dalam Ideas, Memasak

Mie Instan adalah makanan favorit anak kos, mau tanggal muda atau tanggal tua. Dengan adanya mie instan, walau bokek pun anak kost tetap bisa menikmati soto mie, kari ayam, sate, dendeng balado bahkan rendang. Tapi, kalo dimasaknya gitu-gitu aja, kayaknya bosen yah. Biar lebih bervariasi, cobain deh berbagai kreasi resep mie instan kayak gini:

1. Mie Nyusu

  • Apakah mie nyusu adalah mie dengan ASI eksklusif? Oh, tentu tidak. Mie nyusu adalah mie yang dicampur susu (WOW). Gimana resepnya? Nih:
  • Mie instan rebus rasa apa aja, asal jangan rasa yang tertinggal.
  • Susu kental manis atau susu full cream
  • Telur
  • Keju (kalo lagi kere, nggak usah pake keju)
  • Cabe rawit bagi yang suka pedes, bagi yang suka pacar orang lebih baik mundur.
  • Air untuk merebus

Cara membuat:

  • Rebus air sampe mendidih, masukkan mie, masak sampe setengah matang. Kalo udah setengah matang, buang air rebusan dan ganti dengan air baru.
  • Setelah air diganti, masukkan mie kembali.
  • Masukkan telur, bumbu, susu, cabe.
  • Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur. Jika sudah tercampur, angkat dan taburin keju parut (kalo ada).

2. Mie Tumis

Bokek tapi pengen makan mie goreng a la abang-abang? Tenang. Jangan sedih selama ada mie instan goreng. Ini bahannya:

  • Mie instan goreng rasa apa aja, lebih enak rasa original, karena yang KW belinya jauh di Mangga Dua.
  • Telur (harus selalu ada)
  • Bakso dan sosis jika mampu
  • Rawit
  • Bawang putih (pasti bawangnya ngga pernah luluran)
  • Mentega

Cara membuat:

  • Rebus mie sampe setengah matang, tiriskan.
  • Kalo udah tiris, campur mie instan dengan bumbunya.
  • Goreng telur dengan mentega, buat orak-arik, tiriskan kalo udah matang.
  • Goreng bakso dan sosis degan mentega, tiriskan kalo udah matang
  • Cincang halus bawang putih, iris tipis cabe rawit. Kalo udah, tumis bawang putih dengan mentega, setelah harum baru masukkan irisan cabe rawit.
  • Setelah cabe layu dan bawang berubah warna, masukkan telur orak-arik, bakso, sosis, dan mie yang sudah dibumbui. Tumis sampe matang, kemudian hidangkan dan jangan kasih kalo ada tetangga yang minta.

Note: Lebih enak kalo telornya 2, yang satu diceplok aja.

3. Mie Sogo

Mie sogo bukanlah mie yang suka belanja, melainkan mie sosis goreng! Yuk, langsung pelajari aja cara membuatnya.

Bahan:

  • Mie instan rebus rasa apa aja
  • Telur
  • Sosis
  • Minyak goreng
  • Saos sambel, saos tomat
  • Mayones

Cara membuat:

  • Rebus mie hingga setengah matang, tiriskan, campurkan dengan bumbu. Kalo ada minyaknya, nggak usah dipake yah
  • Potong sosis menjadi 2, belah 4 di kedua ujungnya
  • Lilitkan mie di tengah-tengah sosis
  • Kocok telur hingga tercampur rata
  • Panaskan minyak
  • Gulingkan sosis mie ke adonan telur lalu goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan
  • Sajikan bersama saus, mayones, dan orang yang disayang yang juga menyayangimu.

4. Pizza Mie

Lupakan pijahat atau dominos, buat anak kos, pizza paling enak adalah pizza mie. Nggak usah dibakar, nggak ribet pake topping. Langsung aja bikin, nih resepnya:

Bahan:

  • Mie instan goreng
  • Telur
  • Daun bawang
  • Bawang Bombay jika mampu
  • Saus tomat, saus cabe, mayones

Cara membuat:

  • Rebus mie sampai setengah matang, tiriskan
  • Iris daun bawang dan bawang bombay
  • Kocok telur sampai tercampur rata, kemudian masukkan irisan daun bawang bawang Bombay, bumbu mie instan (kecuali minyak, saus, kecap), aduk rata
  • Jika kocokan telur sudah tercampur dengan bahan lain, masukkan mie, aduk kembali
  • Panaskan minyak, goreng adonan mie hingga kecoklatan kedua sisinya
  • Angkat, tiriskan, sajikan dengan saus dan mayones.

5. Mie Becek

Apakah mie becek adalah mie yang digesek-gesek? Atau mie yang kehujanan? Coba aja bikin dulu, kamu pasti akan menemukan jawabannya.

Bahan:

  • Mie instan goreng
  • Telur
  • Minyak goreng
  • Cabe rawit
  • Bawang putih dan merah
  • Sawi
  • Air

Cara membuat:

  • Rebus mie hingga setengah matang, tiriskan dan campur dengan bumbunya
  • Cincang halus bawang dan cabe rawit
  • Potong-potong sawi
  • Panaskan minyak, tumis bawang hingga harum, masukkan cabe
  • Setelah cabe layu dan bawang berubah warna, masukkan telur, buat orak-arik
  • Masukkan sawi, beri sedikit air hingga sawi layu
  • Jika sawi sudah layu, masukkan mie, aduk-aduk hingga air sedikit berkurang tapi tidak kering
  • Angkat dan sajikan selagi hangat, jangan dibiarin dingin kayak gebetan yang nggak direspon.

6. Mie Bola

Bola yang ini nggak bisa ditendang tapi tetep direbutin, soalnya enak. Mau nyoba? Ikutin resepnya, ya:

Bahan:

  • Mie instan rebus
  • Tepung terigu
  • Tepung roti
  • 2 butir Telur
  • Wortel
  • Daun bawang
  • Minyak
  • Sambal Bangkok instan

Cara membuat:

  • Rebus mie hingga setengah matang, tiriskan
  • Iris tipis daun bawang, potong kecil-kecil wortelnya
  • Kocok-kocok telur, masukkan bumbu mie instan, wortel, daun bawang, tepung terigu dan mie. Aduk hingga semua bahan tercampur. Tepung terigunya kira-kira aja yah, kalo adonan udah mengental dan bisa dibentuk bulat
  • Kalo udah mengental, bentuk bulat dan gulingkan ke tepung roti. Agak lengket nih pas ngebuletinnya, kalo kamu gak mau lengket bisa dibentuk pake sendok, baru gulingkan ke tepung roti.
  • Panaskan minyak, goreng bola mie hingga warnanya kecoklatan.
  • Sajikan bersama sambal Bangkok.

7. Mie Remes

Ini adalah cara menyantap mie instan yang paling mudah, berikut caranya:

  • Siapkan mie instan
  • Remas
  • Masukkan bumbu
  • Kocok-kocok
  • Mie siap disantap.

Gimana, lumayan banyak kan kreasi mie instannya? Tapi inget, jangan keseringan makan mie instan karena pengawet dan MSGnya nggak bagus buat tubuh kamu. Favorit kamu, resep yang mana? 😀

Tulis Komentar

Komentar