Apa itu Aplikasi Pihak Ketiga?

5/5 (1)

Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang yang bukan produsen perangkat tempat aplikasi dijalankan atau pemilik situs web yang menawarkannya. Aplikasi pihak ketiga dapat disambut atau dilarang oleh perangkat atau kepemilikan situs web.

Misalnya, aplikasi web browser Safari yang hadir di iPhone Sobat adalah aplikasi asli buatan Apple, tetapi App Store berisi aplikasi peramban web lain yang disetujui Apple untuk digunakan di iPhone tetapi tidak berkembang. Aplikasi tersebut adalah aplikasi pihak ketiga. Facebook mengizinkan beberapa aplikasi yang tidak berkembang berfungsi di situs media sosialnya. Mereka adalah aplikasi pihak ketiga.

Apa itu Aplikasi Pihak Ketiga

Jenis-jenis Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa situasi yang berbeda di mana Sobat dapat menemukan istilah “aplikasi pihak ketiga.”

  • Aplikasi yang dibuat untuk toko aplikasi resmi oleh vendor selain Google (Google Play Store) atau Apple (App Store Apple) dan yang mengikuti kriteria pengembangan yang diperlukan oleh app store tersebut adalah aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang disetujui oleh pengembang untuk layanan seperti Facebook atau Snapchat dianggap sebagai aplikasi pihak ketiga. Jika Facebook atau Snapchat mengembangkan aplikasi, maka itu adalah aplikasi asli.
  • Aplikasi yang ditawarkan melalui toko aplikasi atau situs web pihak ketiga tidak resmi yang dibuat oleh pihak yang tidak berafiliasi dengan perangkat atau sistem operasi juga merupakan aplikasi pihak ketiga. Semua aplikasi yang disediakan di toko-toko ini adalah aplikasi pihak ketiga. Gunakan hati-hati saat mengunduh aplikasi dari sumber apa pun, terutama toko atau situs web aplikasi tidak resmi, untuk menghindari perangkat lunak perusak.
  • Aplikasi yang terhubung dengan layanan lain (atau aplikasinya) untuk menyediakan fitur yang disempurnakan atau mengakses informasi profil adalah aplikasi pihak ketiga. Contohnya adalah Quizzstar, aplikasi kuis pihak ketiga yang memerlukan izin untuk mengakses bagian tertentu dari profil Facebook Sobat . Jenis aplikasi pihak ketiga ini tidak diunduh, tetapi diberikan akses ke informasi yang berpotensi sensitif melalui koneksi ke layanan atau aplikasi lain.

Bagaimana Aplikasi Asli Berbeda dari Aplikasi Pihak Ketiga

Saat membahas aplikasi pihak ketiga, istilah aplikasi asli dapat muncul. Aplikasi asli adalah aplikasi yang dibuat dan didistribusikan oleh produsen perangkat atau pembuat perangkat lunak. Beberapa contoh aplikasi asli untuk iPhone adalah iTunes, Message, dan iBooks.

Apa yang membuat aplikasi ini asli adalah bahwa aplikasi dibuat oleh pabrikan untuk perangkat pabrikan itu, sering kali menggunakan kode sumber proprietary. Misalnya, ketika Apple membuat aplikasi untuk perangkat Apple – seperti iPhone – ini disebut sebagai aplikasi asli. Untuk perangkat Android, karena Google adalah pencipta sistem operasi seluler Android, contoh aplikasi asli termasuk versi seluler dari salah satu aplikasi Google, seperti Gmail, Google Drive, dan Google Chrome.

Hanya karena aplikasi adalah aplikasi asli untuk satu jenis perangkat, itu tidak berarti tidak ada versi aplikasi yang tersedia untuk jenis perangkat lain. Misalnya, sebagian besar aplikasi Google memiliki versi yang berfungsi di iPhone dan iPad yang ditawarkan melalui App Store Apple. Itu dianggap aplikasi pihak ketiga di perangkat iOS.

Kenapa Beberapa Layanan Mencekal Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa layanan atau aplikasi melarang penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk alasan keamanan. Setiap kali aplikasi pihak ketiga mengakses profil Sobat atau informasi lain dari akun Sobat , ini menghadirkan risiko keamanan. Informasi tentang akun atau profil Sobat dapat digunakan untuk meretas atau menggandakan akun Sobat . Dalam kasus anak di bawah umur, itu dapat mengekspos foto dan detail tentang remaja dan anak-anak kepada orang yang berpotensi membahayakan.

Dalam contoh kuis Facebook, sampai Sobat masuk ke pengaturan akun Facebook dan mengubah izin aplikasi, aplikasi kuis tersebut dapat mengakses detail profil yang Sobat berikan izin untuk mengaksesnya lama setelah Sobat berhenti menggunakan aplikasi. Ini dapat terus mengumpulkan dan menyimpan detail dari profil Sobat – detail yang mungkin merupakan risiko keamanan untuk akun Facebook Sobat .

Agar jelas, menggunakan aplikasi pihak ketiga tidak ilegal. Namun, jika persyaratan penggunaan untuk layanan atau aplikasi menyatakan bahwa aplikasi pihak ketiga tidak diizinkan, mencoba menggunakan salah satu untuk terhubung ke layanan tersebut dapat menyebabkan akun Sobat dikunci atau dinonaktifkan.

Siapa yang Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Tau nggak sih Sobat juga menrupakan pengguna aplikasi pihak ketiga, Ini karena banyak aplikasi pihak ketiga yang sangat berguna. Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang membantu mengelola beberapa akun media sosial pada saat yang sama, seperti Hootsuite atau Buffer. Sobat mungkin mengelola rekening bank Sobat di perangkat seluler Sobat , menghitung kalori, atau mengaktifkan kamera keamanan rumah melalui aplikasi pihak ketiga.

Buka layar menu aplikasi Sobat di smartphone Sobat dan gulir melalui aplikasi yang Sobat unduh. Apakah Sobat memiliki game, media sosial, atau aplikasi belanja? Kemungkinannya baik mereka adalah aplikasi pihak ketiga.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *