dalam Ideas, Psikologi

Cara Bernostalgia Mengenang Masa Kecil – Masa kecil tentunya akan selalu memiliki tempat yang indah di hati kita masing-masing, ya gak?. Apalagi mereka yang melewati masa kecil sebelum internet dan gadget mendominasi. Dahulu masa kecil kita diisi oleh permainan tradisional dan mainan berbaterai seperti tamiya. Acara TV juga masih dipenuhi tayangan yang mendidik, bukan siaran yang dipenuhi berita gosip seperti sekarang.

Saking banyaknya momen indah masa kecil, seringkali kita berucap ingin memiliki mesin waktu Doraemon untuk kembali mencicipi hari-hari indah itu. Sayang, mesin waktu Doraemon hanya ada di dalam dunia khayal kita saja. Nah, supaya kamu bisa mengingat masa kecil kamu tanpa minta bantuan Doraemon, kamu bisa melakukan cara-cara berikut untuk mengingat masa kecilmu dulu.

1. Membuka album foto yang dipenuhi dengan foto-foto imut kamu waktu kecil dulu

Sebelum era foto digital, orangtua kita sering menyimpan foto-foto hasil cetakan dalam album. Saat membuka album foto, kamu akan melihat tren yang hits di zaman dulu namun terlihat cupu banget di zaman sekarang.

Misalnya, celana, rambut belah tengah, gaya Harajuku, atau berfoto dengan jari membentuk gaya metal. Melihat foto-foto itu kamu pasti akan tertawa sambil berkata “Gilaaa. Gw culun banget”. Membuka album foto bersama keluarga akan mengobati rasa rindumu pada masa kecil nan indah. Agar foto kamu tak lekang oleh waktu dan tetap abadi, kamu bisa juga tuh mulai scan satu-persatu foto-foto kamu ke dalam bentuk digital.

2. Menonton film kartun favorit yang biasa kamu tonton setiap Minggu mulai jam 08.00 pagi

Siapa sih yang tidak ngefans dengan film jadul seperti Doraemon, Dragon Ball, Pokemon, Power Rangers, Conan, P-Man, Sakura, Chibi Maruko Chan, dan Kobo Chan?. Setiap hari Minggu pasti kamu selalu berusaha untuk nggak melewatkan kartun-kartun ini.

Nah, mungkin sekarang acara kartun sudah sulit yang ditemui. Satu-satunya kartun masa kecil yang bertahan sampai sekarang hanyalah Doraemon tapi itu juga sudah masuk episode terakhir. Unduh saja videonya di internet atau beli DVD-nya.

3. Menonton film Indonesia jadul sendirian di kamar sambil mengingat masa lalu kamu yang culun

Hai kamu yang jadul!. Apa saat masih kecil kamu sangat suka dengan Joshua dalam Film Joshua Oh Joshua, Sherina dalam Film Petualangan Sherina, Tina Toon dalam Film Lenong Bocah atau mungkin film pendekar yang diperankan oleh Advent Bangun dalam Film Si Buta Dari Goa Hantu?.

Film-film yang sekarang tergolong jadul ini sangat populer di masa dulu dan tetap diingat sampai sekarang. Tidak ada salahnya kok kalau kamu menonton ulang film-film ini sambil ngebayangin gimana culunnya kamu dulu.

4. Menonton sinetron dan film-film jadul di Youtube

Mulai dari pulang sekolah hingga malam, anak-anak 90-an selalu ditemani tayangan televisi yang menghibur dan mendidik. Ada Keluarga Cemara yang membuat kita mengerti betapa pentingnya keluarga. Ada juga Anak Ajaib dan Indera Keenam yang bikin kita iri sama kemampuan tidak biasanya Joshua. Ada juga yang bikin kita ketawa seperti Tuyul dan Mbak Yul, Jin dan Jun, dan Jinny oh Jinny. Nah, thanks to Youtube film-film ini tetap bisa kamu tonton hingga saat ini atau bahkan saat kamu tua nanti.

5. Menonton tayangan film kekal yang tetap Grrrrr meskipun udah ratusan kali di tonton

Tayangan kekal? Maksudnya tayangan yang sejak dulu sampai sekarang tetap populer. Siapa yang tidak kenal Warkop, BoBoHo, Vampir Cina, Meteor Garden, dan Kuch Kuch Hota Hai? Tayangan-tayangan yang dibuat di era dulu ini tetap disukai hingga sekarang.

Meski diulang berapa kali, kamu pasti tetap ketawa melihat aksi Dono, Kasino, Indro atau BoBoHo yang gendut dan lucu. Kamu juga pasti senyam-senyum sendiri menonton Meteor Garden dan film India yang selalu identik dengan Pak Polisi-nya yang selalu ada di setiap film India apapun judulnya.

6. Mendengarkan lagu populer yang happening banget di jamannya

Banyak yang bilang kalau musik di dekade 90-an dan awal 2000-an adalah musik terbaik. Wajar saja kalau kamu kangen dengan masa-masa ini. Untuk membangkitkan kenangan masa kecilmu, dengarkan saja lagu-lagu yang populer di dulu. Misalnya, lagu “Diobok-obok” Joshua, “Jagoan” Sherina, “Si Gembala Sapi” Tasya, “Bukan Pujangga” Base Jam, “Inikah Cinta” ME, atau “I Have A Dream” dan “My Love “Westife.

7. Ngemil jajanan masa kecil yang biasa kamu beli di lokasi sekolah kamu waktu jaman SD

Mungkin sekarang jajanan masa kecil seperti Anak Mas, Mie Remez, Permen Cicek sudah tidak ada lagi di pasaran. Namun kamu masih bisa menemukan permen karet Yosan, cokelat koin, dan wafer Superman di pasar ataupun warung kelontong.

Selain jajanan ini, kamu juga bisa mampir ke sekolah-sekolah TK dan SD untuk jajan mie lidi, cimol, es warna-warni dan bakso kecil yang dulunya sering kamu beli selagi menunggu jemputan. Ngemil jajanan masa kecil seperti ini pasti bisa mengobati rasa rindumu. Coba deh kamu beli dan langsung makan disitu sambil ngebayangin masa kecil kamu yang dulu gemar banget makan cemilan tersebut. Wahh, langsung kebayang dong pastinya!.

Dan cara paling pamungkas untuk mengenangnya adalah dengan bercerita. Berkumpullah dengan kakek, nenek, teman-teman masa kecil dan orang-orang terdekat lainnya yang berkontribusi dalam keindahan masa kecilmu. Kamu pasti akan terbuai dengan cerita-cerita masa lampau dan menjadi sadar betapa berharganya mereka yang telah memberikan kenangan masa kecil nan manis padamu.

Tulis Komentar

Komentar