dalam Ideas, Love

Istilah “cinta pada pandangan pertama” itu lahir dari kesan pertama yang baik juga. Kesan pertama, atau istilah kerennya first-impression yang baik itu sangat diperlukan dalam pergaulan. Kenapa? Karena ketika kenalanmu telah melihat kamu dengan sikap dan perilaku yang baik saat pertama kali, dia pasti akan mengingat kamu sebagai orang yang ber-attitude baik.

Tapi di antara kamu-kamu semua juga pasti ada yang belum tau gimana membangun first impression yang baik, kan? Hehehe, tenang aja, Kanda bakal kasih tau kamu caranya di bawah ini.

Berpakaian rapi

Kepribadian, selera, dan gaya hidup seseorang bisa dilihat dari caranya berpakaian. Sebelum hendak bertemu dan kenalan dengan seseorang, pastikan pakaian kamu rapi. Selain supaya nyaman terlihat, itu juga bisa jadi penilaian terhadap kamu.

Dengan berpakaian rapi, tandanya kamu menghargai diri sendiri dan orang yang kamu temui. Kalo pakaian kamu sengaja kamu robek di selangkangan, atau pake kaos yang bolong di bagian udel, siapa yang nyaman pas lagi ngobrol sama kamu? Kalo mereka udah nggak nyaman, mereka juga bakal males-malesan untuk berteman.

Datang tepat waktu

Nunggu itu nggak enak, sama halnya pas kamu bikin janji ketemuan sama seseorang, terus orang itu nunggu kamu yang datang telat. Ya, 5-10 menit gak apa-apa lah, tapi kalo sampai berjam-jam sih itu malah bikin orang kesel. Apalagi kalo orang itu adalah orang sibuk yang punya urusan lain dan gak suka ngaret.

Datang tepat waktu itu salah satu cara membangun first impression yang baik. Datang tepat waktu berarti kamu menghargai dan menepati apa yang telah dijanjikan. Makanya, kalo ada janji ketemuan, sebisa mungkin atur jadwal berangkatnya lebih cepat supaya gak telat. Mending datang lebih dulu daripada telat.

Hafalin nama

Semua orang pasti sangat senang kalo namanya diingat, dan nggak semua orang itu pengingat yang baik. Nggak menutup kemungkinan abis kenalan kamu bisa lupa nama orang itu. Nah, tip Kanda, hafalin namanya pas ketemu dengan cara mengucapkannya beberapa kali. Contohnya gini…

“Halo, Maya, gue (sebutin nama kamu).”

“Lo ke sini naik apa? Atau dianter, May?”

“Eh, iya, gue mesen makanan ini, May. Lo pesen apa?”

Usahakan kamu cari kalimat yang pas supaya saat menyematkan namanya, agar tidak terlihat berlebihan dalam penyebutan namanya.

Bicara dengan sopan

Kepribadian orang bisa diliat dari sisi verbal, alias cara berbicara. Untuk membangin first impression yang baik kepada orang baru, tentunya kamu harus bicara dengan bahasa sopan, gak serampangan. Meliputi intonasi nada, artikulasi pengucapan, dan kata-kata yang kamu gunakan.

Nggak mungkin kan kamu lagi ngobrol santai, tapi bahasanya kayak orang ngeintrogasi dan nada marah? Yang ada kenalan kamu merasa nggak nyaman dan ilfeel duluan, lalu menanggap kamu orang yang berasal dari zaman batu.

Bahas hal yang menarik

Yap! Ini adalah poin penting dalam membangun first impression yang baik. Bahas hal menarik dan…, beda. Dengan melakukan hal ini, obrolan kamu nggak bakal garing dan kenalan baru kamu sebagai lawan bicara tertarik untuk ngebahasnya.

Apa aja sih hal yang menarik itu? Ya bisa selera musik, buku, atau film. Bisa juga hal yang lagi ngetren. Itu udah standar banget. Atau kalo kamu bisa menilai kesukaannya apa dari style kenalanmu, itu bisa jadi pembahasan yang asik banget. Wawasan yang luas sangat diperlukan di sini. Soalnya, teman ngobrol yang mampu memberi banyak info-info baru itu adalah dambaan setiap orang.

Dengan bahasa yang sopan, niscaya kenalan baru kamu itu bakal inget kamu sebagai sosok yang menyenangkan buat diajak ngobrol dan bakal menanti-nanti pertemuan berikutnya.

Jadi pendengar yang baik

Nggak semua orang bisa jadi pendengar yang baik, dan kenapa kamu nggak bisa? Bisa dong, cuma modal telinga dan konsentrasi aja. Soalnya nggak menutup kemungkinan kamu bakal ngobrol panjang lebar dan ngalor ngidul, bisa juga malah curhat.

Kalo kamu nggak siap jadi pendengar yang baik, yang ada kamu bakal bosen. Orang bosen itu kan keliatan banget gesturnya, dan itu bisa bikin kenalanmu itu jadi ngerasa gak enak buat ngelanjutin obrolannya.

Coba juga jadi pendengar yang baik dengan cara mendengar untuk mengerti, bukan mendengar untuk menimpali. Jangan menimpali omongan orang, sebelum dia meminta kamu untuk berpendapat. Soalnya, kadang orang itu hanya butuh didengar, bukan diajari.

Jangan lupa berjabat tangan

Dan yang terakhir cara membangun first impression yang baik adalah jangan lupa berjabat tangan. Itu simbol kalo kamu senang dengan pertemuan dan obrolan kalian. Menjadikan kesan yang baik untuk pertemuan berikutnya.


Ini cara ngejabat tangan cewek, boys. Dengan cara ini si cewek bakal kepikiran sama kamu.

Saat berpisah, ucapkan “sampai jumpa lagi”, jangan “selamat tinggal”. Sampai jumpa lagi, mengandung arti kamu masih ingin bertemu lagi. Sedangkan selamat tinggal, artinya kamu bakal pergi atau menghilang. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih atas pertemuan itu.

Oke, paham kan? Sekarang kalo kamu hendak kenalan sama orang baru, terapin deh cara-cara di atas supaya first impression dia terhadap kamu itu baik. Siapa tau kan dia jodohmu. Sekian semoga bermanfaat, Kisanak. ~

Tulis Komentar

Komentar