dalam Olahraga

Cara Melakukan Roll Belakang dalam Senam Lantai

5/5 (1)

Dalam artikel ini Anda akan belajar cara melakukan roll belakang dalam senam. Instruksi ini adalah untuk variasi paling mendasar dari roll belakang, roll belakang dengan siku tertekuk dan lutut tertekuk. Setelah mempelajari hal ini, Anda dapat mencoba roll belakang dengan lengan terulur, roll belakang dengan kaki yang diperpanjang dan kemudian roll belakang untuk handstand. Ini adalah pertama kalinya Anda bergerak mundur.

Untuk instruksi selanjutnya (misalnya handspring), penting bagi Anda untuk belajar memutar kembali dengan lurus dan tanam tangan Anda secara bersamaan. Roll belakang adalah keterampilan senam yang sangat mudah, tetapi penting dan harus menjadi bagian dari rutinitas pemanasan Anda.

roll belakang

Cara Melakukan Roll Belakang

  • Saya sarankan Anda mencoba roll belakang di atas tikar empuk terlebih dahulu. Mulai dari posisi berdiri dan rentangkan tangan ke atas kepala. Lihatlah lurus ke depan dan rentangkan siku dan lutut Anda sepenuhnya. Dorong ujung jari Anda ke atas setinggi mungkin. Jaga perut Anda kencang, jangan lekuk punggung Anda.
  • Duduklah tanpa meninggikan tumit dan miringkan tubuh bagian atas. Jaga agar lengan Anda sejajar dengan tubuh bagian atas selama mungkin. Bawa lengan dan tubuh bagian atas ke posisi horizontal untuk sesaat. Ini membuat roll belakang lebih lambat dan lebih mudah bagi pemula. Membulatkan punggung dan mendekatkan dagu ke dada. Jangan melubangi punggung Anda.
  • Duduk dan biarkan tangan Anda menyentuh lantai (atau geser di lantai) segera. Pastikan Anda menjaga punggung dan dagu dekat ke dada. Jika Anda ingin melakukan gerakan memutar cepat, Anda tidak perlu menjulurkan lengan ke depan dan menyentuh lantai dengan tangan. Sebagai gantinya, Anda dapat menjaga tangan Anda cukup tinggi dan menekuk lengan ke belakang saat Anda mulai berguling ke belakang. Namun, jika Anda ingin melakukan roll belakang dengan kaki dan siku yang panjang, Anda bisa menyentuh lantai dengan tangan, tapi itu pelajaran lain.
  • Gulung kembali, tekuk lengan dan dekatkan tangan ke bahu dan di sebelah telingamu. Jari-jari Anda menunjuk lurus ke depan, ke tempat Anda berasal. Sangat penting bagi Anda untuk membalikkan tubuh dan meletakkan tangan Anda secara serempak. Jangan menundukkan kepala Anda ke satu sisi. Jagalah agar Anda tetap bundar dan dagu dekat ke dada. Jaga agar kaki Anda tetap tertutup dan tekuk lutut Anda, sehingga tumit Anda sedekat mungkin dengan bokong Anda. Jika Anda mencoba roll belakang pertama kali, roll kembali perlahan, tanam tangan Anda dan dorong sedikit. Kemudian putar ke depan lagi. Dengan cara ini Anda terbiasa membawa diri dengan tangan Anda. Jangan memutar balik sebelum Anda yakin bisa mengangkat beban dengan kekuatan lengan Anda. Anda tidak ingin melukai leher Anda. Anda akan terbiasa dengan ini dengan sangat cepat.
  • Dorong tangan Anda ke bawah, sehingga Anda dapat memutar kembali tanpa melukai leher Anda. Dorong diri Anda ke atas dan sejajarkan lengan dan tubuh bagian atas Anda. Lalu luruskan kaki Anda. Namun jangan terlalu panjangkan kaki Anda! Dalam latihan ini Anda tidak seharusnya pergi ke handstand.
  • Kemudian tanam kaki Anda dan angkat tubuh bagian atas. Jaga agar lengan dan tubuh bagian atas Anda sejajar. Berdiri dan sekarang rentangkan seluruh tubuh Anda secara vertikal. Dorong ujung jari Anda ke atas setinggi yang Anda bisa dan lihat lurus ke depan lagi. Akhir seperti posisi awal.

Tips

  • Pelajari roll depan sebelum Anda mencoba roll belakang.
  • Lakukan senam roll belakang di atas tikar atau kasur yang sangat lembut di awal.
  • Jika Anda takut melukai leher Anda di awal, putar mundur setengah jalan dan pelajari cara mendorong dan menopang diri Anda dengan tangan.
  • Putar kembali selurus mungkin, jangan menundukkan kepala ke samping dan tanam kedua tangan secara bersamaan.
  • Setelah mempelajari roll belakang dengan siku dan lutut yang tertekuk (instruksi ini), Anda dapat mencoba roll belakang dengan lengan terentang dan kemudian dengan lengan lurus dan kaki lurus.

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar