dalam Beauty, Kesehatan

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami & Ampuh

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan menyakitkan. Sakit gigi biasanya ditandai dengan rasa nyeri di area gigi hingga terasa ngilu. Bahkan sakit gigi ini bisa sampai terasa hingga kepala serasa mau pecah.

Maka dari itu, ketika mengalami sakit gigi rasanya ingin sekali mengobatinya dengan berbagai macam cara mengatasi sakit gigi dengan cepat. Sakit gigi sendiri bisa disebabkan oleh gusi yang bengkak, akibat penyakit rahang hingga gigi berlubang. Karena rasanya tidak nyaman membuat Anda semakin terganggu dengan keadaan ini.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Terkadang karena rasa sakitnya sangat mengganggu, berkunjung ke dokter gigi yang jauh juga membuat kita merasa tidak nyaman. Walaupun dekat, biasanya antrian ke dokter gigi juga sangat panjang. Hal inilah yang membuat kita memilih untuk memakai cara mengatasi sakit gigi secara alami yang lebih mudah dan lebih cepat sebagai tahap awal pertolongan pertama. Seperti cara alami yang bisa Anda gunakan di bawah ini:

Belimbing wuluh

Salah satu cara mengatasi sakit gigi secara alami adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh.

Untuk mengobatinya, ambil sebanyak 2 buah belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih kemudian makan belimbing wuluh dengan sedikit garam. Lalu kunyah belimbing wuluh bersama garam tadi memakai gigi Anda yang sedang sakit.

Bersihkan mulut atau gigi

Untuk mengobati sakit gigi, cara yang juga paling efektif adalah dengan membersihkan mulut ataupun gigi.

Ya, salah satu penyebab terjadinya sakit gigi adalah gigi dan mulut yang kotor dan tidak terawat, sehingga membuat bakteri menumpuk di gigi dan menyerang semua area gigi hingga terasa nyeri. Untuk itu, selalu rutin membersihkan mulut dan gigi sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi dengan mudah.

Bawang putih

Ramuan dapur yang satu ini memiliki kandungan antibiotik yang cukup efektif mengatasi segala macam penyakit, apa lagi kalau bukan bawang putih. Ya, salah satu manfaat bawang putih juga untuk mengobati sakit gigi yang mengganggu.

Adapun cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bawang putih adalah dengan mengambil sebanyak 1-2 siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, tambahkan dengan sedikit garam lalu oleskan pada area gigi Anda yang sakit. Anda bisa melakukan perawatan ini hingga sembuh selama beberapa hari saja.

Jeruk nipis

Anda juga bisa mengatasi sakit gigi dengan menggunakan jeruk nipis. Untuk mengobati sakit gigi dengan menggunakan jeruk nipis ini maka Anda harus mengambil beberapa buah jeruk nipis, lalu peras airnya.

Kemudian teteskan air perasan jeruk nipis sedikit demi sedikit pada area gigi Anda yang sedang sakit tiap 10-15 menit sekali sampai habis. Cara mengatasi sakit gigi dengan jeruk nipis ini tak lain karena kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis inilah yang bisa meredakan sakit gigi Anda.

Daun jambu biji

Anda juga bisa mengobati sakit gigi yang mengganggu dengan memanfaatkan daun jambu biji.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa langsung mengunyah 1-2 lembar daun jambu biji tersebut. Setelah itu gosokan di bagian gigi yang sedang sakit.

Garam

Cara mengatasi sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan garam. Garam mengandung yodium yang dapat meredakan sakit gigi secara alami dengan cepat.

Untuk mengatasinya adalah dengan melarutkan garam pada 1 gelas air yang masih hangat dan aduk secara merata. Setelah itu, kumur-kumur menggunakan air larutan garam ini.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Bahan Tradisional


Nah, itulah 6 cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis sebelum pergi ke dokter. Akan tetapi, jika sakit gigi masih berlanjut sebaiknya langsung konsultasi ke dokter gigi.

Tulis Komentar

Komentar