dalam Keselamatan

Cara Menghadapi Gempa Bumi – Untuk mengantisipasi bila pada saat keadaan darurat seperti gempa, tentunya gedung harus mempunyai jalur evakuasi yang sangat mudah untuk diakses keluar. Hal ini tentunya berguna untuk keselamatan orang – orang yang berada di dalam gedung.

Cara Menghadapi Gempa Bumi di Gedung Bertingkat

Pada saat terjadi keadaan darurat seperti gempa mengevakuasi orang orang yang berada didalam gedung bukan lah hal yang mudah, perlu beberapa cara dan sikap yang harus diambil. Karena alarm yang berada digedung tidak akan langsung berbunyi ketika terjadi gempa, tetapi alarm akan berbunyi setelah beberapa saat terjadinya gempa.

Berikut dibawah ini beberapa cara untuk evakuasi orang yang berada didalam gedung pada saat gempa :

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah TETAP TENANG. Karena pada saat terjadinya gempa orang yang merasakan gempa akan meneriakkan gempa, jadi tetaplah berusaha tenang. Hal ini juga berlaku saat Anda mendengar bunyi alarm dan pengumuman bahwa sedang terjadinya gempa.
  2. Carilah perlindungan di bawah benda yang kuat dan kokoh, bisa juga Anda berdiri disamping dinding yang tidak terdapat benda tergantung disana. Bisa juga Anda duduk dilantai dengan menundukan kepala diantara kedua lutut dan posisi tangan diatas atau bagian belakang kepala.
  3. Bila Anda sedang berada di meja kerja segeralah MENJAUHI BENDA YANG BISA PECAH ATAU BISA JATU MENIMPA ANDA. dan Anda juga harus tetap memilih tempat berlindung yang aman misalnya dibawah meja kerja atau didinding koridor yang bebas dari kaca dan benda – benda yang mudah jatuh, sehingga tidak menimpa Anda.
  4. Segera PINDAH dan BERLINDUNG didinding yang areanya kokok misalnya area lobi lift. Dan bila memungkinkan untuk pindah ke area yang lebih kokoh dilantai Anda setelah goncangan gempa selesai, bergegaslah untuk pindah kearea lobby. Dan selalu jauhi barang – barang yang mudah jatuh seperti pajangan atau barang yang digantung.
  5. Pada saat gempa terjadi di mohon untuk tidak menggunakan lift, karena pada saat gempa penggunaan lift mempunyai resiko yang tinggi. Penggunaan lift hanya boleh dilakukan apabila gedung sudah dinyatakan aman.
  6. Dan yang terakhir adalah SELALU IKUTI APAPUN JENIS PETUNJUK dari petugas tanggap darurat, karena petugas tanggap darurat lebih mengetahui cara evakuasi yang lebih baik. Tentunya hal ini juga akan mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi. Dan membuat kita tetap selamat selama peritiwa gempa terjadi. Dan menunggu sampai ada instruksi apakah harus dilakukan evakuasi atau tetap ditempat.
  7. Dan jika pihak gedung meminta untuk melakukan evakuasi, maka yang harus dilakukan adalah tetap tenang, dan ikuti petugas tanggap darurat disana.

Tentunya hal ini akan membutuhkan petunjuk jalur evakuasi, sehingga orang yang ingin keluar dari gedung tersebut dengan mudah keluar karena terdapat petunjuk jalur evakuasi.

Saya rasa cukup sampai disini, pada INTInya semua harus dilakukan dengan TENANG.

Tulis Komentar

Komentar