Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video – Menikmati musik favorit kita tentu saja bukan hal yang susah di zaman ini. Kita perlu buka platform yang menyediakan streaming musik langsung dari smartphone kita dan mencari judul lagunya.

Salah satunya aplikasi streaming musik yang terkenal ialah Youtube. Youtube sediakan beragam jenis musik yang dapat kita nikmati, baik versi official atau versi non official. Jika ingin menikmati musik dan video klip, kalian dapat cari kanal resmi dari artis itu. Tetapi bila ingin dengarkan lagu sekalian turut menyanyi, kalian dapat cari versi video liriknya.

Ada satu cara kembali pada nikmati lagu yang biasa dilakukan oleh manusia yaitu karaoke. Karaoke ialah menyanyikan sebuah lagu dengan disertai oleh musik originalnya tetapi tanpa suara dari penyanyi aslinya. Karaoke datang dari bahasa Jepang, diambil dari kata “Karappo” yang memiliki arti “kosong” dan “Okesutura” yang memiliki arti orchestra dan dipersingkat jadi “Karaoke”. Sesuai kata aslinya, karaoke mempunyai arti alunan musik kosong, kosong di sini memiliki arti tanpa suara penyanyinya.

Bila kalian ingin nikmati karaoke tetapi kalian tidak menemukan video lirik atau musik instrumentalnya, kalian dapat lakukan beberapa cara. Salah satunya caranya ialah membuat sendiri alunan musik instrumental dari lagu favorit yang bisa kalian buat dari lagu originalnya. Ingin tahu dengan cara membuat? Simak pembahasan berikut ini.

Vocal atau Audio Removal

Kemungkinan kalian pernah dengar mengenai musik instrumental. Apakah itu musik instrumental? Musik instrumental ialah musik yang berisi alunan melodi dari satu alat musik yang mainkan satu lagu. Contoh, jika kalian pernah melihat film legendaris sejauh riwayat, Titanic, ada sebuah lagu dengan judul My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh Celine Dion.

Kita bisa mendapati banyak versi instrumental dari lagu ini di internet. Umumnya lagu yang paling populer akan ada beberapa versi instrumentalnya, berlainan dengan lagu yang kurang terkenal atau lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi baru.

Bagaimana dengan lagu yang tidak bisa kita dapatkan musik instrumentalnya di internet? Jawabnya dengan membuat sendiri musik instrumental itu dari lagu originalnya. Ada satu teknik yang populer dalam masalah ini, kita mengenalinya dengan istilah “Vokal Remover”. Kita perlu pahami mengenai karakter dari pita suara manusia lebih dulu.

Teknik Vokal Remover mempunyai prinsip kerja yang sederhana yakni menghapus satu bentang frekuensi pada lagu yang kita punyai. Frekuensi yang dihapus ialah frekuensi yang serupa dengan suara dari penyanyi atau artisnya. Bentang frekuensi dari suara manusia tergantung dari tipe kelamin dan umur. Bentang frekuensi itu ialah:

  • Laki-laki dewasa : 85 Hz sampai 180 Hz
  • Perempuan dewasa : 165 Hz sampai 255 Hz
  • Anak-anak : 250 Hz sampai 300 Hz

Suara dari pita suara laki-laki dewasa cenderung berat, kerap disebutkan dengan istilah “bass”. Wanita memiliki suara vokal yang semakin tinggi dari lelaki, bahkan juga beberapa wanita mempunyai suara vokal sopran. Untuk anak-anak, suara yang dikeluarkan dari pita suara mereka cenderung tidak ada ketidaksamaan yang berarti untuk lelaki dan wanita.

Aplikasi Terbaik Untuk Menghilangkan Audio Vocal Pada Video di Android

Untuk menghilangkan suara dari vokal itu, kita dapat melakukan dengan beragam jenis cara. Kita membutuhkan aplikasi untuk menghilangkan suara vokal pada video sebagai alat tolong dalam menghilangkan vokal, musik atau lagu yang kita harapkan. Turuti beberapa langkah berikut ini:

1. Mute Video, Silent Video (By CodeEdifice)

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Dengan Mudah
Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Dengan Mudah

Program ini sebetulnya cuma dapat menghilangkan audio keseluruhannya dari sebuah video. Tetapi kita dapat memakainya bila kita ingin hapus audio yang dirasakan bising dari video yang telah kita rekam. Berikut cara menghilangkan suara vokal pada video memakai program ini ialah:

  • Membuka Google Play Toko lalu tulis “Mute Video” pada kolom penelusuran lalu enter.
  • Click hasil penelusuran teratas.
  • Click “Install” dan nantikan sesaat.
  • Sesudah usai, membuka aplikasi itu.
  • Beri ijin akses foto dan video saat disuruh oleh sistem.
  • Tentukan “Select Video” lalu tentukan video yang ingin kalian menghilangkan audionya.
  • Apabila sudah, kalian akan masuk ke sisi editor video. Plih “mute” pada sisi “Select Music”.
  • Click “Save” untuk simpan dari hasil video itu dan nantikan sesaat.
  • Untuk menyaksikan hasil video yang telah diedit, kalian dapat tentukan “My Creations” pada halaman awalnya aplikasi ini.

Ukuran aplikasi ini sekitaran 21MB. Kalian dapat unduh program ini lewat link di sini.

2. Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video (By AndroTechMania)

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Dengan Mudah
Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Dengan Mudah

Program yang ke-2 untuk hapus atau menghilangkan suara vokal pada video yakni dengan memakai Video Sound Editor. Di mana program ini telah di ambil sekitar 1 juta lebih pemakai android dan memiliki ukuran yang enteng sejumlah 11MB. Disamping itu, fitur dan design pada program Video Sound Editor termasuk lengkap dan simpel. Nah, buat kamu yang ingin ketahui bagaimana cara memakainya baca pembahasan berikut ini:

  • Pertama silakan membuka aplikasinya yang telah kamu install baru saja di ponsel android.
  • Lalu silakan tentukan pilihan “Mute Video”.
  • Lalu tentukan video yang mana ingin ditiadakan suara vocalnya.
  • Jika sudah pilihnya, lalu tap “Remove Audio”.
  • Dan yang paling akhir click Save untuk menyimpan.
  • Silakan putar video untuk memeriksa apa video telah tanpa suara atau memang belum, apabila sudah selamat kamu sukses.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video di Android

Seterusnya, kita akan menghilangkan suara vocalnya saja. Aplikasi yang dipakai di sini membutuhkan kontribusi dari 2 buah aplikasi lain. Tetapi tenang saja, semua program ini gratis dan ukuran kecil. Turuti cara berikut ini:

A. Mengeluarkan Audio Dari Video

  • Pertama, kita mengeluarkan audio dari videonya memakai aplikasi “Audio Extractor” oleh Vishistah. Kalian dapat download lewat Google Play Toko.
  • Membuka program Audio Extractor, tentukan “LAUNCH VIDEO SELECTOR”.
  • Tentukan video yang kalian telah dipersiapkan.
  • Centang “Extract Audio”.
  • Click “START EXTRACTION” lalu nantikan sesaat, umumnya cuma memerlukan waktu beberapa menit saja.
  • File audio yang telah diolah akan mempunyai nama yang serupa dengan video itu tetapi dengan pola.m4a.

B. Menghilangkan Vokal dari Audio

  • Sesudah keluarkan audio berbentuk file, kita dapat menghilangkan vocalnya dengan program namanya “Vokal Remover for Karaoke” oleh Kasidej K.yang dapat diunduh pada Google Play Toko.
  • Membuka aplikasi Vokal Remover dan beri ijin untuk terhubung file saat sistem bertanya ijin.
  • Pada Library, cari folder namanya “fromvideo” dan cari nama audio yang telah diekeluarkan dari video barusan.
  • Click switch pada samping kiri tulisan “Remove Vokal”.
  • Mengatur slide pada bagian bawah layar supaya kalian dapat sesuaikan kemampuan dampak vokal removernya.
  • Apabila sudah usai, click ikon save yang ada di sudut kanan layar (ke-2 dari kanan).
  • Berikan nama file yang sama sesuai aar gampang dicari lalu pencet “OK” dan nantikan sesaat.

C. Memasukkan Kembali Audio Ke Dalam Video

  • Install Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video (oleh AndroTechMania) pada Google Play Toko dengan gratis.
  • Membuka aplikasi Video Sound Editor.
  • Tentukan “Add Audio to Video”.
  • Tentukan video yang kalian mengeluarkan audionya barusan.
  • Click ikon “Add Audio”.
  • Cari file audio yang telah ditiadakan vocalnya barusan lalu tentukan lagu itu. Lagu ini dapat kita mengatur waktu mulai dan pada akhirnya, sesudah selesai click “Add”.
  • Click ikon contreng di sudut atas kanan layar.
  • Nantikan sampai proses usai, umumnya proses ini memerlukan waktu yang sedikit lama.

Menghilangkan vokal memang mempunyai tahapan yang cukup panjang pada Android karena kebatasan feature pada program yang disiapkan oleh pengembang. Bila kalian pemakai computer atau netbook, kalian dapat menghilangkan vokal lebih cepat tetapi program yang diperkembangkan untuk computer umumnya berbayar dan cukup mahal.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video Secara Online

Cara menghilangkan atau hapus Audio Vokal dan musik pada video dengan online, karena itu ada pula triknya. Banyak situs penghapus vokal yang menyebar di internet, tetapi untuk hapus suara vokal pada video lewat cara online harus pas pilih websitenya.

Oleh karenanya kami mereferensikan ke kalian untuk memakai situs www.audioremover.com untuk hapus Audio Vokal pada video di ponsel android kalian. Untuk tutorialnya silakan baca di bawah ini:

  1. Untuk memulainya silakan datangi website Pembasmi Audio pada Video dengan memencet tombol Browser. Di sini file video tidak boleh lebih dari 500Mb yah.
  2. Seterusnya membuka Folder dan cari video yang ingin kalian hapus Audio Vokal atau Musiknya dengan cara click Open.
  3. Apabila sudah, tinggal kalian click tombol “Hapus Audio”.
  4. Aplikasi Web ini kelak akan otomatis mengupload video dan hapus audio pada video dan memberi link untuk download video yang telah sukses menghilangkan suara vokal.
  5. Selanjutnya tinggal Click link Unduh untuk mengambil video tanpa audio vokal.

Cara di atas memang sangat sederhana dan kalian tak perlu download program pembasmi audio vokal pada video . Maka, dengan menggunakan website untuk hapus suara vokal ini benar-benar direferensikan untuk kamu.

Penutup

Demikian pembahasan berkenaan cara untuk menghilangkan suara vokal pada video di Android. Kalian dapat coba sistem ini untuk beragam kepentingan yang terkait dengan audio pada video.

Menghilangkan audio dengan cara semacam ini termasuk instant dan tidak makan beberapa waktu dan gratis, jadi pakailah cara ini berulang-kali sampai kalian memperoleh hasil audio yang kalian harapkan. Mudah-mudahan artikel dari web ini berguna untuk kita semua. Selamat mencoba!

Originally posted 2022-04-23 10:17:30.

You May Also Like

error: Content is protected !!