dalam Doa

Bulan ramadhan adalah bulan penuh keutamaan dan ampunan dari Alloh swt. Orang yang berpuasa di bulan ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridho Alloh ibarat seekor ulat bulu yang tidak menarik bahkan dibenci, kemudian bermotamorfosa menjadi kupu-kupu yang cantik dan dicintai oleh semua orang. Banyak keutamaan yang terjadi di bulan ramadhan, hal ini harus betul-betul dimanfaatkan oleh semua umat muslim untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Alloh swt. Beberapa keutamaan tersebut diantaranya :

Pertama

Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an. Salah satu keistimewaan dari bulan suci ke-9 dalam penanggalan hijriah ini adalah diturunkannya kitab suci umat Islam dari lauh mahfudz ke dunia. Kemudian diturunkan pula secara berangsur-angsur melalui perantara malaikan Jibril kepada Baginda Nabi Muhammad saw pada tanggal 17 ramadhan di Gua Hira. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala dalam surat AlBaqoroh ayat 185 yang artinya : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Kedua

Amal sholeh akan dilipat gandakan. Pada bulan ramadhan ini Alloh melipatgandakan semua amalan yang dilakukan oleh orang yang menjalankan puasa di bulan ramadhan. Diamnya orang yang berpuasa dinilai sebagai amalan dzikir, tidurnya orang puasa diberi pahala ibadah, ibadah sunnah yang dilakukannya diberi pahala seperti ibadah wajib di bulan lainnya, dan ibadah wajib diberi pahala 70 kali lipat dari ibadah wajib yang dilakukan di bulan lainnya. Selain itu sedekah yang paling baik adalah memberi sedekah di bulan Ramadhan.

Ketiga

Bulan ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Dalam bulan ramadhan terdapat satu waktu yang nilainya sama seperti ibadah selama seribu bulan. Setiap orang mendapat kesempatan untuk kembali ke jalan yang benar dan mendapatkan keberkahan yang nilainya sama seperti seribu bulan. Pada bulan ini pintu-pintu surge dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaitan-syaitan dibelenggu, dan orang yang berpuasa akan mendapatkan satu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan.

Tulis Komentar

Komentar