15 Fakta Unik Tentang Berang-berang Raksasa

Berang-berang raksasa adalah keluarga mamalia karnivora yang disebut mustelid. Berang-berang raksasa bersifat endemik (hidup hanya di tempat asal) yakni di Amerika Selatan, dan mereka dapat ditemukan di Sungai Orinoco, Amazon dan La Plata. Mereka lebih suka sungai yang bergerak lambat, danau, rawa dan hutan yang banjir selama musim hujan. Jumlah berang-berang raksasa turun drastis dalam beberapa tahun terakhir karena perburuan (bulu mereka sangat berharga di industri mode) dan karena polusi sungai (logam berat seperti merkuri sangat beracun bagi berang-berang).

berang-berang raksasa

Fakta Berang-berang Raksasa

  1. Berang-berang raksasa memiliki bulu coklat yang lebat dan tebal yang anti air (mencegah air mencapai kulit).
  2. Berang-berang raksasa memiliki panjang 3,25 – 4,5 kaki dan berat antara 49-71 pound. Ekor memiliki panjang 18-26 inci.
  3. Beberapa spesimen dapat memiliki panjang 6 kaki (seperti pria dewasa), tetapi karena beratnya yang ringan, mereka terlihat ramping, yang disesuaikan dengan kehidupan di dalam air.
  4. Berang-berang raksasa adalah perenang dan penyelam yang luar biasa berkat kaki pendek mereka yang berselaput dan ekor yang rata. Mereka berenang 9 mil per jam dan melewati jarak 330 kaki dalam 30 detik.
  5. Berang-berang raksasa memiliki telinga dan lubang hidung kecil yang menutup setiap kali mereka menyelam di bawah air.
  6. Berang-berang raksasa menghabiskan sebagian besar waktu dalam air karena mereka makan ikan dan karena mereka membutuhkan makanan dalam jumlah besar: biasa makan 6-9 pon makanan per hari.
  7. Anaconda kecil, caiman, krustasea, dan makhluk laut lainnya juga ada di menu makan berang-berang raksasa.
  8. Berang-berang raksasa telah mengembangkan indra penglihatan dengan baik, terutama digunakan untuk berburu. Selain mata, mereka menggunakan kumis untuk mendeteksi mangsa di dalam air dengan mengidentifikasi perubahan tekanan dan arus air.
  9. Berang-berang raksasa tidak menyimpan makanan. Ketika mereka menangkap mangsa, mereka akan mencari termpat yang nyaman untuk menyantapnya.
  10. Selain manusia, predator utama berang-berang raksasa adalah jaguar, anaconda besar dan caiman besar.
  11. Berang-berang raksasa adalah binatang penghasil suara yang sangat unit. Mereka menghasilkan sekitar 9 jenis suara yang berbeda, seperti gonggongan cepat, ledakan mendengus, jeritan goyah atau geraman rendah, untuk memberi tahu berang-berang lainnya tentang bahaya potensial (suara alarm) atau untuk mengirim peringatan agresif.
  12. Berang-berang raksasa hidup dalam kelompok yang terdiri dari 3 hingga 10 ekor hewan, yang dibentuk oleh pasangan monogami (ibu dan ayah) dan beberapa generasi keturunan mereka.
  13. Pasangan berang-berang kawin sepanjang tahun, tetapi sebagian besar bayi dilahirkan selama musim kemarau. Kehamilan berlangsung selama 64 hingga 72 hari, dan berang-berang betina melahirkan antara satu hingga enam bayi. Mereka menghabiskan bulan pertama di sarang, yang biasanya terletak di bawah tanah. Semua anggota kelompok merawat anak berang-berang raksasa.
  14. Setelah dua atau tiga minggu setelah mereka dilahirkan, ibu menempatkan bayi di air tempat mereka belajar berenang. Dalam satu atau dua bulan, mereka menjadi perenang yang mahir dan dapat berburu bersama anggota keluarga lainnya. Mereka tetap berada dalam kelompok keluarga biasanya sampai mereka mencapai kematangan seksual, pada usia 2,5 tahun.
  15. Berang-berang raksasa berumur 12 tahun di alam liar dan hingga 21 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =