dalam Doa

Amalan Dibulan Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Maka seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan-amalan puasa yang akan digantikan dengan berlipat-lipat ganda kebaikan. Banyak orang yang meninggalkan pekerjaannya untuk fokus ibadah dibulan Ramadhan. Bahkan saking banyaknya pahala orang berpuasa, sampai-sampai tidurnya orang berpuasa pun dapat pahala. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan ini, selagi kita masih dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini, bersemangatlah untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Beruntung jika kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan apalagi jika kita mau mengerjakan amalan-amalan puasa yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Berikut beberapa amalan yang disunnahkan Rasul SAW, diantaranya:

  1. Menyegerakan berbuka puasa
    Sangat dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa, karena di dalamnya terdapat banyak sekali kebaikan. Baik kebaikan dalam ibadah untuk mendapat pahala, maupun kebaikan untuk kesehatan tubuh. berbuka dengan kurma merupakan sunnah Rasul, akan tetapi jika tidak ada kurma, kita bisa menggantinya dengan makanan manis lainnya.
  2. Melaksanakan sahur
    Dalam hal ini membuktikan bahwa agama Islam tidak memberatkan umatnya untuk beribadah. Jika kita melaksanakan sahur, maka kita akan mendapatkan berkah. Selain itu juga dianjurkan untuk mengakhirkan sahur, maksudnya melaksanakan sahur ketika mendekati waktu imsak. Selain sunnah, hal ini juga bertujuan agar kuat untuk menjalankan puasanya.
  3. Membaca Al-Quran
    Al-Quran diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan. Maka tak heran jika Rasul SAW lebih sering membaca Al-Quran di bulan Ramadhan dibanding dengan bulan yang lainnya. dianjurkan untuk membaca Al-Quran di waktu senggang. Buatlah target misalnya satu kali khatam ditambah dengan hapalan surat-sutan tertentu. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan mengisi waktu dengan melakukan kegiatan yang tidak ada gunanya.
  4. Bersedekah
    Perbanyaklah sedekah, maka harta kita akan bertambah. Biasanya di bulan Ramadhan kita melaksanakan Zakat fitrah yang merupakan zakat wajib yang dibayarkan sebelum berakhirnya bulan Ramadhan atau menjelang hari raya. zakat ini wajib bagi seluruh umat islam, baik laki-laki maupun wanita, bahkan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk membersihkan atau mensucikan orang yang berpuasa untuk dibagikan kembali pada orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin dan sebagainya.

Tulis Komentar

Komentar