Apa itu Pengertian e-Government

5/5 (2)
Apa itu e-Government

Apa itu e-Government

e Govenment menjadi sangat populer sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikas (information and commnication tedmolegy ICT). Berbagai di belahan dunia berlomba mengimplemen auikan e-Government dengan strategi yang disesuaikan dengan kodisi sosial politik serta geografisnya masing-masing negara, yang tujuan akhirnya diharapkan mening tujuan akhirnya diharapkan mening katkan kualitas kinerja pemerintahan terutama dalam lingkup pelayanan masyarakat sehingga dapat bermanfaat bagi segenap warga negaranya. Di Indonesia, topik ini menjadi populer setelah dikaitkan dengan otonomi daerah.

Baca juga : Manfaat e-Government

Arti e-Government

e-Government menurut The World Bank Group

e-Government berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi (seperti wide area neork Internet dan mobile computing) oleh organisasi pemerintahan yang mempunyai kemampuan membentuk hubungan dengan warga negara, bisnis dan organisasi lain dalam pemerintahan

Arti lain (Zweers and Planque, 2001)

Berhubungan dengan penyediaan informasi, layanan atau produk yang disiapkan secara elektronis denigan dan oleh pemerintah, tidak terbatas temmpa dan waktu, menawarkan nilai lebih unruk petiupasi pada semua kalangan Pads intinys, Government adalah penggunan ICT stnu√° meningkarkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Penggunaan ICT ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru, seperti G2C (government to Citizen), G2B (government to Bussiness) dan G2Glinter-agency relationship)

Suka artikel ini?

1 komentar untuk “Apa itu Pengertian e-Government”

  1. Ping-kembali: Peranan ICT pada Sektor Publik dan Private

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 7 =