dalam Ideas

Dunia perkuliahan adalah dunia yang diimpikan sama semua anak sekolahan. Bajunya bebas, nggak perlu pake seragam lagi. Masuk atau bolos, terserah, yang penting siap nanggung akibatnya. Tapi, ada satu nih masalah buat mahasiswa baru yang masih kaget sama dunia perkuliahan.

IPK idealnya berkisar di angka 3, ya kalo 2,5 sih pas-pasan lah. Beberapa mahasiswa baru yang masih nganggep enteng kuliah, bisa dapet IPK sakom alias satu koma. Nah, Nyunyu punya tips biar kamu bisa dapet nilai A dan IPK kamu bagus! Nih Cara Biar Dapat Nilai A:

Belajar

Ini sih syarat utama buat dapet nilai bagus. Belajar. Ya, hanya dengan belajar kamu bisa ngedapetin nilai A di setiap mata kuliah, baik yang hafalan atau hitungan. Biasakan rajin mencatat setiap penjelasan dosen, lumayan buat bahan bikin contekan pas UTS/UAS.

Baca juga:
4 Tips Packing Koper Buat yang Doyan Travelling

Rajin bikin tugas

Banyak dosen yang sering ngasih tugas udah gitu tugasnya bertumpuk ampe ngabisin satu rim HVS! Nah, yang kayak gini emang bikin kesel sih, ngasih tugas kok ngga kira-kira. Tapi, kamu tau nggak kalo tugas ini yang akan menyelamatkan kamu ketika nilai ujian kamu jelek. Semacam back up.

Punya banyak teman

Jadilah orang yang baik, ramah, rendah hati dan tidak sombong. Jangan songong, sok, nanti kamu nggak punya teman. Teman adalah separuh diri kamu, karena kalo kamu lupa ngerjain tugas, mau bikin kelompok kerja, mau titip absen, mau nyontek pas udah mentok ngerjain soal ujian, hanya teman lah yang bisa membantu kamu. Jadi, teman sangatlah penting bagi kehidupan perkuliahan kamu, apalagi kalo teman tapi nganterin pulang.

Nggak pernah absen

Kuliah itu keliatannya doang santai, bisa bolos kelas sesuka hati, padahal nilai absen juga berpengaruh lho. Kalo nilai ujian kamu jelek, minimal kamu masuk terus, keliatan dosen, udah dianggep rajin. Daripada udah bloon ditambah males, dosen juga ogah-ogahan ngasih nilai.

Baca juga:
Tips Dandanan Simpel untuk Kumpul Keluarga Saat Lebaran

Caper

Bukan nyuruh kamu jadi penjilat, tapi alangkah baiknya kalo kamu bisa deket sama dosen. Jangan ragu untuk maju ke depan ngerjain soal atau ngejawab pertanyaan dosen, walaupun salah, kalo kamu sering caper kayak gitu dosen pasti hapal sama kamu. Ntar pas ngasih nilai, bisa ditambah-tambahin. Apalagi kalo kamu bisa akrab, wih!

Bayar kuliah

Yang terakhir dan terpenting; bayar kuliah. Gimana mau dapet nilai bagus kalo kamu belom bayar kuliah? Bisa ikut kuliah aja kagak!

Kuliah atau sekolah sebenernya sama aja, kamu harus tekun belajar dan rajin biar dapet nilai bagus dan cepet selesai. Kalo IPK kamu di atas 3 terus, kuliah S1 yang harusnya 4 tahun, bisa lho kamu selesaikan hanya dengan 3,5 tahun. Bahkan, kamu bisa dapet beasiswa atau ngambil double degree (ngambil 2 jurusan sekaligus, jadi pas lulus punya 2 gelar). Jadi, ayo semangat! 😀

Baca juga:
7 Kreasi Resep Mie Instan Ala Anak Kos

Tulis Komentar

Komentar