Cara Membangun Interaksi dengan Masyarakat: e-Society

5/5 (3)
Membangun Interaksi dengan Masyarakat

Membangun Interaksi dengan Masyarakat

Membangun Interaksi dengan Masyarakat – Inisiatif ini terutama bertujuan membangun relasi antara institusi publik dengan institusi publik lainnya, penyedian layanan private sector, organisasi non profit, dan relasi antara institusi masyarakat sipil. Terdapat beberapa point utama dalam proses ini

Bekerja Lebih baik dengan pihak bisnis

memperbaiki interaksi di antara pemerintah dengan pihak bisnis. Hal ini termasuk digitalisasi perdagangan dari dan pelayanan kepada bisnis untuk memperbaiki kualitas serta menekan biaya.

Proses ini menggunakan semua potensi ICT untuk mengantarkan komponen informasi dari pelayanan publik kepada lingkungan bisnis dalam bentuk digital. Hal ini juga termasuk dukungan digital utk menaikkan relasi dari pemerintahan ke komunitas bisnis dengan meyiapkan sumberdaya dari berbagai pihak.

Hal ini secara langsung akan mengendalikan penurunan biaya dan menaikkan kualitas relasi antara pemerintahan dengan bisnis, serta memper- baiki efisiensi dan respon bisnis lokal.

Membangun Komunitas

Membangun kapasitas sosial dan ekonomi serta modal dari komunitas lokal. Proses ini menggunakan semua potensi ICT untuk menguatkan hubungan informasi dan membangun hubungan informasi baru di antara komunitas dan di antara komunitas dengan institusi lainnya.

Hal ini juga akan menghasilkan banyak kreasi potensial serta menaikkan kualitas hidup komunitas tersebut. Kasus yang terjadi di India berikut sebagai contoh.

Membangun Komunitas di Pedesaan India

Di India, dibangun proyek dengan membuat 31 kios (acces-point) terkoneksi Internet di desa-desa dalam distrik India pusat , yang mana 60 % masyarakatnya hidup di bawah garis kemiskinan kios-kios tersebut didanai oleh pemerintah lokal, dan dijalankan oleh para wiraswasta lokal.

Informasi yang ada meliputi layanan pemerintah, seperti aplikasi online untuk pengurusan sertifikat, arsip komplain onlime, pencetakan data tanah (digunakan oleh petani dalam proses mendapat pinjaman dari bank), serta informasi tentang agenda pemerinta lainnya.

Sementara pihak lain menyediakan layanan untuk akses tanah, perlengkapan serta binatang ternak, forum diskusi online dan email. Manfaat langsung yang dirasakan masyarakat dari sistem ini adalah penjualan yang mudah, reaksi yang cepat untu komplain atau masalah (misal, menjangkitnya penyakit ternak) serta menaikkan pengetahuan d skill di antara komunitas yang dilayani.

Membangun Partnership

Menguatkan hubungarn institusional. Ada dua bagian, yaitu pertama membangun partnership untuk menguatkan hubungan antara pemerintah dengan institusi lainnya seperti LSM atau organisasi internasional.

Kedua, menguatkan hubungan di antara masyarakat sipil, seperti di antara LSM. Proses ini menggunakan potensi ICT untuk menguatkan hubungan informasi saat ini dan untuk membangun hubungan baru informasi di antara institusi. Pemikiran ini membuat kuatnya struktur ekonomi, sosial dan politik dalam masyarakat. Kasus yangterjadi di Honduras berikut sebagai contoh.

Pembangunan Network di Honduras

Pembangunan network di Honduras berfungsi untuk menghubungkan 400 kelompok institusi yang memegang peranan penting dalam masyakarat sipil di Honduras.

Dalam situasi yang kritis, network ini mempercepat penanganan menangani permintaan makanan, fasilitas kesehatan, selimut dan lain-lain sebagai akibat dari bencana alam misalnya Permintaan yang ada diidentifikasi melalui network dan diantar juga dengan koordinasi online.

Network ini memainkan peranan penting dalam menyiapk forum diskusi virtual, informasi dari institusi ke institusi lain, serta menyiapkan pembangunan penyimpan data online. Network ini juga menyediakan akses kepada publik untuk berdiskusi dan mengakses informasi dari luar tanpa kontrol dari pemerintah setempat.

Hal ini mempunyai peranan penting untuk memperkuat hubungan di ntara masyarakat sipil dan menyediakan esempatan yang besar kepada pemerintah untuk meningkatkan fungsi transparansi

Suka artikel ini?

1 komentar untuk “Cara Membangun Interaksi dengan Masyarakat: e-Society”

  1. I dоn’t even know how I endeԁ up here, but I
    thought this post was good. I don’t know who you аre but
    definitely yoս’re gooing to a famous blogger if you are not alreaԀy 😉 Ϲheers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 11 =