aman sebelum masuk ke pesawat.

Sekian tips packing, siapa tahu kamu tahu-tahu dapet hadiah jalan-jalan. Kan jadinya udah tahu cara packing-nya…

Ada yang mau nambahin?

Tulis Komentar

Komentar