dalam Memasak

Daging yang alot membuat hidangan yang disajikan terasa sulit untuk diiris, digigit, maupun dikunyah. Kerasnya serat otot dalam daging merupakan penyebab utama yang membuat daging terasa sulit dikunyah. Dahulu ibu sering memakai daun pepaya untuk melembutkan daging dengan cara membungkusnya dan di biarkan beberapa saat baru diolah.

Tetapi sekarang daging yang alot dapat dibuat lebih empuk dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan :

1. Kulit pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang sanggup mengubah protein ke dalam bentuk molekul air.

Caranya, kupas kulit papaya dan tambahkan ¼ sendok makan garam untuk setiap 2 sendok makan kulit pepaya yang akan Anda gunakan.

Tumbuk kulit pepaya dan garam hingga lengket. Adonan ini dapat Anda gunakan sebagai pelembut daging dengan cara mengoleskannya ke atas daging.

2. Cuka

Jika Anda menggunakan daging untuk sup , tambahkan 1 sendok makan cuka ke dalam rebusan air saat daging telah siap dimasak.

Cuka juga berguna untuk melembutkan daging di hidangan steak. Tambahkan 1 sendok makan cuka ke dalam air saat memanggang steak.

Rasa kecut pada cuka memang akan sedikit terasa, tapi akan membuat daging terasa lembut dan mudah dikunyah.

3. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang menjadi pelembut daging nomor wahid. Dengan protein enzim yang dimilikinya, serat-serat dalam daging menjadi lebih lembut.

Pelembut daging ini berasal dari batang nanas yang kaya akan bromelain.

dari Berbagai Sumber

Tulis Komentar

Komentar