15 Fakta Unik Tentang Antelop

Antelop adalah kelompok hewan besar dan beragam dari keluarga sapi (Bovidae). Mereka tinggal di Afrika, Asia, Timur Tengah dan Amerika Utara. Antelop dapat ditemukan di padang rumput, gunung, gurun dan lahan basah. Ada 90 spesies antelop yang berbeda. 25 dari mereka masuk dalam daftar hewan yang erancam punah. Perburuan liar dan hilangnya habitat adalah alasan utama mengapa mereka dihadapkan pada kepunahan.

antelop

Fakta Tentang Antelop

  1. Antelop bervariasi dalam ukuran dan bentuk. Antelop terbesar adalah Eland (tinggi 6 kaki, berat hingga 1.450 pon) sedangkan kijang terkecil adalah Royal, berukuran seperti kelinci (tinggi 10-12 inci).
  2. Semua antelop memiliki kuku jari kaki yang rata, pupil mendatar, perut disesuaikan untuk mengunyah kembali makanan (mereka ruminansia, seperti semua jenis sapi) dan tanduk bertulang.
  3. Tanduk tulang bervariasi dalam bentuk dan ukurannya. Mereka bisa lurus, spiral, melengkung atau memutar. Antelop menggunakan tanduk untuk bertarung melawan antelop lainnya selama musim kawin dan untuk melindungi diri mereka sendiri, atau kawanan, dari pemangsa.
  4. Antelope tidak mengganti tanduknya setiap tahun. Mereka tumbuh terus menerus sepanjang hidup mereka.
  5. Tanduk adalah tipikal untuk semua antelop jantan, tetapi tanduk ini juga dapat dilihat pada beberapa antelop betina (biasanya di antelop yang lebih besar seperti Eland atau Roan).
  6. Beberapa spesies antelop Asia memiliki 4 tanduk (bukan dua tanduk).
  7. Tanduk pada beberapa spesies dapat tumbuh hingga 5 kaki panjangnya.
  8. Antelop adalah herbivora; mereka makan rumput dan biji-bijian.
  9. Mereka hidup dalam kelompok besar yang disebut kawanan.
  10. Antelop memiliki indera yang sangat berkembang yang membantu mereka mendeteksi pemangsa sementara mereka masih punya waktu untuk melarikan diri.
  11. Mereka adalah pelari yang handal; beberapa dari mereka dapat mencapai hingga 43 mil per jam. Antelop terbesar (Eland) adalah antelop yang paling lambat.
  12. Antelop jantan disebut dollar, betina – no dan antelop muda – calf.
  13. Tergantung pada spesiesnya, 4-9 bulan setelah musim kawin, bayi antelop akan lahir. Baby antelope adalah target yang mudah bagi predator dan sang ibu menyimpannya di lokasi rahasia sampai bayi antelop tumbuh menjadi lebih kuat.
  14. Ketika antelop muda bergabung dengan kelompok besar, mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan anak-anak muda lainnya dalam kawanan.
  15. Antelop berumur sekitar 10 tahun di alam liar dan hingga 20 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

1 thought on “15 Fakta Unik Tentang Antelop”

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Hewan Oryx (Kijang arab) | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =