dalam Beauty, Kesehatan

Cara menyembuhkan sakit gigi. Sakit gigi memang memilukan dan sangat mengganggu. Sakit gigi ini bisa terjadi akibat gigi berlubang ataupun terjadinya pembengkakan di area gusi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman.

Penyebab terjadinya gigi berlubang ini adalah adanya bakteri yang terakumulasi pada gigi dan bertemu dengan makanan yang manis atau mengandung gula. Sehingga bakteri bisa berkembang pada gigi hingga membentuk sebuah lubang dan semakin lama lubang itu akan semakin besar jika tidak segera ditangani dengan cara menghilangkan sakit gigi yang tepat.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Bahan Tradisional

Ada beberapa cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa Anda lakukan sehingga Anda tak lagi merasa terganggu dengan sakit gigi yang menyerang ini. Gigi yang berdenyut akibat gigi berlubang memang membuat kita kesal.

Selain itu, sakit gigi biasanya disertai dengan demam dan juga sakit yang teramat sangat hingga ke kepala. Hal inilah yang membuat penderitanya menjadi lebih sensitif terhadap apapun. Lalu, bagaimana cara menghilangkan sakit gigi secara alami?

Daun Cengkeh

Daun cengkeh sendiri merupakan salah satu rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat rokok. Meskipun begitu, daun cengkeh ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami cara menyembuhkan sakit gigi karena memiliki sifat antiseptik.

Adapun cara menyembuhkan sakit gigi dengan daun cengkeh ini adalah dengan mengambil beberapa lembar daun cengkeh, lalu cuci sampai bersih dan seduh menggunakan air yang mendidih. Setelah diseduh, lalu lumatkan dan peras di dalam kain. Setelah itu, basahi kapas menggunakan cairan daun cengkeh tadi dan tempelkan pada bagian lubang gigi Anda yang terasa sakit.

Teh Hangat

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan cepat lainnya adalah menggunakan teh hangat. Teh yang panas atau hangat membuat sakit gigi menjadi lebih ringan karena bisa memberantas bakteri yang menyerang di area mulut dan gigi.

Selain itu efek mengkonsumsi teh hangat ini dapat meminimalisir rasa sakit pada area gigi. Caranya adalah dengan menempelkan sekantong dari teh hangat tadi ke area gusi atau gigi yang sakit agar bisa menghentikan terjadinya peradangan tadi. Namun ingat, gunakan hanya teh hangat saja tanpa campuran gula.

Cabe Rawit

Siapa yang tak kenal cabe rawit? Bagi Anda penyuka makanan pedas tentu sangat familiar dengan bahan makanan yang satu ini. Caber rawit memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat mengobati sakit gigi karena memiliki kandungan capsaicin yang bisa meredakan sakit gigi tersebut.

Adapun cara menyembuhkan sakit gigi dengan cabe rawit ini adalah dengan merendam cabe rawit menggunakan air panas lalu ambil kapas dan celupkan. Setelah diperas tempatkan kapas tadi di area gigi yang sakit.

Getah Jarak

Salah satu cara menyembuhkan sakit gigi secara tradisional adalah dengan memanfaatkan getah tanaman jarak. Getahnya inilah yang berfungsi untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang.

Caranya juga cukup mudah, Anda cukup meneteskan bagian getah dari tanaman jarak ini di gigi yang terasa sakit. Bisa juga dengan mencelupkan kapas ke dalamnya dan menempelkannya ke area gigi yang sakit.

Baca juga: Cara Merawat Gigi Dengan Benar

Akar Meniran

Salah satu tanaman obat yang juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit adalah akar meniran. Tak hanya itu saja, ternyata akar meniran juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi yang menjengkelkan.

Adapun cara pengolahannya adalah dengan mengunyah akar meniran setelah dibersihkan sebelumnya.


Nah, itulah 5 cara menyembuhkan sakit gigi dengan bahan tradisional alami yang mudah dan praktis untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Tulis Komentar

Komentar