dalam Doa

Amalan Penghapus Dosa – Manusia adalah mahluk allah yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan allah yang lainnya seperti syetan, jin malaikat bintang hewan tumbuhan dan semua makluk allah yanglainnya, namun dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh manusia menjadikan manusia riskan dengan segala yang dilarang allah, manusia pada umumnya cenderung ingin melakukan apa yang dilarang karena merasa penasaran yang sangat.

Selain itu manusia jmemiliki hawanafsu yang cenderung membawa manusia pada kesesatan yang nyata selain itu manusia sering bujuk rayu syetan yang menghembuskan kesenangan pada hati manusia, sehingga manusia jatuh terpuruk dalam keadaan yang sesat dan melakukan dosa dosa baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

Oleh karena itu allah swt memberrukhsah atau keringanan pada setiap hambanya yang melakukan dosa dengan jaminan akan dihapus segala dosa yang dilakukannya jika manusia melakukan kebaikan yang hakiki tidak diikuti dengan ingin dipuja dipuji oleh manusia yang lainnya maka jmainan allah akan dating dengan menghapus semua dosa yang pernah dilakukannya.

Amalan Penghapus Dosa

Amalan amalan yang bisa menghapus dosa banyak sekali, berikut penulis menulikan tiga macam amalan yang dapat menghapus dosa.

Pertama

Yang pertama menunggu shalat setelah shalat maksudnya setelah melaksanakan shalat yang pertama seharusnya menunggu waktu shalat yang ke dua datang dengan penuh kekhusuan dalm menunggu dengan cara menunggu yang diisi dengan amalan amalan ibadah yang di ridhai oleh allah swt. Seperti melakukan amalan shalat sunnat rawatib non rawatib membaca kalam ilahi al-qur’anul karim, menghapal asmaulhusna membaca salawat dan amalan yang baik lainnya.

Kedua

Yang kedua amalan yang bisa menghapus dosa- adalah menyempurnakan wudhu dalam keadaan dingin, wudhu adalah thaharoh atau bersuci dan mensucikan dari hadas kecil, seperti bersalaman dengan lawan jenis yang bukan muhrim, kentuk, buang air besar dan sebagianya, ini bisa terhapus dengan kita melakukan wudhu, namun ketika dalam cuaca dingin yang sangat, manusia muslim sering kali tidak menyempurnakan wudhunya dikarenakan merasakan air yang sangat dingin menusuk lapisan kulit luar, sehingga wudhunya cenderung asal-asalan saja.

Ketiga

Yang ketiga amalan yang bisa menghapus dosa, melakukan perjalanan dengan niat untuk mengikuti shalat bberjamaah, amalan ini besar sekali pahalanya karena setiap langkah yang dilangkahkan oleh kaki menuju shalat berjamaah akan menghapus satu dosa yang dilakukan manusia, coba bayangkan jika kita mempunya seratus dosa maka seratus langah menuju shalat berjamaah akan menghapusnya, alhamdulilah, semoga pembaca menjadi dan penulis menjadi orang yang pertama dalam melakukan tiga hal yang dapat menghapus dosa ini, amin yarabbal alamin…

Tulis Komentar

Komentar