dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Burung Elang Botak

Tentang Elang Botak

Elang botak adalah salah satu burung terbesar di Amerika Utara. Mereka dapat ditemukan di mana-mana, dari Florida dan California, hingga Newfoundland dan Alaska. Habitat mereka berada di dekat sungai, rawa, danau atau pantai.

Selama tahun 1970-an, jumlah elang botak menurun sangat drastis karena perusakan habitat, perburuan dan penggunaan pestisida (yang merusak cangkang telur).

Untungnya, upaya konservasi (langkah-langkah yang diterapkan untuk melindungi spesies) menghasilkan peningkatan jumlah burung yang indah ini. Saat ini, jumlah elang botak di alam liar stabil dan tidak lagi terancam punah.

Fakta Tentang Elang Botak

  1. Elang botak sama sekali tidak botak. Elang terlihat “botak” karena bulu putih di kepala berbeda dengan bulu coklat gelap di bagian tubuh lainnya.
  2. Mereka memiliki sekitar 7000 bulu. Mereka ringan, tetapi kuat.
  3. Elang dewasa memiliki tinggi 3 kaki dan berat hingga 9 kilogram. Betina lebih besar dari jantan.
  4. Lebar sayap mereka mulai dari 5,5 hingga 7,5 kaki.
  5. Elang botak terbang 35 mil per jam. Ketika mereka “menukik” dari awan untuk menangkap mangsa, mereka bisa mencapai 100 mil per jam.
  6. Mereka makan ikan, burung lain, muskrat dan kura-kura. Paruh yang bengkok membantu mereka merobek mangsa dengan mudah.
  7. Elang botak akan mencuri perburuan dari burung lain atau bahkan manusia (saat memancing) berkat kecepatan dan cakar yang tajam.

Fakta ke 2 Elang Botak

  1. Elang botak menghirup udara menggunakan lubang di paruh mereka yang disebut “nares”.
  2. Mereka memiliki penglihatan yang sangat baik dan melihat hal-hal 4-7 kali lipat lebih baik daripada manusia.
  3. Meskipun mereka tidak memiliki pita suara, mereka menggunakan suara untuk berkomunikasi. Mereka menghasilkan suara mencicit dan melengking dengan mendorong udara melalui tulang di leher mereka.
  4. Elang botak membangun sarang besar. Sarang terbesar yang diketahui adalah kedalaman 20 kaki, lebar 13 kaki dan berat mencapai 3 ton.
  5. Elang botak adalah monogami, yang berarti bahwa sepasang elang tetap bersama selama sisa hidup mereka.
  6. Burung elang botak muda berwarna gelap. Ketika mereka berusia 5 tahun, mereka akan mulai menyerupai orang tua mereka.
  7. Elang botak telah menjadi lambang nasional Amerika Serikat sejak 1782.
  8. Mereka hidup 28 tahun di alam liar dan hingga 36 tahun di penangkaran.

Tulis Komentar

Komentar