15 Fakta Unik Tentang Berang-berang

Berang-berang adalah salah satu hewan pengerat terbesar di dunia. Ada dua spesies berang-berang: Amerika dan Eurasia. Sesuai namanya, berang-berang Amerika menghuni Amerika Utara dan Eurasia mendiami Eropa dan Asia. Kedua spesies ini lebih suka danau mendiami air tawar, kolam, sungai, aliran dekat daerah berhutan. Populasi mereka menurun secara drastis pada abad ke-20 karena perburuan yang luas dan hilangnya habitat. Jumlah berang-berang turun dari 60 juta menjadi 6-12 juta hewan setelah imigran Eropa menjajah Amerika Utara. Hewan yang luar biasa ini adalah satu dari sedikit spesies yang dapat mendesain ulang lingkungan mereka dan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka, dengan membentuk bendungan, kanal, dan pondok.

berang-berang

Fakta Tentang Berang-berang

  1. Berang jantan dan betina terlihat sangat mirip. Panjang tubuhnya 3-4 kaki ditutupi dengan bulu berwarna coklat tua yang tebal. Berang-berang memiliki bobot 35 hingga 60 pound. Berang berang betina lebih berat daripada jantan.
  2. Ekor yang panjang dan rata digunakan untuk berenang dan berkomunikasi.
  3. Dengan menampar permukaan air dengan ekor, berang-berang memperingatkan anggota kelompok lainnya tentang adanya bahaya potensial.
  4. Berang-berang adalah spesies semi-akuatik, yang berarti mereka menghabiskan sebagian hidupnya di air dan sebagian lagi di tanah. Tubuh mereka dirancang untuk gaya hidup (air dan tanah). Bulu yang tahan air mencegah berang-berang membeku di dalam air; kaki berselaput mereka berfungsi sebagai sirip dan ekor yang pipih sebagai dayung, yang bersama-sama memberikan pergerakan yang efisien melalui air.
  5. Berang-berang dapat berenang 5 mil per jam dan menghabiskan 15 menit di bawah air tanpa kembali ke permukaan untuk menghirup udara.
  6. Berang-berang memiliki kelopak mata transparan yang berfungsi sebagai kacamata yang membantu mereka melihat di bawah air.
  7. Berang-berang adalah hewan nokturnal – mereka berburu dan bekerja pada malam hari.
  8. Berang-berang adalah hewan herbivora. Mereka suka makan kulit pohon dari spesies tanaman yang berbeda, seperti ceri, maple, aspen. Mereka juga memakan tanaman seperti teratai air, gulma kolam dan berbagai jenis tanaman daun. Dengan memangkas kulit tanaman kayu, berang-berang telah berkontribusi merangsang pertumbuhan tanaman.
  9. Berang-berang hidup dalam kelompok besar yang disebut koloni. Mereka terdiri dari pasangan orangtua dan beberapa generasi keturunan mereka. Berang-berang adalah monogami, yang berarti pasangan jantan dan betina setia untuk hidup bersama seumur hidup.
  10. Rumah berang-berang disebut pondok dan terbuat dari lumpur dan cabang. Pondok diposisikan di tengah kolam, dengan pintu masuk tersembunyi (dari air).
  11. Bendungan adalah mahakarya konstruksi berang-berang yang sangat luar biasa. Mereka menggunakan bendungan untuk melindungi diri dari pemangsa (seperti koyote, serigala, beruang), untuk menjaga pintu masuk pondok dan untuk menyimpan makanan di bawah air. Air yang mengalir di hilir bendungan lebih bersih, yang membuatnya juga bermanfaat bagi manusia.
  12. Berang-berang adalah binatang teritorial. Mereka menggunakan minyak musk untuk menutupi cabang dan lumpur di bendungan untuk menandai wilayah mereka.
  13. Berang-berang memiliki penglihatan yang buruk, tetapi indra penciuman dan pendengaran yang sangat baik.
  14. Pasangan berang-berang kawin selama bulan Januari dan Februari. Setiap tahun, betina melahirkan (biasanya) dua bayi, yang disebut kit. Mereka menghabiskan bulan pertama kehidupan mereka di dalam pondok. Berang-berang muda tinggal bersama orang tua mereka selama 2 tahun dan membantu mereka memelihara bendungan dan pondok-pondok.
  15. Berang-berang berumur 16 hingga 24 tahun di alam liar.

Suka artikel ini?

1 thought on “15 Fakta Unik Tentang Berang-berang”

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Berang-berang Raksasa | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + twelve =