dalam Olahraga

Penjelasan Cara Membendung Bola Voli – Dalam permainan bola voli ( Volley ball) tentu kita mengenal intilah blocking. Block (blocking) adalah upaya untuk membendung serangan dari lawan. Untuk dapat melakukan block secara rapi dan berhasil diperlukan latihan yang banyak dan adanya kemampuan yang keras.

Cara Membendung (Blocking) Bola Voli

  1. Jongkok, bersiap untuk melompat. Gerakan lompatan bisa secara otomatis dilakukan pada saat permainan berlangsung 
  2. Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas. Pada saat posisi melayang kedua tangan bisa secara aktif ke berbagai arah untuk menghindari bola dari arah yang tidak diduga.
  3. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.

Catatan: Blocking ada dua macam. 1. block tunggal 2. block ganda Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membendung bola voli (Blocking). Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tulis Komentar

Komentar