dalam Kesehatan

Mengalami stress dapat menggannggu kesehatan fisik dan juga jiwa, oleh karena itu stress harus dikalahkan.

Stress dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal umur, status sosial, ataupun jenis kelamin. Jika anda mengalami stress, maka tahap selanjutnya yang akan mengintai anda adalah depresi.

Untuk meredakan stress atau depresi, solusi tercepat adalah anda pergi kedokter atau psikiater. Namun, sebelum anda pergi kedokter, ada baiknya anda mencoba cara yang mudah untuk meredakan stress berikut ini:

Cara Mengatasi Stress

  1. Mengatur pola makan

    Untuk anda yang mengalami stress berat, sebaiknya makanlah makanan yang rendah lemak dan kaya protein, contohnya ikan.

  2. Saat menerima telepon, berdirilah

    Jika anda sedang mengalami stress, sebaiknya berdiri saat anda menerima telepon, karena hal itu akan meregangkan otot anda dan anda bisa bernafas lebih dalam, sehingga tubuh anda mengalirkan darah yang kaya oksigen lebih banyak ke otak anda.

  3. Buat leher anda relaks

    Agar saraf disekitar kepela dan leher anda tidak tegang, cobalah untuk membuatnya relaks. Caranya, angkat tangan kiri anda dan lingkarkan diatas kepala sampai menyentuh kuping kanan anda ( seperti iklan susu anak di televisi ). Kemudian tarik kepala anda ke arah kiri menjauhi bahu kanan anda, lalu tahan beberapa detik. Ulangi cara yang sama pada sisi lainnya.

  4. Otot tangan dikendurkan

    Lakukan cara untuk mengendurkan tekanan pada tangan anda, karena saat anda mengalami stress, semua otot yang bekerja di tubuh anda mengalami penegangan. Cara yang paling mudah yaitu, satukan kedua telapak tangan anda, dan tekan jari anda secara bersamaan sambil menarik nafas dalam-dalam. Kemudian buanglah nafas saat anda mengendurkan tekanan tangan anda. Lakukan sebanyak lima atau enam kali sehari. (Afz) 

Tulis Komentar

Komentar