Apakah Kecepatan Internet Anda Sudah Memuaskan?

4.5/5 (2)
kecepatan internet

Tidak semua orang memiliki kecepatan internet yang sama, tetapi tidak semua orang dapat membeli kecepatan internet yang sama. Tiga kontributor utama kecepatan jaringan apa pun adalah di mana Anda berada, apa yang Anda bayar, dan bagaimana Anda menggunakan internet.

Indonesia tidak memiliki kecepatan internet yang sama di setiap provinsi bagian dan penyedia. Pelanggan dalam kota biasanya memilih di berbagai penyedia layanan internet sementara pengguna pedesaan hanya terjebak dengan satu atau dua opsi.

Area lain di mana kecepatan internet dapat diukur adalah untuk pengguna seluler. Sebagian besar penyedia ponsel menawarkan paket data bagi pelanggan untuk mengakses internet saat bepergian, dan kecepatan yang Anda berikan tergantung di mana Anda berada saat Anda mengakses jaringan seluler dan jenis perangkat yang Anda gunakan.

Jika setelah menguji kecepatan internet Anda ternyata lebih lambat dari yang Anda bayarkan, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membuat koneksi lebih cepat. Namun, kecepatan jaringan apa pun hanya dapat secepat apa yang diberikan penyedia layanan internet (ISP).

Menentukan Kecepatan Internet Normal

Tidak mungkin untuk memasukkan nomor pada apa yang dianggap sebagai kecepatan normal koneksi internet jaringan. Semua orang membayar untuk kecepatan yang berbeda dan menggunakan perangkat yang berbeda, di jaringan yang berbeda, untuk mengakses internet.

Namun, adalah mungkin untuk menentukan definisi spesifik Anda tentang normal dengan menguji seberapa cepat koneksi yang Anda miliki dan membandingkannya dengan kecepatan yang seharusnya Anda peroleh.

Dengan itu, jauh lebih umum untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat pada koneksi kabel daripada nirkabel. Misalnya, ponsel Anda mungkin tidak dapat melakukan streaming film saat berkemah secepat di rumah. Demikian pula, jika Anda tinggal di pinggiran kota yang lebih besar dan mengandalkan satelit untuk internet, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan kecepatan cepat yang sama dengan orang-orang di kota.

Kecepatan Internet Seluler Rata-rata

Kecepatan koneksi rata-rata untuk ponsel berkisar antara 14 Mbps hingga 34 Mbps tergantung pada kondisi tempat Anda tinggal, usia ponsel Anda, dan apakah peralatan Anda mendukung standar 4G LTE.

Semua penyedia seluler besar menunjukkan kecepatan yang agak lambat di daerah pedesaan, tidak diragukan lagi karena 80 persen populasi tinggal di daerah perkotaan. Dalam kebanyakan kasus, perbedaan kecepatan kurang dari 10 persen.

Namun, ini adalah rata-rata; beberapa pengguna mengalami kecepatan lebih cepat dan beberapa kecepatan lebih lambat.

Pada tahun 2018, Wyoming memiliki kecepatan internet seluler rata-rata paling lambat dan Washington, D.C., memiliki tercepat.

Kecepatan Broadband Rata-Rata

Kabel broadband modern, serat, dan jaringan DSL terus meningkatkan kecepatan internet mereka.

Pada tahun 2018, XFINITY Comcast menjanjikan kecepatan hingga 2 Gbps, sementara AT&T menawarkan kecepatan 1 Gbps untuk pelanggan.

Biasanya, kecuali Anda menggunakan salah satu layanan ini, Anda dapat melihat kecepatan pengunduhan dalam kisaran 50 Mbps hingga 150 Mbps, dengan kecepatan unggah yang lebih lambat.

Cara Menguji Kecepatan Koneksi Internet

Mencari tahu seberapa cepat koneksi internet yang Anda miliki cukup adil. Ada banyak situs uji kecepatan internet yang akan melakukannya untuk Anda dalam hitungan menit, seperti Speedtest dan SpeedOf.Me.

Satu menangkap adalah bahwa Anda harus memastikan Anda melakukan tes kecepatan terhadap ISP Anda sendiri. Misalnya, bahkan jika Anda tidak berlangganan paket internet Comcast, Anda masih dapat menguji kecepatan internet Anda dengan uji kecepatan Comcast untuk hasil yang agak akurat. Namun, jika Anda berencana untuk berdebat dengan ISP tentang mengapa Anda memiliki internet yang lambat, Anda harus menggunakan tes kecepatan yang mereka setujui.

Jika Anda tidak dapat menemukan ISP Anda sendiri dalam daftar situs tes kecepatan di atas, hubungi penyedia layanan internet Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin menguji kecepatan internet Anda. Ada kemungkinan besar mereka memiliki tes kecepatan yang dapat Anda lakukan untuk melihat secara langsung apakah Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Namun, penting untuk diingat bahwa ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan jaringan. Anda bisa saja mendapatkan persis apa yang Anda bayar tetapi tidak sepenuhnya menyadarinya karena jaringan Anda terlalu banyak bekerja. Ada lebih banyak tentang itu di bawah ini.

Cara Mendapatkan Internet Lebih Cepat

Jika kecepatan internet Anda tampaknya kurang dari maksimum teoritis yang ditetapkan oleh ISP Anda, pertimbangkan semua variabel yang berbeda yang berperan.

Berikut adalah beberapa skenario yang lebih umum yang dapat berkontribusi untuk memperlambat internet:

  • Kemacetan jaringan: Jika Anda berbagi jaringan dengan pengguna lain, khususnya yang bermain game online, streaming Netflix dan YouTube, menyiarkan video langsung, dan mengunduh banyak program perangkat lunak besar, Anda akan mengalami pelambatan.
    • Mintalah pengguna lain menjeda unduhan, aliran, atau unggahan mereka, atau minta mereka memasang aplikasi dengan kontrol bandwidth. Semakin sedikit bandwidth yang terbagi antara semua pengguna, semakin banyak bandwidth yang dimiliki masing-masing pengguna, yang diterjemahkan menjadi internet yang lebih cepat untuk semua orang.
  • Lokasi dan jarak Anda dari server: Khususnya untuk orang-orang di pengaturan pedesaan, semakin jauh jarak sinyal, semakin banyak data Anda mengenai kemacetan di banyak lompatan untuk mencapai perangkat Anda.
    • Jika Anda bermain game atau streaming film, alihkan ke server yang lebih dekat (jika itu pilihan).
  • Perangkat Keras: Ratusan perangkat keras menghubungkan Anda ke web, termasuk konektor jaringan, router dan modem Anda, banyak server, dan banyak kabel. Juga, koneksi nirkabel harus bersaing dengan sinyal lain di udara.
    • Periksa koneksi yang Anda dapat di jaringan Anda (router, kabel, dll.) Untuk memastikan mereka terpasang dengan benar. Ganti router atau modem jika terlalu lama untuk berkinerja baik. Ubah nomor saluran router nirkabel Anda untuk menghindari gangguan.
  • Waktu: Seperti jalan pada jam sibuk, internet memiliki waktu puncak untuk lalu lintas yang berkontribusi terhadap kecepatan yang melambat.
    • Tunda streaming dan unduh hingga keluar jam seperti pada hari Senin hingga Jumat.
  • Pembatasan selektif: Beberapa ISP menganalisis data, dan dengan sengaja memperlambat tipe data tertentu. Sebagai contoh, banyak koneksi batas ISP yang mengunduh film atau akan menurunkan segalanya jika Anda mengkonsumsi lebih dari penjatahan bulanan Anda.
    • Gunakan penyedia VPN untuk mengaburkan data Anda sehingga ISP tidak dapat mendeteksi kebiasaan Anda dan membatasi bandwidth Anda.
  • Perangkat Lunak: Anda mungkin tanpa sengaja menjalankan malware atau aplikasi intensif bandwidth yang merampas kecepatan internet Anda.
    • Matikan aplikasi pemogokan bandwidth dan / atau pindai malware.

Jika setelah memenuhi semua solusi di atas, internet Anda masih lebih lambat dari yang Anda kira seharusnya, satu-satunya pilihan Anda adalah meningkatkan. Anda bisa mendapatkan internet lebih cepat dengan menghubungi ISP Anda dan meminta tingkat berikutnya dalam rencana mereka (jika ada).

Baca juga : jasa seo jogja

Namun, sebelum meningkatkan layanan internet Anda, lakukan satu tes kecepatan terakhir dengan mempertimbangkan semua hal di atas. Pertahankan aktivitas jaringan seminimal mungkin, beralih hanya ke kabel, dll., Dan jika kecepatannya dalam 5 hingga 15 persen dari kecepatan yang dijanjikan layanan (yang normal), peningkatan mungkin satu-satunya solusi Anda.

Di sisi lain, jika Anda membayar untuk koneksi 150 Mbps, dan Anda mendapatkan 44 Mbps, itu mungkin tampak seperti waktu yang tepat untuk peningkatan, tetapi Anda harus terlebih dahulu menghubungi penyedia layanan Anda untuk mengaudit koneksi Anda. Jika mereka keliru mengubah Anda pada kecepatan yang lebih lambat, penyedia harus memberi Anda apa yang Anda bayar atau kredit Anda biaya kembali.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *