dalam Kesehatan, Psikologi

Manfaat Menangis – Siapa yang seumur hidupnya gak pernah menangis?. Pasti kita semua pernah ya?. Kamu tau gak kalau ternyata menangis itu adalah bagian dari cara kita mengungkapan ekspresi dari rasa sedih di hati. Biasanya seusai menangis, seseorang biasanya akan lebih lega dan merasa beban yang ditanggungnya menjadi sedikit lebih ringan.

Sayangnya, hingga detik ini masih banyak orang yang menganggap seseorang yang menangis adalah orang cengeng, takut, dan lemah sehingga akhirnya kemudian banyak orang menjadi malu untuk menangis. Nah, kalau kamu sendiri gimana?. Malu untuk menangis gak?.

Meskipun banyak paradigma negatif tentang menangis, namun sebenarnya dengan menangis justru seringkali membuat seseorang menjadi jauh lebih kuat sehingga bisa berpikiran jernih. Jika selama ini kamu hanya tahu bahwa menangis hanyalah ekspresi perasaan sedih saja, sudah saatnya kamu tahu khasiat menangis yang lebih dari itu. Penasaran apa aja sih manfaat dan khasiat menangis? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Memberikan ketenangan saat kamu dilanda galau dan gundah gulana yang berkecamuk

Ada kalanya menangis memang tidak mampu menyelesaikan masalah yang tengah kamu hadapi. Tetapi percayalah, setidaknya dengan menangis maka perasaanmu menjadi lebih lega sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih dan tenang saat mengambil keputusan.

Emosi yang berlebihan hanya akan membuat masalahmu menjadi semakin rumit. Oleh karena itu, sebaiknya luangkanlah sedikit waktu untuk merenung sendiri dan menangis.

2. Pikiran kusut, gelisah dan terguncang sampai rambut jadi acak-acakan. Ya nangis aja!

Masalah yang membuat kondisi psikologis tubuh terguncang berpeluang menimbulkan stres. Dengan menangis, rasa stres itu dapat berkurang karena sebagian hormon stres telah keluar dalam bentuk air mata.

Jadi saat kamu menangis dan mengeluarkan air mata, kamu telah mengeluarkan hormon stres. Tuh kan ternyata menangis bermanfaat banget buat kamu yang sering dilanda stress 

3. Ternyata bukan cuma curhat sama pacar yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, menangis juga lho!

Kamu sudah tahu kan kalau menangis dapat menghilangkan rasa stres sehingga pikiran lebih jernih dan perasaan lebih lega?. Hal ini sangat berpengaruh pada peningkatan suasana hati seseorang.

Mengapa? Karena air mata kesedihan yang kamu keluarkan mengandung 24 persen albumin yang berperan dalam pengaturan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membuat suasana hatimu ikut menjadi lebih baik.

Nah, buat kamu yang saat ini masih malu untuk menangis, baiknya piker-pikir lagi deh karena ternyata nangis itu sehat.

4. Mata kering, merah, iritasi sampai belekan?. Coba deh paksain nangis karena ternyata menangis dapat menjaga kelembaban mata kamu

Ternyata selain bermanfaat bagi kondisi psikologis tubuh, menangis juga berperan bagi kesehatan mata lho. Kamu tau gak kalau menangis ternyata merupakan cara alami tubuh untuk menghindari mata dari dari kondisi kering, perih, terkena iritasi hingga belekan.

Kamu tau kan belekan?. Itu lho yang kalau kamu bangun pagi hari ada sesuatu berwarna putih menjijikkan yang merembes keluar dari sudut-sudut mata kamu..Eewwww!!.

Penyebab dari iritasi tersebut salah satunya adalah kurangnya cairan pada mata. Mata yang kering ini lalu bisa membuat mata menjadi merah, bengkak, bahkan mengalami gangguan yang dapat menimbulkan gangguan penglihatan.

Meskipun menangis membuat matamu merah dan bengkak, namun itu hanya berlangsung sebentar saja. Dengan menangis, mata akan menjadi lebih lembab dan bersih sehingga penglihatanmu tidak akan kabur alias lari-lari..hehehe

5. Menangis dapat menghilangkan bakteri dalam mata penyebab sakit mata

Mata merupakan bagian dari anatomi tubuh yang sangat sensitive lho. Dikarenakan sensitifitasnya, maka akan sangat mudah didatangi oleh bakteri yang bisa berasal dari sentuhan tangan maupun debu.

Nah, hebatnya lagi nih, ternyata eh ternyata bakteri yang telah menempel pada mata hanya dapat dihilangkan dengan bantuan Enzym Lysozyme yang terdapat pada air mata.

Jika dibanding obat tetes mata, kemampuan enzym ini terbilang lebih bagus untuk membunuh bakteri. Nah oleh sebab itulah mengapa menangis itu penting untuk menghindari kamu dari penyakit mata.

6. Ternyata menangis juga memiliki fungsi yang mirip dengan makan permen mint yaitu bisa membuat saluran pernapasan jadi plong

Selain mata, hidung sebagai indra penciuman juga harus tetap lembab karena jika tidak, maka bisa menimbulkan gangguan pernapasan seperti sinusitis. Umumnya sinusitis terjadi oleh karena gangguan pertukaran udara akibat kelembaban hidung tidak stabil.

Kamu jangan pernah anggap enteng penyakit sinusitis ini karena penyembuhannya tidak semudah menyembuhkan flu. Sinusitis berpeluang menimbulkan nyeri pada kepala, membuat warna lendir menjadi hijau, bahkan tidak jarang menimbulkan nyeri pada seluruh wajah yang berujung pada pembengkakan.

Saat menangis, tentu hidung akan berair. Hal ini dapat membuat hidung tetap lembab dan tekanan peradangan dapat berkurang yang berujung pada plong-nya pernafasan kamu.

7. Cara paling murah buat detoksifikasi alias menghilangkan racun berbahaya di dalam tubuh

Seorang ahli kimia bernama William Frey menyebutkan bahwa air mata kesedihan mengandung banyak zat beracun dibanding air mata akibat iritasi. Hal inilah yang menjadi jawaban mengapa menangis dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Saat menangis akibat rasa takut, gelisah, kehilangan, dan sebagainya, racun akan keluar bersama air mata dari dalam tubuh. Dengan demikian, kamu akan mendapati tubuhmu yang terbebas dari racun. Wow, pasti kamu amaze banget dan gak nyangka kan kalau ternyata menangis itu bisa memberikan manfaat positif yang begitu banyak!

Nah, dari ulasan di atas, sekarang pasti kamu jadi tahu kan bahwa menangis itu tidak hanya berkutat soal cengeng dan lemah. Oleh karena itu, jika memang harus menangis, menangislah, tidak perlu ada yang ditahan. Yuk kita nangis bareng-bareng 

Tulis Komentar

Komentar