dalam Bisnis, Ideas

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Wirausahawan? – Istilah wirausahawan atau entrepreneur, akhir-akhir ini sangat akrab di telinga kita kan sob. Jika dahulu kebanyakan orang dewasa yang berwirausaha, saat ini sudah banyak entrepreneur-enterpreneur muda yang bermunculan. Bahkan mungkin, teman-teman kamu termasuk diantaranya.

Bisa jadi, kamu juga ingin menjadi entrepreneur seperti mereka, iya kan?. Hanya saja, seperti kebanyakan orang, kamu terkendala modal. Tentu saja modal yang dimaksud di sini adalah uang. Memang, modal seringkali dianggap faktor utama untuk memulai usaha. Tetapi tahukah kamu ada hal lain yang dibutuhkan selain modal?

1. Niat

Mungkin kedengarannya sepele. Alah… niat aja sih, gampang! Eit… niat itu gak main-main, loh. Kamu harus menanamkannya dalam hati kalau kamu benar-benar ingin serius berwirausaha. Tanpa ada niat, dijamin usahamu gak akan berjalan lama!. Percaya deh!

2. Passion

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, hal yang perlu kamu miliki adalah passion terhadap usaha kamu sendiri. Passion adalah gabungan dari kenikmatan dan perasaan. Logikanya, saat kamu melakukan sesuatu dengan passion, kamu akan menjalaninya dengan nyaman, tanpa beban.

Jika sekarang kamu merasa belum mendapatkan passion-nya, coba deh cari tahu lebih dulu. Gampangnya, mulai pilih jenis usaha yang sesuai dengan kegemaran. Dengan menjalankan usaha yang berkaitan dengan hobi sendiri, mungkin kamu gak akan ngerasa kalau lagi berbisnis. Tahu-tahu, udah dapat laba. Asik, kan?!

3. Keberanian

Bicara entrepreneur, tentu gak akan lepas dari nyali. Banyak hal yang harus kamu tanggung saat menjalankan bisnis sendiri. Berbeda dengan menjadi karyawan. Mungkin kamu akan dipusingkan dengan deadline tugas, dimarahi atasan, dsb.

Tetapi setiap bulan, kamu akan digaji, tanpa perlu memikirkan omzet perusahaan. Kebalikan dari itu, menjadi entrepreneur, berarti kamu bertanggung jawab atas segalanya. Bahkan sejak saat pertama kali berencana memulai bisnis, keberanian sudah harus dimiliki. Keberanian untuk menjadi sukses, atau bahkan sebaliknya.

4. Visi & Misi

Gak mau kan, bisnismu gitu-gitu aja? Pasti ada saat dimana kamu ingin bisnismu berkembang. Nah, agar hal itu terjadi, kamu butuh memiliki visi dan misi atas usahamu. Akan lebih baik, jika visi dan misi itu sudah ada sejak awal.

Ibarat naik taksi, harus ada tujuan untuk bisa sampai. Kalau tidak jelas tujuannya, pasti cuma muter-muter aja, kan? So, dari sekarang mulai deh pikirkan apa tujuan bisnis kamu, mau dijadikan apa bisnismu ke depannya dan sebagainya.

5. Mental

Hal yang paling penting untuk berwirausaha adalah mental. Yup, dari semuanya, yang paling kamu butuhkan adalah mental pengusaha. Mungkin dari luar, menjadi entrepreneur terlihat menyenangkan, memiliki banyak waktu luang, bebas mengatur sesuai kemauan, tidak terikat jam kerja, tetapi… hey, tidak sesederhana itu! Akan banyak hal berat yang menantimu di depan.

Semua itu hanya bisa dihadapi jika kamu memiliki mental baja, mental tahan banting. Kalau tidak, usahamu akan berakhir di tengah jalan.

Kira-kira itulah hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan. Tidak mudah memang, tetapi mengutip kata-kata Alm. Bob Sadino, ‘usaha yang paling sulit adalah usaha yang tidak dilakukan’. So, jika kamu sudah punya keinginan untuk berwirausaha, just do it!

Tulis Komentar

Komentar