dalam Olahraga

Cara Melakukan Handstand dalam Senam

5/5 (2)

Dalam artikel ini Anda akan belajar cara melakukan handstand dalam senam. Handstand adalah keterampilan senam yang paling penting dan penting untuk hampir semua teknik sub-urutan (tidak hanya untuk senam lantai).

Mengapa berdiri dengan tangan itu begitu penting? Handstand memberi Anda perasaan seimbang dan postur yang sepenuhnya melebar. Pada saat yang sama itu memperkuat seluruh tubuh Anda. Latih handstand di awal setiap latihan senam untuk pemanasan.

cara melakukan handstand

Cara Melakukan Handstand

  1. Angkat lengan dan rentangkan tubuh Anda sehingga ujung jari Anda setinggi mungkin. Lutut dan lengan sepenuhnya terentang. Lihat lurus ke depan dan jangan menundukkan kepala ke belakang atau ke bawah. Perut berkontraksi sedikit. Membulatkan punggung sedikit lebih baik daripada melubangi. Jika Anda sedikit membelakangi Anda, itu seharusnya tidak perlu diperhatikan. Lengan, batang, dan kaki harus membentuk garis vertikal yang sempurna dan bahu menyentuh telinga. Postur yang sama harus dicapai ketika Anda terbalik.
  2. Angkat kaki kiri Anda, tetapi jangan gerakkan bagian tubuh lainnya. Kaki dan lengan sepenuhnya terentang. Rentangkan juga pergelangan kaki kaki kiri Anda.
    1. Ketika kaki meninggalkan lantai, pergelangan kaki harus diperpanjang segera (ini adalah aturan untuk hampir semua keterampilan senam).
    2. Kaki kanan, tubuh bagian atas dan lengan harus tetap sejajar sepanjang waktu (ketika Anda masuk ke handstand dan juga ketika Anda kembali turun).
  3. Condongkan tubuh ke depan – Melangkah kedepan dengan kaki kiri. Saat Anda bergerak menuju lantai, lengan, bagasi, dan kaki kanan harus tetap dalam garis lurus yang sempurna. Jaga jarak dari kaki kanan ke ujung jari sejauh mungkin. Ketika kaki kiri menyentuh lantai, Anda bisa sedikit menekuk lutut Anda (tetapi jangan terlalu banyak menekuk).
  4. Letakkan tangan Anda di lantai dan pastikan lengan Anda, belalai Anda dan kaki kanan masih berbaris. Jarak dari tempat Anda mulai ke tempat Anda menanam tangan harus sepanjang tubuh, termasuk lengan yang terentang. Pemula sering meletakkan tangan terlalu dekat.
  5. Ayunkan kaki kanan Anda, tetapi jangan kehilangan penjajaran kaki-trunk-lengan. Lalu tutup kaki Anda. Pastikan kaki, lengan, dan pergelangan kaki Anda terentang sepenuhnya. Jangan melubangi punggung Anda – jangan tekuk lutut atau siku Anda – jaga perut Anda kencang.
  6. Pada awalnya Anda harus mendorong ujung jari Anda setinggi mungkin, sehingga jarak antara tangan dan kaki menjadi sebesar mungkin. Sekarang hal yang sama, hanya saja Anda terbalik. Rentangkan sepenuhnya lengan dan kaki Anda. Rentangkan juga pergelangan kaki Anda sejauh mungkin dan dorong ujung jari Anda ke atas. Dorong juga tubuh Anda ke atas dengan bahu Anda dan sejajarkan diri Anda 90 ° ke lantai. Kencangkan perut Anda sedikit. Jangan melubangi punggung Anda. Sekali lagi, punggung Anda bisa sedikit membulat, tetapi tidak terlalu menonjol. Jangan menundukkan kepala Anda sehingga Anda bisa melihat lantai dengan lebih baik (setidaknya tidak ketika Anda berlatih pegangan tangan dasar). Anda bisa melihat ke lantai dengan mata, tetapi Anda tidak harus melengkungkan kepala. Jaga agar kepala dan tulang belakang Anda lurus. Bahu Anda harus menempel di telinga Anda.
  7. Untuk menyeimbangkan pegangan tangan, Anda hanya harus menggunakan tangan Anda (kekuatan lengan bawah). Pada titik ini seluruh tubuh Anda (lengan, tubuh bagian atas dan kaki) harus dikunci. Jangan menyeimbangkan pegangan tangan dengan menekuk kaki atau siku Anda (itu akan menjadi bentuk yang buruk). Jika Anda merasa akan jatuh kembali, lepaskan tekanan dari ujung jari Anda. Jika Anda merasa akan terbalik, dorong ujung jari Anda lebih keras.
  8. Pisahkan lagi kaki Anda dan gerakkan kembali kaki kiri Anda ke lantai. Kaki kanan, bagasi dan lengan tetap sejajar.
  9. Pada akhirnya Anda harus berdiri di tempat yang sama di mana Anda memulai. Dorong ujung jari Anda ke atas (lihat posisi awal).

Tips

Catatan: Kaki kiri diangkat pada bagian ujung dan turun terlebih dahulu. Jadi pada dasarnya untuk kaki kiri handstand lebih pendek.

  • Pada awalnya, cobalah berdiri di atas tangan Anda. Tidak peduli seberapa. Anda tidak akan dapat melakukan handstand lurus yang sempurna segera. Menjaga kaki dan kepala tetap lurus sulit dilakukan di awal.
  • Latihan menyeimbangkan:
    • Lakukan handstand dan coba tengok jari kaki Anda selama beberapa detik.
    • Cobalah untuk menyeimbangkan pegangan tangan Anda dengan mata tertutup sejenak.

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar