dalam Kesehatan

Manfaat Tertawa – Siapa yang tidak pernah tertawa? Pastinya tidak ada ya. Siapa pun orangnya pasti pernah tertawa bahkah untuk orang yang paling pemurung sekalipun.

Nah, tahukah kamu bahwa tertawa disebut sebagai obat terbaik? Tertawa memang memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh dan otak. Penasaran dengan apa saja manfaat tertawa? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengaktifkan otak kamu sehingga bisa meningkatkan kemampuan ingatan kamu menjadi lebih baik

Tertawa dapat mengaktifkan area otak sehingga kamu bisa belajar lebih baik dan lebih kreatif. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh sebuah universitas ternama di Amerika bahkan menemukan hubungan antara kemampuan ingatan orang usia lanjut dan humor.

Mereka yang menonton tayangan komedi memiliki skor tes ingatan lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Seiring dengan pertambahan usia, kamu akan semakin sulit untuk belajar dan mengingat, namun dengan tertawa prosesnya akan menjadi jauh lebih mudah.

2. Sering pegal-pegal atau sering nyeri?. Tertawa aja pasti nyerinya akan berkurang

Satu hal lagi yang mungkin belum kamu ketahui mengenai manfaat tertawa yaitu ternya tertawa dapat mengurangi nyeri lho..apalagi jika kamu bisa tertawa terbahak-bahak. Saat kamu tertawa lepas, tubuhmu akan mengeluarkan hormon yang mempengaruhi sinyal nyeri sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Sebuah penelitian di Inggris mengajak responden yang sedang mengalami nyeri untuk menyaksikan tayangan komedi serial “Friends”, “Mr. Bean”, tayangan non humor, dan aksi stand up comedy. Hasilnya, setelah menonton aksi komedian bahkan sampai tertawa terbahak-bahak, para responden merasakan nyerinya berkurang. Percaya apa nggak, but it works!

3. Emang agak aneh sih tapi ternyata tertawa bisa menyembuhkan luka

Sebuah penelitian di Inggris menemukan hubungan antara tertawa dan seseorang yang menderita luka. Dibanding teknologi canggih seperti ultrasound, tertawa terbilang lebih cepat dalam menyembuhkan luka. Mengapa bisa? Karena saat kamu tertawa terpingkal-pingkal, diafragma akan bergerak dan melancarkan aliran darah.

Lebih dari itu, tertawa bisa mengurangi luka akibat sakit hati..meskipun susah banget buat tertawa tapi pasti bisa kalau kamu coba. Percaya deh perasaan dan mood kamu akan merasa jauh lebih baik dengan tertawa!

4. Obat sedih paling mujarab yang sekaligus menjadikan kamu makhluk yang tangguh

Tertawa adalah obat mujarab termurah untuk mengembalikan semangat seseorang yang sedang bersedih. Kesimpulan ini diambil berdasarkan banyak penelitian yang sudah dilakukan.

Dalam Proceedings of the Royal Society B dituliskan bahwa mereka yang menonton tayangan komedi lucu hingga tertawa terpingkal-pingkal lebih mampu untuk menahan sakit serta meredakan kesedihan dibanding mereka yang menonton tayangan drama.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa anak-anak yang menonton kartun komedi lebih mampu menoleransi rasa sakit.

5. Sering was-was, risau, tegang atau khawatir?. Tertawa aja kaliii

Kamu tau gak, ternyata tertawa juga dapat meringankan rasa khawatirmu. Alasannya sederhana, kamu gak mungkin bisa tertawa dan takut dalam waktu yang bersamaan.

Jadi, oleh karena itu tertawa dapat mengurangi rasa takut dan khawatirmu.

6. Tertawa dapat membuat diri kamu ingin bersosialisasi dan tak ingin merasa sendiri

Coba deh kamu ingat-ingat saat kamu menyaksikan tayangan komedi atau membaca cerita komedi yang membuat kamu tertawa sendirian, pasti dalam benak kamu berpikir jika akan lebih seru lagi jika kamu bisa menyaksikannya bersama dengan orang lain. Iya kan?.

Nah, tertawa bisa membuatmu merasa tak ingin sendiri karena selalu ada rasa ingin bersosialisasi dan membagi tawa bersama orang lain.

7. Tertawa dapat membuat jantung kamu menjadi lebih sehat

Saat kamu tertawa, tubuhmu akan melepaskan hormon yang mengurangi hormon penyebab stres. Pelepasan ini membuat tekanan darahmu menurun sehingga jarang banget orang yang gemar tertawa memiliki penyakit darah tinggi. Iya gak?.

Selain itu, khasiat tertawa juga ternyata dapat membuatmu lebih mudah bernapas karena paru-paru menjadi lebih berkembang disaat kamu tertawa.

8. Tertawa adalah obat mujarab termurah bagi tubuh dan pikiran mu untuk menjadi lebih sehat

Semakin banyak kamu tertawa, maka akan semakin sehat tubuh dan pikiranmu. Dulunya tawa hanya akan ada jika terjadi hal yang lucu, ditambah lagi tidak semua orang terlahir dengan selera humor yang tinggi.

Namun hal ini dibantah oleh sebuah penelitian baru yang mengungkapkan bahwa tertawa bisa dilatih setiap hari. Apa pun jenis tertawanya, baik yang spontan, tidak lepas, atau sudah diantisipasi sebelumnya, sama-sama memiliki manfaat sehat.

Oleh karena itu, mulailah untuk rajin tertawa meskipun tidak semua hal yang kamu temui benar-benar lucu. Tertawa saja untuk lelucon yang sudah kamu ketahui, tidak masalah kok yang penting jangan tertawa sendirian di depan umum ya.

Setelah menyimak ulasan di atas, kamu semakin tahu kan bahwa tertawa yang terlihat sepele ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, hiasilah harimu dengan tawa.

Jika kamu merasa masih sulit untuk tertawa, cobalah untuk menceritakan pengalaman memalukanmu kepada sahabat dan bersama-sama menertawakannya, berbagi cerita humor, bergaul dengan mereka yang mudah dan suka tertawa, atau bisa juga memperhatikan anak-anak yang sangat mudah untuk tertawa.

Yuk kita mulai hidup lebih ceria dengan tertawa sebelum tertawa itu dilarang, hehehe.

Tulis Komentar

Komentar