dalam Kesehatan, Keselamatan

Minum susu dan mengkonsumsi produk susu sejak usia dini mungkin menghasilkan usia yang lebih panjang, demikian hasil satu studi baru.

Beberapa peneliti di Inggris dan Australia mengatakan di antara orang yang mereka teliti, konsumsi makanan yang kaya akan kalsium memainkan bagian penting dalam perlindungan terhadap stroke dan penyebab lain kematian.

Para peneliti tersebut mengikuti perjalanan hidup 4.374 anak di Inggris yang telah ikut dalam studi tahun 1930-an dan mendapati bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan susu biasanya lebih sehat.

Baca juga: Musik Mozart Bermanfaat Bagi Bayi Pradini

Studi itu memperlihatkan bahwa konsumsi susu harian sebanyak 300 miligram, yang berisi sebanyak 400 miligram kalsium, dapat mengurangi kemungkinan meninggal akibat stroke sebanyak 60 persen.

Para peneliti tersebut mengatakan kendati produk susu memiliki kandungan kolesterol tinggi, banyak mengkonsumsi susu tak membawa kepada peningkatan resiko sakit jantung.

Dan juga ada bukti yang memperlihatkan makanan berkalsium tinggi baik bagi tekanan darah manusia.

Studi itu dilakukan oleh para peneliti dari University of Bristol, Inggris, dan Queensland Institute of Medical Research, Australia, yang mengatakan bahwa hormon yang disebut Faktor Pertumbuhan 1 (IGF-1), yang mirip Insulin, mungkin menjadi faktor yang mempengaruhi peredaran darah dan jantung.

Meskipun studi itu telah mengungkapkan beberapa aspek positif mengenai konsumsi produk susu, Stroke Association di Inggris menyatakan bahwa studi lebih lanjut perlu dilakukan.

Selain menasehati setiap orang agar mengkonsumsi makanan yang seimbang, kaya akan buah dan sayuran, dan rendah akan asam jenuh, gula serta garam.

Perhimpunan itu juga menganjurkan dipilihnya produk susu yang rendah lemak guna mengurangi asupan lemak jenuh.

Para penulis studi tersebut juga telah mengingatkan mengenai temuan itu dan menyatakan tingkat penghasilan dan pekerjaan juga mungkin menjadi salah satu faktor. (Rni/Ant)

Tulis Komentar

Komentar