dalam Ideas

Buat om-om muda (yang umurnya kuliahan ke atas), kalau lagi lebaran, siap-siap aja bakalan dikerubungin sama ponakan-ponakan yang pada minta THR. Yaaaaa, kalau emang duitnya ada sih gak ada salahnya juga ngasih. Tapi masalahnya, kalau nggak ada itu. Mau ngasih apa? Wejangan?

Cara Ngeles Waktu Ditagih THR

Mau bilang nggak ada duit, malu. Mau bilang ada duit, tapi pas-pasan.

Nah, biar nggak bingung, kalian bisa coba cara ngeles waktu ditagih THR dibawah ini:

Bilang, “Kan belum kerja”

Kadang yang suka minta THR itu bukan sodara yang piyik-piyik, tapi emak-bapaknya yang suka nagih. Nah, khusus yang ini, kalau bapak-emaknya nagih bilang aja belum kerja. Udah. Biasanya mereka gak bakalan nagih lagi.

Minta Doain Banyak Rejeki, Nanti Ngasihnya Tahun Depan

Memang, kalau ditagih THR, jangan bilang nggak ada duit. Kesannya miskin banget. Tapi cobalah ganti alasannya dengan alasan yang halus. Alasan yang bisa nutupin kebokekanmu.

Jadi kalau ada ponakan yang minta, bilang aja, “Duh, jangan sekarang ya? Rezekinya masih belum ada. Doain tahun depan ya! Nanti dikasih deh!”

… dan seterusnya. Tahun depan, ngomong kayak gitu lagi.

Belum Nukerin Duit Baru

THR lebaran itu identik sama duit baru. Rasanya beda banget kalo pas lebaran dapet duit baru. Meski sedikit, ya kayak, “yaudahlaaah, yang penting dapet duit baru.”

Nah! Budaya yang kayak gini yang bisa kita akalin! Jadi, begitu ditagih, bilang aja belum nukerin duit baru. Kan keren. Bikin kita keliatan jadi nggak payah-payah banget.

Duduknya Jauh Dari Anak Kecil

Emang sih, lebaran itu pastiii banyak anak kecil. Ya gimana enggak, namanya juga momen berkumpul bersama keluarga.

Nah! Qlue-nya terletak di “anak kecil”! maka dari itu, jauhi anak kecil sewaktu lebaran. Jangan duduk bersebelahan. Apalagi kalau ponakanmu sok-sokan minta pangku. Dengan begitu, uangmu pasti akan aman.

Bertamulah ke Rumah Orang-Orang Kaya

Kalau si anak kecilnya udah kaya, mereka gak bakalan minta-minta THR. Toh, jangan-jangan THR-nya lebih gede dari THR kantor kita.

Pernah risih gitu gak sih kalau ditagihin THR? Kalian ngelesnya gimana tuh?

Tulis Komentar

Komentar