15 Fakta Unik Tentang Bintang Laut

5/5 (1)

Tentang Bintang Laut

Bintang laut termasuk dalam kelompok hewan laut yang disebut echinodermata. Mereka dapat ditemukan di semua lautan di belahan bumi.

Populasi terbesar dari bintang laut hidup di lautan India dan Pasifik. Bintang laut biasanya terletak di perairan dangkal. Ada lebih dari 2000 spesies bintang laut dan tidak satu pun yang dapat bertahan hidup di air tawar.

bintang laut

Fakta Tentang Bintang Laut

  1. Meskipun mereka disebut Starfish “ikan bintang”, mereka tidak berhubungan dengan ikan sama sekali. Bintang laut termasuk dalam kelompok invertebrata laut yang juga termasuk teripang, landak laut dan dolar pasir.
  2. Bentuknya yang seperti bintang adalah alasan mengapa mereka dinamai bintang laut atau Starfish. Sebagian besar spesies bintang laut memiliki lima lengan, tetapi ada bintang laut dengan sepuluh, dua puluh atau bahkan empat puluh lengan. Bintang laut dengan empat puluh lengan disebut “bintang matahari”.
  3. Ukuran bintang laut bervariasi. Mereka biasanya memiliki panjang lima hingga sepuluh inci dan berat 11 pound.
  4. Fitur umum untuk semua bintang laut adalah tubuhnya simetris secara radial. Itu berarti bahwa tubuh mereka dapat dibagi dalam lima bagian yang sama (bahkan jika mereka memiliki lebih dari lima lengan).
  5. Karakteristik lain yang mengesankan dari bintang laut adalah kemampuan mereka untuk meregenerasi berbagai bagian tubuh yang hilang atau rusak. Jika predator memakan sebagian anggota tubuh bintang laut, bagian yang tersisa (misalnya satu lengan) akan mengembangkan lengan yang hilang dan mengembalikan bagian sebelumnya setelah beberapa waktu. Proses ini tidak selalu cepat dan dapat berlangsung hingga satu tahun.
  6. Bintang laut adalah karnivora yang suka makan kerang. Ia memiliki dua perut, salah satunya dapat menonjol keluar dari tubuh saat makan. Taktik ini memungkinkan mereka untuk makan mangsa besar (yang tidak bisa ditelan dengan mulut kecil mereka).
  7. Mulut bintang laut terletak di bagian bawah tubuhnya. Anus terletak di sisi atas tubuh.

Fakta ke 2 Belut Laut

  1. Bintang laut bergerak menggunakan kaki tabung, yang terdiri dari ratusan proyeksi di bagian bawah tubuh mereka. Ratusan kaki-kaki mereka gunakan untuk berjalan dan menangkap mangsa.
  2. Bintang laut tidak punya otak. Mereka juga tidak memiliki darah seperti binatang lain.
  3. Permukaan tubuh bintang laut ditutupi oleh kerangka bertulang yang sering mengandung berbagai jenis paku dan duri. Mereka berfungsi sebagai perlindungan yang sangat baik terhadap predator.
  4. Predator khas dari bintang laut adalah berang-berang laut, hiu, burung camar dan berbagai jenis ikan.
  5. Bintang laut dapat bereproduksi secara seksual (dengan menggabungkan sel-sel reproduksi jantan dan betina) atau aseksual (dengan membagi tubuhnya di tengah dan dengan meregenerasi bagian yang hilang).
  6. Selama reproduksi seksual, bintang laut jantan dan betina melepaskan jutaan sperma dan telur di dalam air, di mana mereka bercampur menjadi telur yang dibuahi yang berkembang menjadi bintang laut baru. Betina mampu menghasilkan jutaan telur sekaligus. Ini penting karena hanya sebagian kecil telur yang dapat bertahan menjadi bintang laut dewasa.
  7. Bintang laut bukanlah hermafrodit (hewan yang memiliki karakteristik dari kedua jenis kelamin) tetapi mereka mampu mengubah jenis kelamin kapan pun mereka suka selama masa hidup mereka.
  8. Bintang laut dapat berumur hingga 35 tahun di alam liar.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *