dalam Ideas

Ada dua tipe orang yang bisa kamu temui saat Lebaran; yang seneng bisa ketemu saudara, sama yang nggak terlalu seneng, entah apa alasannya. Bisa jadi karena jarang ketemu, jadi pas akhirnya ketemu ngerasa awkward, dan nggak tahu harus ngapain.

Sebenernya sih canggungnya di awal aja, nanti juga kalau udah melakukan aktivitas bareng, pasti langsung lengket. Nah, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan bareng saat lebaran nih. Misalnya…

1. Wisata kuliner

Yang namanya Lebaran, pasti makanan berlimpah. Tapi seringnya kita ngerasa bosen juga makan ketupat dan opor ayam lagi. Kalau kamu kebetulan lagi mudik dan pengin menghabiskan waktu bareng sepupu-sepupu kamu, cobain deh wisata kuliner.

Pinjem mobil, terus cari makanan khas dari kota itu. Cari tahu dulu rute dan rekomendasi tempatnya sebelum berangkat. Di perjalanan pasti seru banget, apalagi kalau pakai nyasar. Hehe.

2. Main bareng

Ada banyak banget permainan yang bisa kamu mainkan bareng anggota keluarga. Mulai dari yang dewasa, sampai sepupu-sepupu yang masih kecil. Misalnya main monopoli, Uno (yang kartu atau kalau mau lebih seru lagi, cobain Uno Stacko), atau main werewolf.

Sekalian ajarin yang masih kecil, jangan dijadiin anak bawang aja. Haha. Kamu juga bisa ngenalin permainan tradisional kayak tak benteng, galaksin, batu tujuh, congklak, dan masih banyak lagi. Seru, terus bikin keringetan karena harus banyak bergerak.

3. Nonton

Ini udah paling gampang dilakukan waktu libur Lebaran bareng keluarga. Apalagi di bioskop selalu ada film baru yang emang spesial untuk nemenin libur Lebaran. Tapi, selain nonton film di bioskop, bisa juga nonton bareng film yang lebih ‘personal’.

Misalnya home video jadul waktu kamu dan sepupu masih pada bayi, atau dokumentasi dari acara keluarga sebelumnya yang belum sempat kamu share ke anggota keluarga lain.

4. Bikin pohon keluarga

Waktu semua berkumpul, bikin silsilah keluarga kamu. Kalau masih ada nenek dan kakek bakalan lebih menantang lagi tuh pohon keluarganya. Cantumin nama lengkap, sekalian tanggal lahir semua anggota keluarganya. Bisa mulai dengan pohon keluarga yang sederhana, yang nantinya bisa kamu edit lagi supaya lebih rapi.

5. Bikin photo booth

Berhubung semua orang suka ber-selfie ria, sekalian aja bikin photo booth sederhana. Kalau kamu punya kamera DSLR, bisa pakein tripod, dan kalau ada yang udah siap difoto tinggal disetel timer-nya. Syukur-syukur kalau punya lampunya. Kalau enggak juga nggak apa-apa. Cukup set di tempat yang penerangannya cukup dan sebenernya pakai kamera hape juga oke. Siapin memori lebih aja.

Biar tambah seru, bikin juga propertinya. Supaya kayak photo booth di acara nikahan gitu loh. Misalnya gambar kumis dan kacamata dari karton, terus tempel ke stik, figura sederhana dari karton, balon, peci (soalnya edisi Lebaran), terus tulisan ‘Selamat Idul Fitri’ atau ‘masih jomblo. Siapa aja boleh foto di sini, kalau bisa per keluarga harus foto. Lumayan kan buat dokumentasi… Duh, jadi pengen cobain.

Tulis Komentar

Komentar