dalam Psikologi

Manfaat Punya Idola – Waktu masih kecil dulu, siapa tokoh kartun favoritmu? Mickey Mouse, Doraemon, Superman, Detektif Conan atau siapa lagi ya? Hmm…pastinya sekarang idola kamu sudah lebih bervariasi ya. Bisa dari kalangan olahragawan, aktor, aktris, musisi, dan sebagainya.

Memiliki sosok panutan memang bisa menginspirasi kita untuk mengikuti jejak positif mereka. Kisah para tokoh idola meraih sukses umumnya tak mudah. Hal ini patut dijadikan motivasi buat kita loh! So, apa saja sih sisi positif jika kamu memiliki idola?

1. Menambah Wawasan Bahasa Yang Orang Lain Mungkin Belum Tau

Kamu pecinta sepak bola Italia? Jika ya, pasti nggak asing lagi dong sama istilah:

  1. Tifosi (suporter)
  2. Capocannoniere (pencetak gol terbanyak)
  3. Giornata (pekan/minggu)
  4. Allenatore (pelatih)
  5. Derby (istilah pertandingan dari kedua tim yang lokasinya 1 kota), dan masih banyak istilah Italia lainnya (Kamu lebih jago kayaknya nih!).

Kamu yang ‘khatam’ dengan serial Drama Korea, dijamin akrab banget sama kata-kata ini:

  • Annyeong haseyo (halo)
  • Kamsahamnida (terima kasih)
  • Saranghaeyo (aku cinta padamu)
  • Mianhae (maaf)
  • Hyung (sebutan untuk Kakak laki-laki dari adik lelaki)
  • Oppa (sebutan untuk Kakak laki-laki dari adik perempuan), dan masih banyak istilah Korea lainnya (lagi-lagi pasti Kamu jauh lebih pakar kan, he…he…he).

Yup, jika Kamu memiliki idola dari luar negeri, otomatis kamu ‘berkenalan’ dengan bahasa sang idola kan! Selain menambah kosa kata bahasa asing buatmu, tak ada salahnya loh jika Kamu ingin mendalami bahasa mereka, misal ikut les bahasa Korea/Jepang/Italia dll. Kalau ada kesempatan dan ortu kalian support, why not?

2. Nambah Teman Dan Memperluas Jaringan

Kamu yang bergabung dengan fans club atau komunitas tertentu pastinya jadi punya temen-teman baru ya! Semakin banyak bertemu dan berkenalan dengan orang baru, pergaulan Kamu pun makin luas.  Kalian bisa belajar banyak hal dari komunitas tersebut, baik itu dari sharing pengalaman teman, belajar mengelola suatu komunitas/perkumpulan, bahkan jadi lahan bisnis juga.

Lewat jaringan yang makin luas, buat kamu yang sudah berjualan pasti sasaran pelanggan makin bertambah dong (teuteepp ujungnya jualan ya, ha…ha…ha). Atau bisa saja dari obrolan antar teman, bisa berkembang menjadi ide bisnis baru, lalu akhirnya kalian sepakat joint. Who knows?

3. Mood Booster Kalau Lagi Bete!

Rasanya nggak ada satu manusia pun di muka bumi ini yang nggak pernah ngalamin yang namanya BOSEN alias BETE alias BAD MOOD dan sejenisnya. Yup, kita perlu penyemangat dalam hidup kan Teeners! Buat kamu yang punya penyanyi idola, pasti punya lagu-lagu favorit yang bisa menjadi mood boster kalian deh. Teeners yang lagi mati gaya di kamar, bisa aja nyetel DVD film/serial/konser dari idola kamu! Walaupun sudah berpuluh atau ratusan kali disetel, biasanya mood Teeners mulai ‘baikan’ toh!

4. Bijak Mengatur Keuangan

Misalnya Teeners punya penulis novel favorit. Dia bakal nerbitin novel baru dan ada edisi PO (pre order) plus tanda tangan, harganya memang beda dari yang dijual biasa. Tapi demi mendapatkannya, kamu rela nabung atau cari uang saku tambahan.

Atau contoh lain, tiket konser musik penyanyi/band favorit kamu harganya selangit. Mau nggak mau Teeners jadi nabung. Mulai dari ngirit jajan, nahan-nahan diri nggak beli baju/tas/sepatu, dll. Dari proses ini, Teeners belajar tentang prioritas dan mengelola keuangan.

5. Nambah PD (Percaya Diri)

Memiliki kepercayaan diri sangat penting dalam meraih keberhasilan. Namun kadang kita merasa ragu atau takut gagal. Kalau Teeners gemar membaca profil atau autobiografi tokoh-tokoh hebat, pasti tak luput dari cerita jatuh-bangun para idola tersebut.

Dari masa ke masa, coba kita lihat perjuangan ini:

  1. Thomas Alva Edison
    Penemu bola lampu pijar. Konon menurut sejarah, sebelum berhasil dengan eksperimennya, ia mencoba ribuan kali, wow!
  2. B.J. Habibie
    Presiden RI ke-3 ini pernah membuat pesawat buat negeri kita. Lewat teori pesawatnya, di Jerman, beliau dikenal sebagai Mr. Crack. Ia tidak dibesarkan dari keluarga yang kaya-raya, artinya biaya pendidikan diperoleh dari beasiswa. Ketekunan membaca dan belajar membuatnya berhasil. Teeners yang sudah nonton film Habibie & Ainun pasti tau juga dong gimana kisah perjalanan hidup beliau.
  3. Susi Pudjiastuti
    Menteri Kelautan & Perikanan dari Kabinet Kerja 2014 – 2019. Wah, kalau Ibu Menteri yang satu ini sampai sekarang sering jadi kontroversi pemberitaan. Latar belakang pendidikannya yang tamatan SMP sering dibawa-bawa. Tak sedikit yang mem-bully di sosmed, “Tamat SMP aja bisa jadi Menteri!”  Sebaliknya, bukan itu yang akan kita bahas. Perjuangan Bu Susi mulai dari pengepul ikan, sampai memiliki maskapai Susi Air dan sekarang menjabat Menteri-lah yang patut diteladani. Penghargaan yang diterima Bu Susi pun sederet. Coba aja cek profil beliau di Wikipedia!

Nah, apapun cita-cita kamu, jika dilakukan dengan kerja keras, doa, usaha, dan semangat “Yakin Bisa!” maka harapan kalian pasti terwujud. See? Punya idola banyak hikmah positif yang bisa kita ambil kan!

Tulis Komentar

Komentar