dalam Ideas

“Mah.. Adek mau liburan ke Mesir..”

“Wah.. Keren tuh..”

“Iya.. Tapi bayar ma..”

“Berapa?”

“Lima juta doang, ma..”

“Eh.. Jangan ke Mesir! Di sana ada Fir’aun! Bahaya! Nanti kamu dijadiin tumbal buat pemanggil hujan! Jangan!”

Cara Dapat Izin Liburan Orang tua, terutama mama, dan liburan itu bagaikan musuh bebuyutan. Seringkali rencana liburan batal bukan karena nggak ada uang atau nggak ada teman, melainkan karena nggak diijinin. Ibaratnya liburan itu bola yang siap ditendang ke gawang dan Mama adalah kiper yang akan berusaha mati-matian untuk menghalaunya, dengan segala trik dan jurus.

Bahkan kalau perlu pake tipu daya juga. Mama akan interogasi seputar rencana liburan kamu. Biasanya nggak masalah kamu pergi main sama siapa, tapi tiba-tiba dia minta biodata lengkap teman-teman yang bakal pergi liburan bareng kamu, disertai dengan foto close-up masing-masing.

Mama-mama di manapun berada sering banget ngasih banyak alasan, mulai dari yang masuk akal sampai yang mengada-ngada. Misalnya, “Jangan pergi ke pantai, Nak. Sekarang tuh air lautnya lagi pasang.” Oke, yang ini masih masuk akal.

Tapi bakal ngeselin kalau alasannya mulai absurd.

Mama: “Nggak boleh pergi! Kamu nggak tahu di Karibia itu baru aja ada kapal tenggelam?!”

Kamu: “Loh tapi kan aku perginya ke Puncak, Mah… (nggak punya duit buat ke Karibia)”

Mama: “Air lautnya kan nguap terus diserap awan. Nah awannya itu ke Puncak. Nanti kalau tiba-tiba di Puncak hujan besi dan jangkar, kamu mau lari kemana?? Pokoknya nggak boleh! Titik!”

Walaupun absurd banget, biasanya kamu nggak akan berani langsung ngebantah apalagi maksain pergi. Takut kualat soalnya.  Lagian juga kalo maksain pergi, nggak bakal dapet ongkos juga. Liburan mau makan batu bata?

Kalau orang tua udah ketuk palu dan keputusannya udah nggak bisa diganggu gugat, nggak usah maksain. Biar cuma di rumah, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan. Sambil melakukan hal-hal ini, anggep aja kamu lagi…

Lihat aurora borealis

Aurora borealis adalah fenomena cahaya yang indah dan bisa dilihat di belahan bumi bagian utara. Kalau uang tabungan kamu belum cukup untuk lihat aurora secara langsung, kamu bisa manjat ke atap rumah pas langit cerah, terus cari genteng yang empuk dan nyaman untuk didudukin.

Yang paling penting, pake kacamata yang kacanya warna hijau. Kamu bisa sambil duduk atau tiduran memandangi langit penuh bintang dan anggap aja sejauh mata memandang yang kamu lihat itu aurora.

Barbeque

Mau cari muka sama mama supaya diijinin untuk liburan? Coba nawarin diri untuk bantu tugasnya di rumah. Salah satunya buang sampah. Kalau tong sampah udah penuh tapi petugasnya belum datang juga untuk angkut sampah-sampah itu, berarti ini saat yang tempat untuk berinisiatif.

Kamu bakar aja sampahnya! Anggep aja lagi barbeque-an. Maklum aja, daging kan mahal. Kalo nggak ada sampah, bakar aja foto-foto mantan. Biar lega, biar tenang.

Berkemah

Inget nggak waktu kecil sering main tenda-tendaan pakai seprai? Biarpun udah gede, kamu bisa tetep main tenda-tendaan kayak gini. Bikin tenda dari seprai di ruang tamu. Tambahin spanduk dan poster kalau kamu mau sekalian protes gara-gara nggak dikasih ijin untuk pergi. Kalau mau yang lebih ekstrim, kamu pasang tenda di depan kulkas. Jangan lupa pake jaket dan bawa selimut.

Anggep aja kamu lagi kemah di kutub atau di negara Eropa yang lagi musim dingin. Tapi, jangan sampai ketauan Mama. Kalau ketauan buka pintu kulkas lama-lama kayak gitu, bisa-bisa kamu bakal dibawa ke psikiater, terus disuntik mati.

Berburu makanan

Ikut Mama ke pasar, itung-itung cari muka. Terus waktu beli ikan, tawarin diri untuk milih ikannya. Biar lebih menantang, pilih ikan yang masih hidup dan ambil ikannya dengan tangan kosong.

Dan jangan minta bantuan abang penjualnya! Anggap aja kamu lagi berburu di suatu sungai berarus deras di Colorado sana… kalau kamu diajak belanja daging sapi, kamu sembelih aja sendiri sapinya, pake tangan kosong. Biar mamamu percaya kalo kamu anak yang tangguh.

Pintu kemana saja

Ini cara paling gampang. Dan lokasinya deket banget pula yaitu di depan kamar masing-masing. Pintu kemana saja itu ya pintu kamar kamu. Kamu cukup lewatin, belok dikit, jatuhin diri ke tempat tidur dan ke alam mimpi.

Terserah kamu mau pergi kemana di dalam mimpi kamu itu. Bisa seharian pergi dan bebas ongkos pula. Baru tahu kan kalau pintu kemana saja itu pintu kamar masing-masing? Ya, kenyataan itu memang pahit. Apalagi kalau kamar kamu nggak ada pintunya.

Yah begitulah hal-hal sederhana yang bisa kalian coba ketika kalian stuck di rumah selama liburan nanti. Kalau nggak dijinin pergi jangan langsung ngambek dulu. Siapa tahu persiapan kamu kurang matang, jadi orang tua kamu ragu untuk ngasih izin. Coba lagi di liburan berikutnya, ya! *nada ngomong pembawa acara kuis*

Tulis Komentar

Komentar