Cara Melakukan Handspring Belakang dalam Senam

5/5 (1)

Dalam artikel ini Anda akan belajar bagaimana cara melakukan handspring belakang. Sebelum Anda mencoba handspring belakang, Anda harus mempelajari handstand, roll belakang dan beberapa variasi lain. Handspring belakang harus jungkir balik, bukan ke atas.

Untuk pemula, seringkali terasa lebih mudah untuk mengayunkan lengan terlalu jauh dan melompat ke atas, tetapi sekali lagi, handspring belakang yang tepat kembali dan Anda tidak harus melengkungkan punggung Anda. Usahakan perut Anda kencang dan rentangkan lutut dan siku Anda sepenuhnya.

handspring belakang

Cara Melakukan Handspring Belakang

  1. Berdiri tegak dan lihat lurus ke depan. Rentangkan lengan Anda di atas kepala dan dorong ujung jari Anda ke atas setinggi mungkin. Sejajarkan kaki Anda dengan tubuh bagian atas dan lengan Anda secara vertikal. Kemudian duduk seperti jika Anda sedang duduk di kursi dan turunkan lengan Anda ke tingkat horizontal. (pertahankan siku Anda diperpanjang). Anda juga bisa belajar sedikit ke depan dan menjaga lengan Anda selaras dengan tubuh bagian atas. Tetapi jika Anda condong ke depan, Anda tidak harus menurunkan tangan sama sekali. Jangan duduk terlalu jauh, (paha Anda seharusnya tidak melewati tingkat horizontal) dan jaga agar lengan tetap kecil. Terus melihat lurus ke depan dan pastikan beratnya rata dengan kaki Anda. Jangan berdiri di atas telapak kaki Anda! Jangan gerakkan lutut ke depan! Jaga agar kaki Anda tetap tertutup. Sebaiknya Anda menggulung punggung bagian bawah dan bokong sedikit agar punggung sedikit membulat. Mengapa semua ini? Handspring belakang yang baik kembali cukup jauh.
  2. Ayunkan kembali lengan Anda yang diperpanjang dan rentangkan kaki Anda. Lompat mendatar dari kedua kaki secara bersamaan (atau lompat dari tumit Anda), tetapi jangan melompat dari bola kaki Anda. Sejak saat lengan atas Anda berada di samping telinga, kepala dan lengan bergerak sebagai satu kesatuan. Jika Anda memiliki lengan di samping telinga Anda sejak awal, bahkan lebih baik. Jangan membuang kepala Anda atau melompat dengan kaki ditekuk. Sekali lagi, ketika Anda melakukan senam punggung senam, Anda melompat mundur cukup jauh. Untuk menciptakan kecenderungan punggung ini, melompat ketika Anda hampir jatuh kembali dari posisi duduk.
  3. Melompat mundur dan dorong pinggul ke atas sehingga punggung Anda sedikit berlubang, tetapi jangan terlalu melengkung ke belakang. Siku dan lutut Anda harus tetap sepenuhnya memanjang. Pastikan kepala dan lengan Anda saling menempel dan bergerak sebagai satu kesatuan. Buat dirimu panjang.
  4. Pastikan Anda menekuk TANGAN Anda cukup awal untuk menghindari cedera pergelangan tangan. Mendaratlah di tangan Anda dan biarkan tubuh Anda melewati posisi handstand yang sempurna. Siku, badan, lutut, dan pergelangan kaki terentang penuh.
  5. ukul kaki Anda yang lebih panjang dan dorong dengan bahu dan lengan Anda seperti jika Anda melakukan lompatan handstand – Jangan mendorong membungkuk dan memperpanjang siku Anda. Lengan Anda harus lurus. Tendang kaki Anda ke belakang tetapi jangan sampai melenturkan pinggul terlalu banyak. Kaki, tubuh bagian atas dan lengan harus tetap agak sejajar. Kepala dan lengan bergerak sebagai satu kesatuan. Sekarang punggung Anda sedikit membulat dan perut Anda berkontraksi. Paruh pertama dari handspring belakang hanya sejauh dan panjang (rentang waktu) seperti paruh kedua. Jika Anda melompat terlalu keras, Anda akan mendarat sangat terlambat dan menabrak tangan Anda. Handspring punggung Anda harus lebar, panjang dan kaku.
  6. Jika Anda ingin beralih dari handspring belakang ke handspring belakang yang lain, mendaratlah dengan rata di atas kaki Anda dan jangan pada bola kaki Anda. Lutut harus berada dalam garis vertikal dengan kaki dan tubuh bagian atas serta lengan harus sejajar secara vertikal. Lengan dan kepala terus bergerak sebagai satu kesatuan. Anda perlu dorongan lengan yang bagus untuk ini. Jaga agar punggung Anda sedikit membulat (tapi tidak menonjol) dan perut Anda kencang. Jaga agar kaki Anda tertutup dan jangan terlalu banyak menekuk lutut sebelum Anda melakukan handspring berikutnya. Jika Anda ingin beralih dari handspring belakang ke flip belakang, bangkit bola-bola kaki Anda tanpa membiarkan tumit menyentuh tanah. (lihat pelajaran flip flip senam)

Tips

Anda dapat mempelajari handspring belakang dengan pemandu, dengan roll handspring belakang khusus, dari jembatan dan walkover belakang atau dari macaco (capoeira). Dalam pelajaran handspring lama beberapa metode pelatihan dijelaskan lebih baik. Namun, latihan dan metode pelatihan yang lebih baru dan lebih rinci untuk pelajaran back handspring ini akan ditambahkan segera.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − four =