dalam Sekolah

Cara Mengalahkan Orang Pintar di Kelas – Siapa sih yang gak ingin jadi juara kelas?. Tentu kamu semua pasti kepingin yah. Jadi juara kelas tentu bukan saja menjadi keinginan setiap siswa akan tetapi juga menjadi dambaan sekaligus kebanggaan bagi orang tuanya. Nah, apakah kamu termasuk siswa yang tidak berprestasi padahal sudah rajin belajar?.

Jangan keburu patah semangat dulu ya. Yakin deh kalo di dunia ini tidak ada tuh yang namanya orang bodoh. Yang ada itu hanya orang malas atau mungkin metode belajarmu yang selama ini kurang efektif. Nah, buat kamu yang kepingin jadi juara kelas, mungkin tips-tips belajar efektif berikut ini bisa kamu jadikan acuan untuk proses belajarmu ke depannya:

1. Belajar di tempat yang bisa membuat diri kamu merasa senyaman mungkin

Setiap orang tentu memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada beberapa yang hanya bisa belajar dalam keadaan yang benar-benar sunyi, ada juga yang lebih menyukai belajar diiringi alunan musik. Beberapa ada yang menyukai belajar di dalam kamar, lainnya lebih senang belajar di alam terbuka. Nah, kira-kira kamu ini tipe yang mana? Pastinya kamu punya pilihan sendiri, dong? Nah, mulai sekarang coba deh kamu tentukan tempat belajar yang paling sesuai dengan diri kamu. Rasa nyaman dalam belajar, akan membuat kita lebih mudah menyerap pelajaran. Percaya deh.

2. Jangan belajar waktu kamu lagi kurang fit karena belajar yang paling baik itu adalah disaat badanmu sedang dalam kondisi terbaik

Sama halnya dengan tempat, waktu juga berperan dalam proses belajar. Setiap orang memiliki waktu paling fit yang berbeda-beda. Ada yang merasa sangat fit setelah bangun pagi, ada yang lebih fit usai mandi, dan waktu lainnya. Kamu hanya perlu mengukur diri. Catatan aja nih, banyak diantara kalian yang lebih suka belajar menjelang tidur, bahkan sampai begadang. Tidak apa-apa sih, kalau kalian merasa lebih nyaman dengan itu. Hanya saja, jika dilihat dari segi kesehatan, terlalu sering tidur larut, kurang baik loh. Tubuh juga butuh istirahat,…

3. Coba deh kurangin melamun saat guru menjelaskan pelajaran karena kalo kamu rajin mencatat penjelasan guru, maka akan semakin mempermudah saat kamu belajar

Sewaktu jam pelajaran, siapa yang lebih memilih ngerumpi sendiri, melamun atau tiduran saja daripada mendengarkan penjelasan guru hayo? Padahal, akan ada banyak hal penting yang perlu kamu catat. Biasanya, saat ulangan, guru sering memberi pertanyaan yang jawabannya ada dalam penjelasan mereka. So, buat yang ingin menjadi juara kelas, mulai deh pantengin penjelasan guru. Lebih baik lagi, kalau kamu melakukan pencatatan karena catatan tersebut bisa kamu gunakan saat kamu belajar nanti. Apalagi jelang ulangan, pastinya catatan tersebut bisa jadi ajian pamungkas kamu untuk baca-baca lagi. Tapi ingat, jangan buat contekan ya.

4. Kalo kamu kesulitan belajar sendiri, coba deh bentuk sebuah kelompok belajar bersama teman-teman kamu

Sudah rajin belajar, tetapi tetap tidak mengerti juga? Itu artinya, kamu membutuhkan teman diskusi. Coba deh ajak beberapa teman yang mau belajar kelompok. Lalu mulai membuat jadwal khusus untuk pertemuan kalian. Selain bisa saling bertukar pikiran, belajar kelompok ini akan membuatmu memiliki teman-teman baik. Ya… paling tidak teman-teman yang rajin, sehingga kamupun ketularan rajin. Tidak semua siswa mau belajar kelompok, kan?

5. Waktu kamu gak ngerti penjelasan guru, jangan diem aja tapi kamu harus bertanya

Coba perhatikan siswa berprestasi di kelasmu. Kebanyakan dari mereka pasti suka bertanya pada guru di dalam kelas, kan? Nah, kamu juga perlu mengikuti mereka. Selain ketidaktahuanmu terselesaikan, kamu juga akan mendapatkan poin plus dari sang guru. Tetapi jangan asal semua ditanyakan ya… Ingat kata pepatah, ‘Malu bertanya sesat di jalan, kebanyakan bertanya memalukan!”. Duhh, jangan sampe deh kamu terlihat seperti itu ya.

Tulis Komentar

Komentar