dalam Sekolah

Cara Beradaptasi di Belanda – Studi di Belanda, siapa yang tidak mau? Negara empat musim ini mempunyai reputasi pendidikan berkualitas. Mahasiswa yang kuliah di sana akan mendapatkan skill lengkap, dengan fasilitas yang komplit, dosen yang pintar mengajar, dan juga referensi yang banyak. Namun belajar di negeri orang juga membawa kesulitan sendiri, terutama dalam soal adaptasi.

Bila berpikir untuk kuliah di Belanda, Anda perlu tahu bahwa setiap mahasiswa asing biasanya mengalami 4 “fase” adaptasi di sini. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Fase honeymoon

Masa awal Anda datang ke negeri ini. Rasanya menyenangkan dan sangat exciting. Ada hal-hal baru dan semua terasa indah.

2. Fase benci

Masuk ke fase kedua, kesulitan mulai bermunculan. Tugas menumpuk, cuaca dingin, rindu rumah, dll. Tahap yang berat dan tidak semua bisa melewatinya.

3. Fase penerimaan

Mahasiswa yang mampu survive akan mulai beradaptasi dengan sepenuhnya, dan membentuk kebiasaan baru.

4. Fase akhir

Di fase yang terakhir ini, bisa dibilang Anda sudah masuk tahap cinta dengan negara di mana Anda berada.

Adaptasi mahasiswa ketika studi di Belanda tidak selalu merupakan hal yang mudah. Akan banyak cobaan yang datang, apalagi di negara dengan budaya yang sangat berbeda dengan negara sendiri. Tetapi jika Anda berhasil melewati semua itu, maka Anda akan menjadi manusia dengan karakter yang lebih baik dan lebih berpikiran terbuka.

Tulis Komentar

Komentar