dalam Beauty

Hayo ngaku, siapa yang belom tau kalo make-up juga bisa basi? Seperti halnya makanan, ternyata kosmetik juga punya masa kadaluarsa, lho. Kosmetik-kosmetik kadaluarsa ini berbahaya banget kalo sampe dipake dan kena kulit wajah. Nah, kali ini Seocrypt mau ngasih tau kamu beberapa ciri make-up yang udah kadaluarsa, di antaranya:

Foundation

Buat foundation berbahan dasar air, biasanya masa pakainya selama setahun. Sementara, untuk foundation berbahan dasar minyak, bisa bertahan hingga 2 tahun. Nah, kalo mau ngenalin apakah foundation kamu masih layak pakai, coba lihat tekstur dan warnanya deh. Kalo tekstur dan warnanya udah berubah, mendingan langsung dibuang aja.

Blush on dan Eyeshadow

Masa pakai blush on dan eyeshadow adalah selama 2 tahun. Kalo udah lebih dari 2 tahun, mendingan kamu beli yang baru aja. Blush on dan eyeshadow kadaluarsa biasanya warnanya berubah menjadi lebih gelap dan samar dari warna aslinya. Simpen blush on dan eyeshadow dengan baik, dan kalo mau pake, gunakan kuas yang bersih ya. Kuas yang kotor juga bisa bikin jerawatan, apalagi kalo kuasnya kasar, bisa bikin kulit iritasi.

Lipstick dan Lipgloss

Kalo kamu bisa nyimpen lipstick kamu dengan benar, maka lipstick bisa bertahan sampe 2 tahun, lho. Hindari naro lipstick di tempat yang panas, kena sinar matahari, karena bisa mengubah teksturnya. Kalo udah mulai ngerasa kering, perih, dan aromanya berubah, buang lipstick kamu. Sementara buat lipgloss, kalo udah kadaluarsa maka akan berubah jadi lebih kental, lengket, dan susah diaplikasikan.

Mascara

Sebelum dibuka, mascara akan tahan selama 6 bulan. Tetapi, biasanya kan cewek-cewek suka ganjen ya ngebukain mascara terus dicobain, nah, kalo udah dibuka maka hanya akan bertahan selama 3 bulan. Jadi, kalo belom mau dipake, mendingan jangan dibuka dulu. Mascara yang udah kadaluarsa biasnya akan menggumpal dan susah diaplikasikan, udah gitu bisa jadi sarang bakteri yang bisa bikin mata kamu iritasi.

Eyeliner

Sama kayak mascara, eyeliner juga cuma tahan sampe 3 bulan. Buat kamu yang pakenya eyeliner pencil, coba dicek kalo udah ada bitnik-bintik putih maka sebaiknya diganti yang baru. Sementara liquid eyeliner kalo udah kadaluarsa maka akan beraroma tidak sedap.

Bedak

Seperti halnya foundation, face powder juga bisa bertahan hingga 2 tahun. Kalo udah kadaluarsa, biasanya akan mengalami perubahan tekstur dan aroma.

Jadi, sama kayak pacar, make-up juga penting banget untuk selalu dirawat dan diperhatikan. Jangan sembarangan make kosmetik kalo kamu ngerasa tekstur/aromanya berubah. Selain itu, perhatikan juga tanggal kadaluasa di bagian kotaknya. Kosmetik untuk wajah yang kadaluarsa kalo terus-terusan dipake akan bikin kulit kamu rusak, iritasi, melepuh, berjerawat, meradang, bahkan sampai keracunan. Sementara untuk kosmetik mata yang udah kadaluarsa, bisa menyebabkan sakit mata konjungtivitis dengan gejala kemerahan, gatal dan bengkak. Ketiga, untuk lipstick dan lipgloss kadaluarsa, kalo terus-terusan dipake bisa bikin bibir kering, iritasi dan yang paling parah adalah kulit melepuh. Hiiiii! Niatnya mau cantik malah kena penyakit.

Selain merhatiin kosmetiknya, jangan lupa untuk memerhatikan tools-nya juga. brush, beauty blender, wand, semuanya harus dalam keadaan bersih sebelum mengenai wajah. Usahakan rutin mencuci tools dua minggu sekali dengan menggunakan brush cleanser, kalo nggak punya, kamu bisa pake sampo bayi. Selamat berdandan!

Tulis Komentar

Komentar