dalam Beauty, Kesehatan

Bibir yang selalu kering dan pecah-pecah, selain menyakitkan, juga sangat mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan oleh berbagai macam faktor serta bisa menjadi gejala bahwa Anda mengidap penyakit tertentu. Apabila Anda mengalaminya, coba tips-tips berikut ini untuk meringankannya.

Mengenali gejalanya

Gejala dari bibir yang kering dan pecah-pecah atau tidak sehat sebetulnya gampang saja. Beberapa tandanya adalah bibir terasa sakit pada saat tersenyum atau saat menjilat atau membasahi bibir. Tanda lainnya adalah bibir Anda mengelupas dan berdarah.

Mengetahui penyebabnya

Ada banyak sekali penyebab dari bibir pecah-pecah ini. Beberapa di antaranya adalah perubahan cuaca, dehidrasi, kekurangan vitamin, terkena sianr matahari dan masih banyak lagi. Reaksi alergi, pada gangguan kulit serta makanan yang sangat pedas juga bisa menjadi penyebabnya.


Apabila Anda mempunyai ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya jika Anda memeriksakan diri Anda ke dokter sebab hal tersebut bisa menjadi pertanda dari penyakit yang lumayan berbahaya seperti PMS atau penyakit menular s*ksual dan diabetes.

Beberapa hal di atas adalah cara untuk mengenali gejala bibir yang pecah-pecah. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah?

Minum banyak air putih

Minum air putih sebanyak 8-10 gelas perhari, jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, hal itu akan sangat nampak darik bibir Anda yang menjadi kering dan pecah-pecah.

Aplikasikan pelembab

Pelembab di sini bisa berupa lipstick, lidah buaya, Vitamin E, lip balm atau pelembab bibir itu sendiri. selain itu cara lainnya bisa dengan mengaplikasikan parutan timun di bibir Anda setiap hari selama kurang lebih 10 menit. Minyak zaitun, minyak kelapa almond dan segala macam minyak bisa dipakai untuk hal ini.

Mengatur pola makan

Untuk menjaga bibir supaya tidak kering dan pecah-pecah, Anda juga mengatur pola makan yang sehat. Sebagai penunjang, Anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan atau vitamin.

Baca juga: Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami dan Cepat

Memilih pasta gigi

Beberapa orang mempunyai alergi terhadap pasta gigi yang berflouride. Hal yang muncul biasanya bibir kering ini dan juga iritasi.

Dengan langkah di atas, sekarang ini Anda siap untuk tampil percaya diri dengan bibir yang sehat dan indah. Selamat mencoba!

Tulis Komentar

Komentar