dalam Memasak

Makanan di Indonesia memang terkenal enak dan sangat enak. Tidak heran banyak orang yang menyukai masakan khas yang berasal dari Indonesia.

Tapi bagi sebagian orang Indonesia malah merasa masakan Indonesia itu ngga keren-keren amat, soalnya harganya murah dan terkesan ngga berkelas.

Padahal ada beberapa makanan Indonesia yang terlihat sepele dan dengan harga murah di Indonesia tapi begitu mahal kalo di luar negeri. Makanan itu adalah:

1. Pisang Goreng

Di Indonesia harga pisang goreng paling mahal dijual 2000 rupiah per satuannya. Harga segitu lebih murah dibanding air mineral. Kita pun memandang rendah makanan atau kuliner khas Indonesia ini.

Tapi tahukah kamu, di Belanda atau dibeberapa kawasan di Eropa harga pisang goreng tersebut adalah 5 – 7 Euro atau kalo dirupiahkan mencapai 75 – 90 ribu rupiah untuk satu gorengannya saja.

2. Tempe

Tempe adalah makanan khas Indonesia banget. Dibuat dengan bahan kedelai. Harga tempe mentah untuk ukuran sebesar batu bata di ndonesia di jual 3000 rupiah saja. Sedangkan kalo di Eropa harganya bisa mencapai 1.8 – 2 Euro.

1.8 – 2 Euro kalo dirupiahkan bisa mencapai 25 – 30 ribu rupiah.

3. Pecel Lele

Pecel ayam biasanya dijual paling mahal 20 ribu rupiah per porsinya. Bahkan ada yang jual 15 ribu. Sangat terjangkau untuk ukuran kantong orang-orang di Indonesia.

Sedangkan di Swiss dan beberapa negara Eropa lainnya, harga pecel lele bisa mencapai 15 Euro atau kalo dirupiahkan mencapai 225 ribu rupiah. Gila kan.

4. Sate Ayam

Sate yang paling mahal di Indonesia paling banter dijual 20 – 30 ribu per porsi. Kita pun bisa dengan lahap memakannya.

Sedangkan di Jerman atau beberapa kawasan di Eropa harga sate bisa mencapai 15 Euro atau kalo dirupiahkan mencapai 150 ribu rupiah.

5. Nasi Goreng

Nasi goreng pernah dinobatkan menjadi masakan paling enak sedunia. Mungkin bisa saja akibat hal tersebut harga nasi goreng yang di Indonesia dijual dengan harga 15 ribu per porsi menjadi 100 ribu rupiah saat dijual di Amerika Serikat.

Tulis Komentar

Komentar