dalam Kesehatan

Perut buncit dikarenakan setelah makan langsung mandi, apa benar?

Setelah makan langsung tidur dan setelah makan langsung mandi atau terlalu banyak minum es adalah penyebab perut menjadi buncit, hanyalah mitos belaka.

Namun, bila anda selesai makan kemudian pergi tidur memang menjadi salah satu penyebab kegemukan. Karena seharusnya, kira-kira 45 menit setelah makan sebaiknya dilanjutkan dengan berolahraga selama kurang lebih 30 menit.

Yang menjadi penyebab perut buncit adalah gaya hidup yang salah, seperti makan yang terlalu banyak, kurang berolahraga, dan stres.

Perut buncit itu sendiri merupakan suatu pertanda sindrom metabolik atau penyakit yang kelak akan berpengaruh pada penyakit jantung.

Saat anda masih muda, lemak yang berlebih pada tubuh anda akan disimpan di seluruh otot tubuh anda. 

Akan tetapi, saat anda menginjak usia dewasa, lemak tersebut akan ditabung di dalam rongga perut. Hal inilah yang membuat perut anda semakin mengembung seperti balon.

Tipe perut yang banyak dikenal orang ada 2 macam, appleshape (lemak berada di sekitar perut dan bagian atas perut/rusuk) dan pearshape (lemak berada di sekitar pinggul saja).

Hampir setiap orang di dunia ini mendambakan tipe perut pearshape, dan pada kenyataannya tipe appleshape-lah yang paling banyak dimiliki.

Cara Kecilin Perut Buncit

Untuk cara kecilin perut yang buncit, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan:

Mengatur pola makan

Jangan selalu lapar mata, maksudnya jika melihat makanan yang nikmat anda ingin segera menyantapnya. Kurangi kalori tinggi, daging, gula atau makanan berlemak lainnya. 

Karena, makanan yang anda makan itu menentukan kalori yang akan anda bakar. Contohnya, sepotong kue pastel atau kue risol terdiri dari 250 kalori. Dan ternyata, jika anda berjalan kaki selama 30 menit, anda membakar 100 kalori. 

Bayangkan, anda memakan sepotong kue dalam waktu beberapa detik, dan anda harus membakar kalori dari kue tersebut setelah satu setengah jam berjalan kaki.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Obat

Banyak makan yang mengandung serat

Makanan yang mengandung serat bisa anda temukan dalam sayuran dan buah-buahan. Jika anda banyak makan yang mengandug serat, maka metabolisme tubuh anda akan berjalan lancar, misalnya anda mudah untuk buang air besar.

Banyak olahraga

Anda jangan hanya bermimpi mempunyai tubuh yang ideal dan proporsional, akan tetapi jika anda mempunyai tekad yang kuat untuk membentuk tubuh, dan berolahraga terus menerus, anda pasti berhasil.(Afz)

Tulis Komentar

Komentar