dalam Blog

Cara Bersihkan Talenan Kayu – Pemakaian alat-alat dapur yang sering kita gunakan adalah talenan, baik talenan plastik ataupun talenan kayu. Menggunakan talenan kayu jauh lebih aman karena goresan plastik tidak akan ikut dalam makanan. Tapi dalam perawatannya talenan dari kayu jauh lebih sulit. Karena kayu bersifat menyerap air dan mudah lembab, jika dibiarkan lembab kayu akan tumbuh jamur & bakteri juga .

Cara Bersihkan Talenan Kayu

Adapun langkah- langkah perawatannya adalah :

  1. Selalu cuci bersih talenan kayu setelah digunakan. Mencuci talenan harus menggunakan sabun dan dibilas di air yang mengalir, karena  sabun dapat meminimalisir bakteri yg tertinggal.
  2. Taburkan cuka pada talenan kayu, biarkan selama beberapa menit dan dicuci.  Cuka berfungsi sebagai disinfektan alami juga membantu menghilangkan aroma tidak sedap dari talenan.
  3. Garam kasar juga bisa sebagai disinfektan buat talenan kayu, dengan cara gosokkan pada talenan kayu hingga bersih, diamkan kemudian rendam dalam air panas dan jemur talenan di bawah terik sinar matahari hingga kering. Kemudian simpan di tempat yang tidak lembab.
  4. Pastikan talenan selalu dalam keadaan kering saat disimpan, lebih baik diangin-anginkan dan terkena sinar matahari.
  5. Talenan yang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, lebih baik bungkus rapat dengan menggunakan plastik.

Tulis Komentar

Komentar