15 Fakta Unik Tentang Beruang Kutub

5/5 (1)

Tentang Beruang Kutub

Beruang kutub adalah spesies beruang terbesar dan pemangsa darat terbesar. Mereka tinggal di wilayah Arktik Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, dan Norwegia. Karena ukurannya yang besar, mereka tidak memiliki musuh alami, kecuali manusia.

Faktor utama yang secara negatif mempengaruhi kelangsungan hidup mereka adalah pemanasan global dan pencairan lapisan es kutub, polusi laut dan tumpahan minyak. Beruang kutub ada dalam daftar spesies yang terancam, diperkirakan hanya ada 20.000 ekor beruang yang tersisa di alam liar.

beruang kutub

Fakta Tentang Beruang Kutub

  1. Beruang kutub jantan dapat memiliki berat hingga 1.500 pound dan panjangnya mencapai 10 kaki. Betina dua kali lebih kecil dari beruang jantan.
  2. Meski terlihat putih, bulunya transparan. Ketika cahaya memantul kembali dari bulu, hasilnya adalah warna putih, kombinasi dari semua warna. Berkat warna putih, mereka dapat berbaur dengan lingkungan dengan mudah.
  3. Beruang kutub memiliki lapisan lemak setebal 10 cm yang membuatnya terisolasi dengan baik dari suhu rendah dan air dingin. Bulu lebat dan berminyak membuat mereka kering bahkan setelah lama di dalam air.
  4. Meskipun mereka hidup di lingkungan yang dingin (suhu bisa di bawah minus 45 derajat Celcius), mereka dapat dengan mudah kepanasan saat berlari (karena bulu yang tebal dan timbunan lemak dibadan mereka).
  5. Ketika mereka berlari, beruang kutub dapat mencapai kecepatan hingga 25 mil per jam.
  6. Mereka bisa berenang 6 mil per jam dan mereka bisa berenang 70-100 mil tanpa istirahat.
  7. Beruang kutub menghabiskan sebagian besar waktunya di air, tempat mereka berburu anjing laut (sumber makanan utama).

Fakta ke 2 Beruang Kutub

  1. Beruang kutub memiliki indera penciuman yang luar biasa tajam.
  2. Tidak semua upaya berburu berhasil dan beruang kutub menunjukkan perilaku marah ketika kehilangan mangsanya. Beberapa peneliti mencatat bahwa beruang kutub memecahkan bongkahan es, menendang salju atau menggeram ketika mereka kecewa akan hasil buruannya.
  3. Seperti beruang lainnya, mereka adalah omnivora (makan tanaman dan daging). Selama musim panas, beruang suka makan buah beri.
  4. Tidak seperti beruang lain, mereka tidak berhibernasi. Mereka aktif sepanjang tahun.
  5. Mereka sangat disiplin dengan kebersihan tubuhnya, beruang kutub biasa menghabiskan 15-20 menit untuk merawat diri setelah makan.
  6. Musim kawin berlangsung pada bulan April dan Mei. Betina melahirkan 1-3 anak pada bulan November atau Desember. Ia merawat mereka di “sarang bersalin” khusus selama tiga bulan. Selama waktu itu, ia tidak makan, minum, atau buang air besar.
  7. Anak-anak tinggal bersama ibu mereka sampai mereka mencapai 2 setengah tahun. Beruang kutub bereproduksi sangat lambat; seumur hidup beruang kutub betina maksimal hanya memiliki 5 ekor anak.
  8. Beruang dapat berumur 15-18 tahun di alam liar dan lebih dari 30 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *