dalam Wisata

Tempat Wisata di Jogja – Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengan bagian selatan, Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan sangat sayang untuk Anda lewatkan. Bahkan pernah salah satu destinasi wisata di Jogja dijadikan sebagai keajaiban dunia dan warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Nah bagi Anda yang sedang berencana liburan, mungkin satu Minggu kedepan ataupun sebulan kedepan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai tujuan wisata Jogja yang wajib untuk Anda kunjungi, dimana saja tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi itu? untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wista Jogja yang wajib Anda kunjungi. Mengapa ? karena di Prambanan Anda bisa menemukan sebuah bagunan candi yang sangat megah dan tinggi. Bahkan bangunan Candi Prambanan merupakan salah satunya bangunan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain itu jika Anda melihat secara mendetail mengenai struktur relief bangunan candi, maka Anda akan mengenal lebih mengenai cerita Ramayana dan Krisnayanan yang sudah tertuang kedalam ukiran relief Candi Prambanan ini. Candi Prambanan berlokasi 17 KM dari pusat kota Jogja. Namun apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa naik bus ataupun jasa angkutan umum dan turun di halte Prambanan. Karena memang untuk menuju Candi Prambanan sangatlah mudah sekali.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal di Yogyakarta, itulah mengapa tempat wisata di Jogja satu ini sangat wajib untuk Anda kunjungi. Berlokasi 25 KM dari selatan Yogyakarta, Pantai Parangtritis memiliki berjuta keindahan dan panorama yang tidak ada duanya. Pantai Parangtritis berada di Samudra Hindia, sehingga pantai ini memiliki ombak yang kuat dan dahsyat. Para wisatawan tidak diperkenankan untuk mandi di Parangtritis, mengingat pantai ini selain memiliki ombak yang cukup kuat. di bagian agar tengah terdapat sebuah palung laut yang mampu menarik para wisatawan yang berenang. akan tetapi walaupun begitu Anda dapat bermain air saja di bibir pantai. Agar Anda mendapatkan pengalaman yang lebih seru, Anda dapat mencoba paralayang atau bermain di bukit pasir yang sering disebut dengan gumuk.

3. Jalan Malioboro

Malioboro merupakan sebuah nama jalan yang berada di Jogja. Walaupun hanya berstatus jalan, akan tetapi disini Anda dapat menemukan berbagai macam destinasi wisata menarik, mulai dari wisata kuliner, belanja, seni dan masih banyak lagi. di siang hari Anda dapat menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan kuliner yang beraneka ragam. Sedangkan pada malam harinya, dijamin Anda tidak akan bisa bergerak, karena pada malam hari banyak sekali para pedagang, wisatawan dan bahkan para seniman jalanan yang berlalu lalang untuk menunjukan aksinya. Yang paling menarik menurut saya di Jalan Malioboro adalah adanya segerombolan orang yang mengenakan kostum hantu. Mulai dari pocong, kuntilanak, zombie, mumi dan sebagainya. Mereka menawarkan untuk foto bersama dengan para pengunjung. Biaya untuk foto itupun bisa Anda berikan secara sukarela.

4. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan kawasan tempat wisata alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang termasuk goa bertipe vertikal dan terdapat sebuah hutan purba di dalamnya. Jika Anda berkunjung ke Goa Jomblang mulai pukul 10-12 siang. Maka Anda akan menyaksikan sebuah fenomena yang sangat menakjubkan, di mana dari atas goa terdapat sebuah pancaran cahaya matahari yang sangat indah. Bahkan saking indahnya cahaya tersebut sering disebut dengan “Cahaya Surga”. Karena keindahan inilah Goa Jomblang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Jogja.

5. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo merupakan salah satu kawasan wisata bermain arung jeram yang berada di Yogyakarta. disini Anda dapat bermain arung jeram dengan bebas dan aman. Karena pada dasarnya kawasan Arung Jeram Citra Elo tidak memiliki arus dan rintangan yang berbahaya. Area ini sangat cocok untuk Anda para pemula. Sebenarnya wisata arung jeram di Jogja tidak hanya berada di Citra Elo saja. masih banyak sekali tempat wisata arung jeram yang ada di Jogja. Akan tetapi kebanyakan kawasan wisata arung jeram selain Citra Elo hanya bisa dimainkan ketika musim hujan tiba saja. sedangkan untuk arung jeram Citra Elo Anda bisa memainkan kapan saja.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan kawasan kerajaan kesultanan Yogyakarta. tempat wisata ini selalu ramai dengan para wisatawan. Kebanyakan wisatawan berasal dari Indonesia asli, akan tetapi tak jarang pula ada turis asing yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta untuk menikmati keindahan bangunan bersejarahnya. Jika Anda ingin berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Anda harus datang lebih pagi. Karena tempat wisata ini hanya dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang saja.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kawasan penangkaran binatang dari berbagai belahan dunia. koleksi binatang yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta ini sangat lengkap sekali. Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan satwa-satwa tersebut. selain berinteraksi dengan binatang, Anda juga bisa memainkan berbagai macam wahana permainan seru seperti kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. untuk bisa masuk kedalam Kebun Binatang Gembira Loka. Anda akan dikenakan tarif karcis sebesar Rp. 25 rb saja.

8. Gunung Merapi

Walaupun terlihat sangat menyeramkan, karena Gunung Merapi kerap sekali mengeluarkan letusannya. Akan tetapi kawasan wisata Gunung Merapi menjadi tempat wisata paling favorit bagi wisatawan, terutama untuk para wisatawan yang suka dengan keindahan alam. Di Objek wisata Gunung Merapi, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit, akan tetapi untuk bisa melihat pemandangan tersebut Anda harus mendaki hingga mencapai puncaknya. Untuk masuk ke kawasan wisata Jogja ini, Anda akan dikenakan biaya Rp 3 rb per orang.

9. Candi Borobudur

Jika Anda sudah berkunjung ke Candi Hindu terbesar di Indonesia yakni Prambanan, maka tidak lengkap rasanya apabila Anda tidak berkunjung ke Candi Budha terbesar di dunia yakni Candi Borobudur. Tempat wisata Jogja satu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, hal tersebut terlihat dari banyaknya para turis atau wisatawan asing yang berkunjung. Untuk bisa sampai di tempat wisata Candi Borobudur, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Tulis Komentar

Komentar