dalam Ideas

Cara Cepat Beradaptasi di Kelas atau Sekolah Baru – Tahun ajaran baru, artinya ada yang masuk ke sekolah baru, ada juga yang masuk ke kelas baru. Tentunya, kalau kita pindah ke lingkungan baru, kita butuh yang namanya adaptasi. Nggak ada orang yang bisa nyaman begitu aja ketika mereka berada di lingkungan baru.

Nah, di sini masalahnya. Banyak orang yang bermasalah ketika mereka lagi berada di proses adaptasi. Kalau berhasil, dia nyaman. Kalau nggak, ya nggak betah.

Buat yang mau masuk kelas/sekolah baru, ini ada tips nih gimana caranya cepat beradaptasi di kelas/sekolah barunya kamu. Biar betah.

1. Cari Temen

Orang yang masuk ke lingkungan baru, biasanya suka ngerasa kesepian. Dan emang kesepian sih, soalnya nggak ada yang dikenal. Kecuali kalau dia ke lingkungan barunya bareng sama temennya.

Naaah, biar nggak kebanyakan diem, pas lagi di kelas atau sekolah baru itu kamu SKSD aja. Cari orang yang kerjaannya sama kayak kamu. Bengong-bengong. Trus samperin deh dengan gaya-gaya leader MLM,

“Anda punya teman? Ingin punya banyak teman dalam waktu seminggu? Aha! Saya punya solusi untuk anda-anda yang nggak punya teman. Caranya? Gampang! Mari berteman.”

2. Rajin Nyeletuk

Adaptasi selalu berkaitan dengan kenyamanan diri sendiri. Kalau kitanya nggak nyaman, otomatis adaptasinya gagal.

Biar kamu ngerasa nyaman, coba deh rajin-rajin nyeletuk di kelas. Misalnya guru lagi nanya, “Siapa pendiri tugu monas?” kamu jawab aja, “Kuli bangunan, Bu!”. Dengan begitu, (semoga) teman-teman kamu ketawa. Kalau udah ketawa, nanti timbul perasaan lega deh. Dari situ seiring berjalannya waktu bakalan nyaman sendiri. Lalu jadian.

Note: risiko nyeletuk ditanggung oleh penyeletuk.

3. Aktiflah

Kalau selama berada di kelas/sekolah baru kamu kebanyakan diem, ya sebenernya kamu sendiri yang bikin adaptasi kamu gagal. Solusinya? Jangan pasif. Tapi aktif.

Coba kalau lagi nggak ada guru di kelas, kamu sering berbaur sama orang. Orang lagi ngobrol apa, kamu nimbrung aja. Asal nyambung. Jangan udah sok nimbrung, eh nggak nyambung. Malah dibilang sok asik itu sih, atau sox a6 (sok asix).

4. Bikin Kerusuhan

Kalau emang suasana kelas atau sekolah baru kamu hening banget, coba bikin kerusuhan. Karena dengan bikin kerusuhan lah bakal keliatan mana yang sebenernya orang yang rese, pendiem, dan sebagainya. Soalnya, yang diem itu bukan berarti dia nggak rusuh. Bisa jadi dia lagi mantau keadaan. Terus nunggu ada yang bikin kerusuhan duluan, baru dia ngikut.

Banyak sih contoh kerusuhannya. Misal, suasana lagi hening, terus kamu lari ke depan kelas sambil teriak, “OY PENONTOOOOON! KOOOK SEEPI SIH?! Tet-tet-tet-tet-tet-tereret~”

Tuh, buat yang susah adaptasi. Coba praktikin!

Ada yang punya tips lain?

Tulis Komentar

Komentar