15 Fakta Unik Tentang Belut Moray

5/5 (1)

Tentang Belut Moray

Belut moray adalah jenis belut terbesar. Ada 200 spesies belut moray berbeda yang ditemukan di perairan dingin, laut dan air payau.

Belut moray lebih menyukai air yang lebih hangat dan mereka sering ditemukan di perairan dangkal dan dekat terumbu karang. Meskipun belut moray ditangkap secara komersial, mereka tidak terancam punah.

belut moray

Fakta Tentang Belut Moray

  1. Ukuran belut Moray tergantung pada spesiesnya. Panjangnya berkisar dari 6 inci hingga 15 kaki. Berat rata-rata belut moray adalah 30 pound.
  2. Belut Moray memiliki tubuh yang panjang dan ramping yang menyerupai ular, tetapi mereka bukan termasuk kelompok reptil – mereka adalah murni jenis ikan.
  3. Warna belut moray bervariasi dari hitam hingga coklat kekuningan. Bagian bawah tubuhnya berwarna pucat.
  4. Belut Moray memiliki sirip punggung panjang yang membentang dari kepala hingga ekor. Kebanyakan belut moray tidak memiliki sirip dada dan sirip perut.
  5. Belut Moray menghabiskan sebagian besar waktunya tersembunyi di gua-gua dan celah-celah batu di dasar laut. Ini karena belum moray adalah tipe menyerang seperti predator penyergap yang sedang menunggu mangsanya.
  6. Belut Moray adalah karnivora yang suka makan ikan, gurita, cumi-cumi, kepiting dan moluska.
  7. Belut moray menggunakan teknik khusus saat berburu mangsa. Mereka mengambil mangsa menggunakan elemen kejutan dan membungkus tubuhnya di sekitarnya sampai menjadi cukup muat untuk ditelan. Pilihan lain adalah merobek mangsa dan memakannya satu demi satu bagian.

Fakta ke 2 Belut Moray

  1. Tidak seperti belut lainnya, belut moray memiliki dua set gigi yang tajam. Set pertama terletak di rahang dan yang satunya di tenggorokan. Gigi yang terletak di tenggorokan digunakan untuk mencincang makanan dan untuk memperlancar pencernaan.
  2. Gigi menonjol ke belakang, mencegah mangsa yang licin untuk melarikan diri.
  3. Belut moray menghasilkan zat pelicin, bertindak sebagai lendir pelindung, yang menutupi tubuh mereka. Lendir dari beberapa spesies belut ini mengandung racun.
  4. Meskipun belut moray adalah salah satu predator teratas di dalam air, ia sering diburu oleh makhluk laut besar lainnya seperti hiu dan ikan barakuda.
  5. Belut moray memiliki mata yang besar, tetapi tidak dapat melihat dengan baik. Ia memiliki indra penciuman yang sangat tajam, yang membantunya untuk menemukan mangsanya.
  6. Seperti ikan lainnya, belut moray bernafas menggunakan insang, insang mereka terletak di belakang kepala, dalam bentuk dua lubang melingkar. Belut moray menjaga mulutnya terbuka (bukan karena mereka siap untuk menggigit setiap saat, tetapi) karena ia perlu memberikan sirkulasi air yang konstan ke arah insang.
  7. Musim kawin terjadi setiap kali suhu air dan sumber makanan mencapai tingkat yang optimal. Jantan dan betina melilitkan tubuh mereka bersama selama beberapa jam. Selama waktu ini, betina dapat melepaskan hingga 10.000 telur yang akan dibuahi oleh sperma belut jantan. Telur yang dibuahi akan berkembang menjadi larva yang berenang sebagai bagian dari plankton, hingga menjadi cukup besar untuk kembali ke dasar laut, di mana ia akan memulai hidupnya sebagai belut moray yang sepenuhnya terbentuk.
  8. Persentase besar belut moray dalam fase larva berakhir di perut predator besar. Mereka yang dapat bertahan hidup hingga dewasa dapat berumur antara 10 hingga 30 tahun.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *