dalam Beauty, Kesehatan

Bagaimana Cara Merawat Rambut Rusak?

Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, oleh karenanya keindahan dan kesehatan rambut selalu dijaga oleh para kaum hawa ini. Mereka berlomba-lomba ke salon untuk sekedar melakukan perawatan rambut atau menata rambut agar tampil cantik dan selalu rapi. Namun, bagaimana jika rambut yang menjadi kebanggaan kaum hawa ini rusak?

Cara merawat rambut rusak sangat beragam, mulai dari memperbaiki beberapa kebiasaan kita hingga melakukan perawatan rambut secara khusus. Rambut rusak dapat dikarenakan oleh beberapa sebab, diantaranya karena kita salah menggunakan produk sampo atau terlalu sering melakukan pewarnaan rambut dan menggunakan hairdryer.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab rambut rusak tadi, maka dapat langsung Anda minimalisir penyebabnya untuk mengurangi kerusakan rambut. Cara merawat rambut rusak dan rontok dapat pula dilakukan dengan beberapa cara seperti yang berada di bawah ini.

Cara Merawat Rambut Rusak

Minyak rambut

Kebanyakan orang enggan menggunakan minyak rambut, karena terkesan kuno dan juga dapat membuat penampilan menjadi tidak maksimal karena rambut yang berminyak.

Namun, anggapan ini harus segera Anda tepiskan bagi yang memiliki masalah kerusakan rambut. Minyak rambut menjadi salah satu cara merawat rambut rusak. Rambut rusak dapat dikarenakan kandungan alami minyak dalam rambut berkurang sehingga rambut menjadi kering dan kusam.

Coba gunakan minyak rambut yang alami tanpa bahan kimia seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Bahkan orang tua jaman dulu sering membuat minyak rambut dari kelapa dan digunakan sebagai minyak yang menutrisi rambut.

Hindari merawat rambut yang tidak benar

Menyisir rambut saat masih basah, menggosok terlalu keras menggunakan handuk, terlalu sering menggunakan pengering rambut merupakan hal-hal yang kita lakukan sendiri namun dapat membuat kerusakan rambut.

Hal ini juga dapat terjadi karena kita membuat keputusan yang kurang benar dengan rambut kita seperti melakukan rebonding. Beberapa orang mengalami masalah kerusakan rambut setelah rebonding sehingga Anda membutuhkan cara merawat rambut rusak karena rebonding.

Baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut untuk cara merawat rambut rusak, saat rambut masih dalam keadaan basah maka gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisirnya. Minimalisir melakukan pelurusan rambut dan pewarnaan rambut.

Baca juga : Cara mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Merawat Rambut Rusak Dengan Bahan Alami

Lidah Buaya

Cobalah merawat rambut rusak dengan cara merawat rambut rusak secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Salah satunya menggunakan lidah buaya, cukup sediakan beberapa buah lidah buaya dan pisahkan antara kulit dengan bagian tengahnya, tambahkan sedikit perasan lemon kurang lebih sebanyak satu sendok makan.

Hancurkan campuran tadi hingga benar-benar halus dan gunakan sebagai masker rambut secara merata. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih menggunakan sampo. Cara merawat rambut rusak ini dapat memberikan hasil yang maksimal saat Anda melakukannya secara rutin.

Alpukat

Masker alami berikutnya adalah masker alpukat, bahan alami yang berada di sekitar Anda ini dapat menjadi masker yang membantu mengatasi masalah kerusakan rambut.

Siapkan satu buah alpukat yang sudah matang dan tambahkan dengan kuning telur, aduk hingga kedua bahan ini merata dan benar-benar lembut. Tambahkan satu sendok makan santan murni dan kocok hingga merata, gunakan masker rambut ini pada bagian rambut saja tidak sampai pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rusak berikutnya adalah dengan membungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan beberapa saat kemudian baru bilas hingga bersih.


Untuk merawat rambut Anda yang rusak rupanya banyak sekali caranya, dapat kita mulai dengan mengubah beberapa kebiasaan Anda sehari hari dan menutrisi rambut baik dari luar maupun dari dalam.

Demikian beberapa cara merawat rambut rusak yang dapat kita berikan, semoga cara-cara ini dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencobanya di rumah.

Tulis Komentar

Komentar